Inilah Penyebab Baterai Bocor yang Harus Diwaspadai

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Inilah-Penyebab-Baterai-Bocor-yang-Harus-Diwaspadai[1]
Daftar Topik

Pernahkah kamu mengalami hal yang menyebalkan seperti laptop atau handphone tiba-tiba saja mati? Padahal sebelumnya kamu sudah mengisi baterai sampai penuh dan belum menggunakannya terlalu lama. Bisa jadi, baterai laptop atau handphone kamu mengalami kebocoran. Sebenarnya, banyak kebiasaan yang tanpa disadari bisa menyebabkan kebocoran baterai laptop atau handphone. Maka dari itu berikut ini akan dijelaskan apa saja penyebab baterai bocor dan bagaimana cara mengatasinya.

Kebiasaan yang Dapat Menyebabkan Kebocoran Baterai


Ternyata, kebiasaan orang-orang dalam menggunakan ponsel atau laptop banyak yang bisa mempercepat kerusakan perangkat tersebut. Pada awalnya kebiasaan tersebut disepelekan karena efek kerusakannya tidak terlalu dirasa. Tetapi lama-kelamaan tanpa disadari perangkat laptop atau handphone akan mengalami penurunan performanya, misalnya baterai yang cepat habis. Lalu apa saja kebiasaan-kebiasaan kecil yang tidak boleh disepelekan agar baterai handphone atau laptop awet lebih lama?

Yang pertama adalah mengisi baterai semalaman karena ditinggal tidur. Kebiasaan ini sangat banyak dilakukan oleh orang-orang karena dirasa efektif. Sembari tidur, handphone akan mengisi baterai hingga penuh sehingga keesokan harinya handphone bisa langsung digunakan dalam aktifitas seharian. Tetapi, kebiasaan atau cara tersebut justru akan merusak baterai secara perlahan-lahan.

Kebiasaan kedua yang dapat membuat baterai bocor adalah membiarkan baterai handphone atau laptop hingga habis total. Baterai ponsel yang terbiasa dibiarkan hingga kosong dan mati total akan menyebabkan penurunan kualitas baterai. Jadi jika kamu termasuk salah satu orang yang sering mengisi baterai ketika ponsel atau laptop sudah mati duluan, maka coba hentikan kebiasaan tersebut.

Kebiasaan ketiga yaitu mencharger atau mengisi ulang baterai menggunakan power bank. Power bank memang salah satu solusi yang sangat disukai orang-orang untuk mengantisipasi kehabisan daya baterai ponsel. Karena dengan power bank, baterai ponsel bisa dicharger kapan saja dan dimana saja dan bisa dibawa kemana saja.

Namun, ternyata kebiasaan tersebut sangat tidak baik untuk kesehatan baterai ponsel dan salah satu penyebab baterai bocor yang paling banyak terjadi. Hal tersebut karena power bank merupakan third-party dari charger. Selain itu, beberapa power bank juga memiliki kualitas yang kurang bagus dan spesifikasi hantaran listriknya ada yang berbeda dengan charger dan bisa merusak baterai ponsel.

Bagaimana Cara Mengatasi Baterai yang Bocor?


Jika telah mengetahui apa saja penyebabnya, maka akan timbul pertanyaan lain yaitu bagaimana cara mengatasi baterai yang sudah bocor. Solusi yang bisa diambil juga bergantung pada seberapa parah kebocoran baterai ponsel atau laptop. Jika sudah parah dan sangat mengganggu aktivitas atau kegiatan yang memerlukan performa baterai yang bagus, maka solusinya adalah mengganti baterainya. Tetapi, jika perangkat kamu memiliki baterai tanam yang tidak bisa diganti, maka solusinya adalah membeli perangkat yang baru.

Jika kondisi baterai bocor belum terlalu parah dan masih bisa ditoleransi, maka yang harus dilakukan adalah berhenti melakukan kebiasaan buruk yang telah disebutkan di atas. Yaitu yang pertama, jangan mengisi baterai semalaman dan ditinggal tidur. Lebih baik isi baterai ketika Anda bangun dan tinggalkan sembari melakukan aktifitas pagi hari seperti mandi, sarapan, menyapu rumah dan sebagainya. Dengan begitu, kapasitas baterai ponselmu akan penuh atau setidaknya sudah terisi lebih dari 80%.

Cara kedua yaitu dengan menghemat daya baterai. Selain mengaktifkan mode hemat daya, Kamu juga perlu mengurangi aktifitasmu di depan layar. Kurangi kegiatan bermain game dan bersosial media yang memakan banyak daya baterai. Sehingga ponselmu terhindar dari keadaan kehausan daya hingga mati total. Dengan begitu, kamu juga tidak akan memerlukan power bank yang juga bisa makin menambah resiko baterai bocor.

Tips lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghindarkan perangkatmu dari suhu yang sangat panas. Misalnya mengoperasikan ponsel di bawah terik matahari atau bahkan panas yang disebabkan karena terlalu lama mengaktifkan paket data. Kurangi penggunaan paket data dan juga meletakkan atau menggunakan ponselmu di bawah sinar matahari yang panas dalam waktu yang lama.

Jika suhu ponselmu terlanjur menjadi sangat panas, maka segera matikan paket data dan sambungan internet lainnya. Hentikan pula aktifitasmu dengan ponsel dan diamkan ponselmu hingga suhunya menjadi normal dan nyaman untuk digenggam.

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang ternyata merupakan penyebab baterai bocor. Jika kamu termasuk orang yang terbiasa melakukannya, maka segera ubah kebiasaan tersebut. Ikuti tips diatas agar kamu lebih mudah melakukannya. Selamat mencoba!

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA