Inilah Perbedaan Dslr dengan Mirrorless

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Perbedaan-Dslr-dengan-Mirrorless[1]
Daftar Topik

Kamera merupakan salah satu barang elektronik digital yang banyak sekali dicari setelah handphone. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan kamera. Yaitu salah satunya untuk mengembangkan hobi fotografi atau filmografi. Diantara beberapa jenis kamera yang ada, kamera DSLR dan juga mirrorless adalah yang paling diminati akhir-akhir ini. Tetapi apa yang membuat kedua jenis kamera tersebut lebih unggul dan apa saja perbedaan dslr dengan mirrorless. Berikut ini akan dijelaskan beberapa perbedaan serta kekurangan dan kelebihan masing-masing kamera tersebut.

Apa yang Membedakan Kamera DSLR dengan Mirrorless?

Apabila kamu salah seorang yang menyukai dunia fotografi, filmografi, atau sedang gemar dan aktif sebagai content creator di Youtube, maka kamera adalah alat utamamu. Beberapa kamera handphone memang sudah banyak yang berkualitas tinggi, tetapi untuk beberapa orang yang hobi hingga profesional pasti menginginkan kamera yang lebih bermutu dan sesuai. Sebelum memutuskan membeli kamera ada baiknya jika melakukan survey atau searching di internet terlebih dahulu.

Diantara beberapa jenis kamera yang ada di pasaran, kamera dslr dan mirrorless adalah yang paling diminati oleh para content creator dan fotografer. Kamera dslr dan mirrorless tentu saja memiliki beberapa perbedaan dan fungsi mendasar, jadi jangan sampai kamu salah memilih kamera untuk kebutuhan aktifitas dan pekerjaanmu.  Berikut adalah perbedaannya :

  • Konstruksi Body yang Berbeda

Hal pertama dan utama yang membedakan kamera dslr dan juga mirrorless tentu saja adalah konstruksi dan bodynya. Secara kasat mata, orang awam pun bisa membedakan antara kamera dslr dengan kamera mirrorless berdasarkan ukurannya. Kamera dslr memiliki ukuran yang lebih besar dan cenderung lebih berat dibandingkan kamera mirrorless.

Hal tersebut dikarenakan kamera dslr memiliki ukuran cermin dan pentaprism pada kamera dslr harus memiliki ukuran yang sama besar dengan sensor. Sementara pada kamera mirrorless tidak terdapat cermin ataupun pentaprism pada bodynya.

  • Perbedaan pada harga 

    Kedua, kamera dslr cenderung memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan kamera mirrorless. Alasannya tak lain karena komponen mekanis berupa cermin tersebutlah yang membuat kamera dslr mahal. Perakitan body yang didalamnya terdapat cermin dan logam-logam yang harus bisa bergerak tidaklah mudah dan memerlukan biaya produksi yang tidak sedikit pula.

Kelebihan Kamera Dslr dan Mirrorless

Jadi sebenarnya, perbedaan dslr dengan mirrorless utamanya memang hanya pada struktur susunan cermin di dalam body-nya. Maka dari itu kamera yang tidak memiliki cermin itu disebut juga dengan mirror-less atau tanpa cermin. Karena perbedaan tersebut pasti masing-masing kamera memiliki kelebihan dan kekurangan. Beberapa kelebihan dan kekurangan kamera karena ada atau tidaknya cermin di dalamnya akan dijelaskan berikut ini.

  • Kamera Mirrorless Memiliki Performa Lebih Bagus

Pertama, kamera mirrorless memiliki performa yang lebih tenang atau tidak berisik dibandingkan kamera dslr. Hal tersebut karena pada kamera mirrorless tidak terdapat cermin dan rangkaian-rangkaian yang bergerak dan menghasilkan bunyi. Tetapi, meskipun kamera dslr sedikit berisik ketika mengambil gambar atau mengatur fokus, performanya sangat cepat dan jarang terjadi blur jika pengaturannya sudah tepat.

  • Kamera Mirrorless Memiliki Live Preview

Kemudian keuntungan lain kamera mirrorless adalah memiliki live preview atau dapat melihat gambar yang sama dengan hasil akhir foto nantinya. Sedangkan pada kamera dslr tidak dapat melihat gambar pada view finder yang sama persis dengan hasil akhir foto nantinya.

  • Kamera Mirrorless Tidak Terdapat Ruang-Ruang Yang Terbuka Pada Bodynya

Pada kamera mirrorless tidak terdapat ruang-ruang yang terbuka pada bodynya, sehingga resiko masuknya debu akan sangat kecil. Sedangkan pada kamera dslr lebih rentan terhadap debu sehingga bisa saja mempengaruhi hasil foto yang dihasilkan.

  • Kamera Dslr Mampu Menangkap Gambar Lebih Bagus

Kamera dslr mampu menangkap gambar yang bergerak tanpa blur menggunakan teknik tertentu. Sedangkan pada kamera mirrorless lebih lelet atau lemot karena hanya mengandalkan autofokus contrast detect.

Selain itu, kamera dslr juga terkenal karena ketahanan daya baterainya. Baterai kamera dslr bisa bertahan untuk memotret foto hingga ribuan, sedangkan kamera mirrorless pada umumnya hanya bertahan pada 400 atau 500 frame saja. Tetapi dengan teknologi yang sangat maju sekarang ini, beberapa perusahaan yang mengeluarkan kamera mirrorless sudah mulai mengembangkan baterai yang memiliki kapasitas yang lebih besar.

Jadi bagaimana menurut kamu? Manakah kamera yang cocok dan lebih baik untuk mendukung hobi dan pekerjaanmu? perbedaan dslr dengan mirrorless bukan untuk diperdebatkan kamera mana yang lebih baik. Tetapi untuk memberikan pengalaman yang berbeda dan memenuhi kebutuhan pemakainya. Jadi pertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing kamera sebelum kamu memutuskan untuk membeli kamera dslr atau mirrorless.

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP