Inilah Perbedaan Mitosis dan Meiosis

0
5820 Mitosis Meiosisss

Inilah Perbedaan Mitosis dan Meiosis – Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya jika sel menjadi makhluk hidup yang proses dari reproduksinya ialah dengan membelah diri. Pembelahan diri yang terjadi pada sel terdapat tiga jenis, yang pertama adalah amitosis, kemudian ada meiosis dan juga mitosis. Dan sedangkan dari tiga cara dalam pembelahan diri ini memang mempunyai tujuan agar bisa berkembang biak. Akan tetapi, terdapat sebuah perbedaan mitosis dan meiosis yang wajib Anda tahu. Apa saja perbedaannya? Dan inilah sedikit penjelasannya:

Definisi Mengenai Pembelahan Mitosis dan Juga Meiosis

  • Mitosis


5820 Mitosis Lumen LearningAdalah proses pembelahan yang mampu menghasilkan 2 sel yang baru. Yang mana pada pembelahan sel ini nantinya akan melalui beberapa tahap yang teratur serta masing-masing akan mempunyai sifat beserta jumlah kromosom yang sama dengan induknya.

Mitos ini sendiri hanya akan melewati 1 fase dalam pembelahan yang diawali dengan profase–prometafase–metafase–anafase–telofase.

Sedangkan fungsi yang dimiliki oleh mitosis sendiri merupakan reproduksi aseksual pada organisme bersel telur, tumbuhan serta perbaikan sel yang ada di organisme.

Disebabkan mitosis ini mampu menghasilkan sel yang sama persis dengan induknya, maka mitosis secara otomatis akan mengakibatkan anak menjadi dewasa, dapat melakukan penyembuhan pada sel yang terluka ataupun bisa menumbuhkan sel kulit yang baru.

  • Meiosis


5820 MeiosisssMeiosis sendiri merupakan reproduksi maupun pembelahan sel yang juga disebut sebagai pembelahan reduksi karena mampu menghasilkan 4 sel anak. Dan proses ini juga terjadi dikarenakan adanya pengurangan jumlah kromosom.

Meiosis sendiri akan melewati 2 fase dalam pembelahan yang pertama ini adalah meiosis I yang meliputi Profase I -> Metafase I -> Anafase I -> Telofase I -> Sitokinesis I.

Sedangkan pada fase yang kedua ini disebut sebagai fase Meiosis II meliputi Profase II -> Metaphase II -> Anaphase II -> Telophase II -> Sitokinesis II.

Untuk meiosis ini mempunyai 1 fungsi yakni sebagai pembelahan seksual. Yang mana pembelian ini dapat menyebabkan anak ataupun hasil dari sel sedikit lebih berbeda dari sel induknya. Hal ini dikarenakan sel anak adalah penggabungan dari dua sel orang tua yakni sperma dan juga sel telur yang masing-masing membawa kromosom yang berjumlah setengah. pembelahan sel ini nantinya akan menjadikan makhluk hidup jauh lebih tahan lama bahkan mampu beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Perbedaan-perbedaan yang Dimiliki oleh Pembelahan Sel Mitosis dan Meiosis


5820 Mitosis MeiosisSetelah kita mengetahui sedikit penjelasan tentang pembelahan mitosis dan meiosis, maka untuk yang berikut ini anda harus mengetahui perbedaan diantara keduanya. Untuk perbedaan ini pun juga harus diperhatikan dengan detail agar tidak terjadi kesalahan.

  • Tujuan Pembelahan

Masing-masing dari jenis pembelahan sel tentu mempunyai tujuan yang berbeda-beda. untuk tujuan dari sel mitosis sendiri ialah untuk masa pertumbuhan satu individu dalam makhluk hidup. Sedangkan untuk pembelahan sel meiosis memiliki tujuan agar bisa mempertahankan adanya diploid yang ada di dalam tubuh organisme.

  • Jumlah yang Diperoleh dalam Pembelahan Sel

Pada setiap proses pembelahan sel tentunya jumlah sel yang akan dihasilkan pun akan berbeda-beda. Untuk pembelahan yang terjadi pada sel mitosis akan menghasilkan 2 anak saja, Sedangkan untuk pembelahan sel meiosis akan menghasilkan pembelahan sel kurang lebih sebanyak 4 anak.

  • Tempat Pembelahan

Maksud dari tempat di sini ialah lokasi dalam proses pembelahan sel itu terjadi. Biasanya dari kedua sel tersebut akan mempunyai tempat yang berbeda dalam proses pembelahan. Pembelahan yang dilakukan secara meiosis ini akan terjadi pada sel gonad yang berada pada tubuh suatu organisme hidup. Sementara untuk pembelahan mitosis akan terjadi pada sel romantic yang berasal dari satu organisme hidup.

Bukan hanya itu saja, mitos ini pun juga terjadi pada lokasi yang mempunyai jaringan meristematis. umumnya jaringan-jaringan tersebut berada tepat pada bagian tumbuhan yakni di dalam batang serta ujung akar. Sedangkan di dalam tumbuhan untuk pembelahan mitosis sendiri akan terjadi pada alat kelamin tumbuhan.

  • Sifat yang Diperoleh

Sifat yang diperoleh dari proses pembelahan ini juga akan berbeda dari masing-masing prosesnya. Bahkan terdapat perbedaan signifikan dari kedua jenis pembelahan tersebut. Pada sel meiosis, hasil anak yang diperoleh akan mendapatkan sifat haploid atau n. Sedangkan untuk proses pembelahan pada sel mitosis hasil anaknya akan memperoleh sifat diploid atau 2n.

  • Terjadinya Pembelahan

Untuk pembelahan mitosis sendiri, prosesnya akan terjadi satu kali saja pada tahapan pertama. Sedangkan untuk pembelahan meiosis akan terjadi proses pembelahan sebanyak 2 kali.

Nah, demikianlah informasi yang bisa diberikan kepada Anda mengenai perbedaan mitosis dan meiosis. Dengan penjelasan di atas Semoga saja bisa memberikan sedikit wawasan serta membuat Anda tidak kebingungan lagi untuk membedakan kedua jenis pembelahan tersebut.

BACA JUGA!

Ini Dia Pengertian dan Contoh Ikatan Ion