Inilah Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Inilah-Perbedaan-Pertumbuhan-Dan-Perkembangan-768x480[1]
Daftar Topik

Banyak orang yang kerap kali mendengar kata pertumbuhan dan perkembangan namun sebagian banyak orang juga mengartikan jika pertumbuhan dan perkembangan adalah hal yang sama saja. sebagian besar orang mendengar pertumbuhan dan perkembangan apalagi jika Anda masuk pada lingkup dunia kedokteran. Walaupun banyak yang mengira pertumbuhan dan perkembangan sama namun jika di lihat dari definisi akan sangat berbeda.

Nah, jika memang Anda ingin mengetahui lebih dalam lagi dari pertumbuhan dan perkembangan beserta dengan perbedaan antara keduanya. Maka lebih baik  Anda menyimak ulasan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan berikut ini…

Perbedaan dari segi bentuk

Apabila melihat dari bentuknya, pertumbuhan jelas bisa di lihat secara gambling dan hal inilah yang mungkin bisa menjadi perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan. Misalnya, pertumbuhan bayi pasti bisa di lihat dengan perubahan fisiknya dari tinggi badan bertambah, rambut memanjang dan lain sebagainya. Sedangkan untuk perkembangan sendiri bersifat kualitatif, semua aspek yang berubah pada objek adalah perkembangan. Dengan hal ini, berarti pertumbuhan termasuk dalam perkembangan. Uniknya perkembangan bisa terjadi walaupun tidak ada pertumbuhan yang terjadi.

Misalnya, adalah perkembangan pohon. Jika pertumbuhan hanya berpatok ada perubahan fisik maka perkembangan juga termasuk dari bagaimana pohon tersebut bisa menghasilkan buah, mengenai bagaimana pohon tersebut bisa mempengaruhi lingkungan di sekitar seperti memberikan udara segar misalnya. Hal ini juga yang membedakan antara pertumbuhan dan perkembangan.

Perbedaan dalam waktu

Waktu juga bisa menjadi salah satu aspek dari perbedaan dari pertumbuhan dan perkembangan. Untuk pertumbuhan suatu objek maka bisa di bilang memiliki waktu yang terbatas dan tidak bisa berlangsung dalam jangka yang lama. Umumnya, umur juga mempengaruhi pertumbuhan. Tentu saja, hal ini sangan jelas terjadi di dalam pertumbuhan manusia.

Apabila di lihat dalam bidang yang lainnya seperti ekonomi, pertumbuhan dan perkembangan juga sangat berbeda jauh. Di dalam ekonomi, pertumbuhan pasti tidak  akan berhenti akan tetapi pada satu titik suatu Negara masuk ke dalam titik jenuh. Pada titik ini masih terjadi pertumbuhan namun tidak signifikan. Sedangkan untuk perkembangan tidak memiliki batas waktu. Satu obyek bisa berkembang jika dalam jangka waktu tertentu. Perbedaan dari pertumbuhan dan perkembangan ini terletak pada katalis.

Dilihat dari ukuran

Untuk segi ukuran pastinya pertumbuhan dan perkembangan juga sangat berbeda. Pertumbuhan memiliki ukuran yang jelas dan juga pasti, dan Anda pun bisa mengukur serta menemukan angka yang pas untuk bisa di pakai menentukan fase dari pertumbuhan ini. Contohnya, manusia dan pohon yang bisa di ukur degan memakai satuan centi meter maupun meter.

Pada sisi yang lain, perkembangan juga berbeda dan tidak bisa untuk diukur dengan pasti seperti pertumbuhan. Namun, bisa dikatakan jika hal ini termasuk dalam hal yang meragukan karena ada beberapa hal yang pada saat perkembangan bisa di ukur. Karena pertumbuhan termasuk dalam perkembangan maka masalah ukuran bisa saja di ukur di perkembangan. Misalnya saja, pada pertumbuhan dan perkembangan manusia, tidak hanya masalah perkembangan tubuh namun juga kemampuan kecerdasan, bersosialisasi, kreatif dan lain sebagainya. Perbedaan dari pertumbuhan dan perkembangan dari masakan IQ dan EQ yang mana bisa tidak sama jika melakukan beberapa tes. Dan pertumbuhan akan mendapatkan angka yang pasti.

Faktor pertumbuhan dan perkembangan manusia yang berbeda-beda

  • Faktor makanan

Asupan nutrisi yang di peroleh dari masing-masing orang pastinya berbeda karena menu makanan yang di santap setiap hari juga tak akan sama. Mendapatkan gizi dengan baik maka menjadikan manusia tumbuh dengan baik, begitu sebaliknya gizi akan kurang baik jika membuat pertumbuhan akan terhambat.

  • Kondisi psikologis setiap individu

Keadaan untuk psikologis bisa mempengaruhi dalam perkembangan manusia, apabila di dalam kondisi psikologisnya baik dan bagus maka akan tumbuh menjadi individu yang baik dan kuat dan begitu juga sebaliknya.

  • Faktor lingkungan

Lingkungan yang baik pastinya membuat tumbuh kembang dari manusia tetap baik, baik itu tumbuh kembang fisik dan juga jiwanya.

  • Faktor biologis

Yang terakhir adalah factor biologisnya juga sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan. Apabila seseorang memiliki gen yang baik maka pertumbuhannya juga sangat baik. Namun, apabila gen tidak baik, tentu ada keturunannya yang mengalami pertumbuhan yang tak baik.

Nah, itulah sekilas info yang bisa di berikan kepada Anda mengenai perbedaan pertumbuhan dan perkembangan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA