Inilah Perbedaan Pajak dengan Retribusi

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Sangat penting hukumnya memahami terkait perbedaan pajak dengan retribusi. Hal tersebut dikarenakan memang pajak dengan retribusi sendiri mempunyai perbedaan yang besar. Walaupun pajak dan retribusi ini sama-sama mempunyai pungutan dengan nilai tertentu serta nantinya akan dikelola lagi guna kepentingan masyarakat secara umum.

Beberapa Perbedaan Retribusi  dan Pajak

Pajak dengan retribusi punya beberapa perbedaan sehingga wajib untuk kita pelajari supaya bisa meningkatkan kesadaran kepada kita dan masyarakat agar selalu taat membayar kewajiban tersebut. Dengan begitu, urutan wajib tersebut sudah pasti mempunyai manfaat untuk masyarakat juga. Salah satunya seperti menikmati fasilitas umum maupun memakai aset yang dimilikinya tanpa adanya suatu unsur kekangan.

Tentunya ada banyak fasilitas publik yang ada di sekitar kita yang dikelola oleh negara sendiri dan selanjutnya diurus langsung di suatu pemerintah daerah tersebut. Nah, pada saat memakai fasilitas publik tersebut maka sudah pasti ada beberapa hal yang mewajibkan adanya suatu retribusi. Retribusi tersebut adalah pungutan yang bersifat wajib serta sudah ditentukan nilainya bagi semua pengguna fasilitas umum. Misalnya seperti pasar, terminal, parkir di instansi pemerintah dan lain-lain.

Nantinya pungutan tersebut akan menjadi pemasukan bagi pemerintah di suatu daerah tertentu guna menjaga fasilitas publik yang dimaksudkan. Dengan begitu, membayar sesuai dengan ketentuan yang berlaku merupakan hal yang sangat penting karena akan berimbas kepada kenyamanan kita ketika mengunjungi tempat-tempat umum seperti yang telah disebutkan.

Sebagai pengguna fasilitas publik sendiri sudah barang tentu menginginkan terminal maupun pasar yang rapi dan bersih bukan? Di samping itu, tentunya kita juga mau bahwa tidak ada pungutan liar yang akan dibebankan kepada para pengguna fasilitas publik tersebut yang mana dana itu hanya untuk kepentingan segelintir orang.

Kembali lagi ke pembahasan perbedaan pajak dengan retribusi, maka ada beberapa perbedaan di antara keduanya sebagaimana di bawah ini.

Dasar Hukum Pajak dan Retribusi

Perbedaan pajak dengan retribusi yang pertama terletak pada dasar hukumnya. dasar hukum pajak terdapat pada undang-undang yang telah dibuat oleh pemerintah serta akan berlaku untuk wilayah di seluruh Indonesia. sementara dasar hukum dari retribusi yakni pemungutannya berdasarkan dari peraturan pemerintah di suatu daerah tertentu yang sudah pasti hanya akan berlaku di daerah tersebut. Nah, itulah sebabnya mengapa ada biaya parkir di pasar dan di setiap daerah peraturannya berbeda-beda karena memang  perhitungan pemerintah daerah tersebut juga berbeda.

Baca Juga: TAHAPAN-TAHAPAN MEMBAYAR PAJAK ONLINE YANG WAJIB DIKETAHUI OLEH PARA PENGENDARA MOTOR

Balas Jasa saat Biaya Telah Dibayarkan

Perbedaan selanjutnya antara pajak dengan retribusi yaitu terletak pada balas jasa ketika biaya telah dibayarkan. Khusus untuk pajak sendiri nantinya setelah dibayarkan oleh pemerintah terlebih dahulu akan dikumpulkan. Setelah semua biaya pajak dikumpulkan dan sudah dianggap cukup maka barulah akan dibuat bangunan berupa fasilitas publik yang baru. Dengan demikian akan meningkatkan kenyamanan untuk seluruh masyarakat dalam melakukan aktivitasnya.

Sedangkan untuk retribusi sendiri maka pungutan akan sekaligus memberikan balas jasa. Misalnya ketika kita membayar kepada tukang parkir, maka kita bisa meninggalkan kendaraan kita dengan tenang  karena sudah dipercayakan kepada tukang parkir tersebut. Dengan begitu, jeda waktu antara pembayaran jangan balas jasa sendiri tidaklah lama.

Obyek yang Memperoleh Kewajiban Membayar

Perbedaan selanjutnya antara pajak dengan retribusi yaitu terletak pada objek yang memperoleh kewajiban untuk membayar. Untuk pajak sendiri objek yang dikenali untuk membayarnya yaitu penghasilan, kendaraan yang dimiliki oleh seseorang serta keuntungan usaha.

Sedangkan untuk retribusi maka objek yang memperoleh kewajiban membayar diberlakukan kepada setiap orang yang ikut memakai fasilitas publik. Misalnya seperti siapa saja orang yang datang ke pasar dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik itu untuk berbelanja maupun jalan-jalan saja maka akan tetap dikenai biaya parkir. Namun jika tidak datang ke pasar sudah tentu tidak akan dikenai retribusi untuk membayar.

Dipungut oleh Lembaga yang Berbeda

Perbedaan pajak dengan retribusi yang terakhir yaitu terletak pada lembaga yang memungut biaya. Tentunya perbedaan yang terakhir ini sudah banyak diketahui oleh masyarakat bahwasannya lembaga atau pihak yang melakukan pungutan adalah lembaga yang berbeda satu sama lain.

Untuk pajak sendiri lembaga yang melakukan pungutan adalah pemerintah pusat yang kemudian dana tersebut akan dikumpulkan serta dimanfaatkan untuk kepentingan seluruh wilayah di Indonesia. Sedangkan untuk dari posisi diri lembaga atau pihak yang memungut yaitu pemerintah daerah tertentu yang kemudian akan dipakai untuk suatu fasilitas publik di daerah masing-masing.

Nah, itulah tadi perbedaan pajak dengan retribusi yang harus kamu ketahui supaya kamu bisa membedakan antara pajak dengan retribusi.

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA

Belajar Office

Mau Belajar Microsoft Office? Jelajahi tutorial office terlengkap disini: Topik populer: Pivot table Margin Rumus