Inilah Perbedaan Sarana dan Prasarana yang Perlu Kamu Tahu

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Jika dalam suatu organisasi atau kepanitiaan, tentu kamu akan menemukan bagian sarana dan prasarana. Dua kata tersebut pastinya tidak asing lagi di telinga. Banyak orang yang menganggap bahwa sarana dan prasarana adalah dua hal yang sama. Namun tahukah kamu? Ternyata dua kata tersebut memiliki arti dan makna yang berbeda. Walaupun demikian dua kata tersebut tetap saling berkaitan, makanya kamu pasti mendengar kata sarana selalu disandingkan dengan prasarana.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, sarana berarti segala sesuatu yang digunakan sebagai alat untuk mencapai tujuan dan makna. Sedangkan Prasarana menurut Kamus Besar Indonesia adalah segala sesuatu yang digunakan sebagai penunjang utama terselenggaranya suatu proses atau untuk mencapai tujuan. Dari KBBI pun sudah terlihat jelas perbedaannya. Contoh dari sarana biasanya berupa benda seperti kursi, meja, lemari, lemari baju, buku, papan tulis dan masih banyak lagi. Prasarana memiliki sifat yang lebih kuat dan tidak bisa dipindahkan sangat berbeda dengan sarana, contohnya adalah  tanah lapang, gedung sekolah, ruang kelas, perpustakaan, dan masih banyak lagi. Jadi secara etimologi sarana dan prasarana memiliki perbedaan, namun kedua kata itu memiliki keterkaitan.  Kedua kata tersebut sama- sama hal yang penting sebagai alat penujang keberhasilan.

Nah kamu pasti terkadang bingung apa perbedaan dari sarana dan prasana. Disinilah kami akan beri kalian info perpedaan dari kata sarana dan prasarana!

Perbedaan Sarana dan Prasarana


Sarana dan prasarana dapat dibedakan dari bentuk,tujuan, dan sifatnya.

Perbedaan sarana dan prasarana berdasarkan bentuknya

Berdasarkan bentuknya, sarana dan prasaran dapat dibedakan. Jika bentuk dari sarana itu kecil maka prasarana memiliki bentuk yang lebih besar. Bentuk sarana dapat kita pindahkan sedangkan prasarana tidak dapat dipindahkan karena relatif besar dan menetap disuatu tempat. Dilihat dari suatu kantor, kita akan mudah membedakan saran dan prasarana berdasarkan bentuknya. Beberapa contoh sarana yang ada di ruangan adalah kursi, rak buku, penggaris, pulpen, dan meja. Kalau prasarana dalam ruangan adalah ruangan itu sendiri dan lantai.

Perbedaan sarana dan prasarana berdasarkan tujuannya

Kita dapat membedakan sarana dan prasarana dari tujuannya. Tujuan dari sarana dan prasarana sangat jelas berbeda. Sarana bertujuan sebagai alat yang benar-benar secara nyata digunakan untuk menyelesaikan suatu aktifitas. Contohnya seorang karyawan yang sedang bekerja, dia menyelesaikan pekerjaannya dengan sarana seperti komputer, kertas, dan lain sebagainya sehingga pekerjaannya bisa selesai. Nah jika kamu lihat prasarana. Prasarana adalah sesuatu yang penting dalam sebuah proses aktifitas, dan ia berperan sebagai penunjang utama. Prasarana tidak secara langsung digunakan untuk menyelesaikan suatu aktifitas. Misalnya anak sekolah sedang belajar di ruang kelas yang bagus dan nyaman, nah prasarana disana adalah ruang kelas yang berperan sebagai tempat dimana si anak belajar dengan nyaman.

Perbedaan sarana dan prasarana berdasarkan sifatnya

Seperti yang kita bahas sebelumnya, sarana dan prasarana memiliki sifat yang berbeda. Sarana merupakan alat atau benda yang dapat dipindahkan sedangkan prasarana alat yang tidak bisa berpindah atau dipindahkan. Selain itu, sarana juga bersifat habis dipakai sedangkan prasarana tidak habis dipakai. Artinya, sarana adalah alat-alat atau benda yang jika gunakan terus menerus akan mengalami penyusutan dari segi jumlah, sedangkan prasarana adalah benda atau alat yang seberapa kali pun kita pakai atau gunakan tidak akan berkurang jumlahnya, namun yang berkurang hanya fungsi atau kemampuan dari alat itu saja.

Kesimpulan Perbedaan Sarana dan Prasarana

  1. Sarana merupakan alat atau falilitas yang dipakai secara langsung (utama), sedangkan prasarana merupakan alat atau fasilitas yang menjadi penunjang dari sarana.
  2. Sarana merupakan segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam mencapai tujuan, sedangkan prasarana merupakan segala sesuatu untuk menunjang terselenggaranya suatu proses.
  3. Sarana lebih pada benda-benda yang dapat dipindahkan (komputer, buku, dan mesin). Sedangkan prasarana lebih pada benda-benda yang tidak bergerak atau tidak dapat dipindahkan (seperti gedung dan tanah).

Fungsi Sarana dan Prasarana


Setelah kita ketahui perbedaannya, kita juga harus tahu apa fungsi dari sarana dan prasaran. Sarana dan prasarana memiliki fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan lingkup dan penggunaannya. Misalkan, sarana dan prasarana masjid berbeda dengan sarana dan prasarana pendidikan, wisata, transportasi dan lain sebagainya. Namun tetap dengan tujuan yang sama.

Secara umum fungsi sarana dan prasarana memiliki tujuan untuk,

  • Menciptakan kenyamanan.
  • Menciptakan kepuasan.
  • Mempercepat proses kerja.
  • Memudahkan proses kerja.
  • Meningkatkan produktivitas.
  • Hasil lebih berkualitas.

Demikianlah perbedaan dari sarana dan prasarana yang perlu kita ketahui. Hal ini penting untuk kita ketahui agar kita tidak keliru dalam mengelompokkan dan penggunaan sarana dan prasarana yang ada. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA