Inilah Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari saat Haid

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Sedang Haid

Menstruasi adalah siklus yang dialami oleh setiap wanita di setiap bulannya. Para perempuan sering merasakan sakit ketika sedang haid. Banyak faktor yang mempengaruhi salah satunya adalah makanan. Ternyata ada beberapa makanan yang harus dihindari ketika kamu sedang haid.

Demi menjaga kesehatan tubuh saat tamu bulanan datang, ada baiknya kamu menjaga pola makan yang baik dan sehat untuk tubuh, kamu harus menghindari maknan-makanan berikut ya:

Inilah Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari saat Haid

Gandum Olahan

Gandum olahan tidak lagi mengandung nutrisi-nutrisi olahan sebagaimana pada gandum asli, karena proses-proses pengolahannya. Hal ini mengakibatkan kandungan dalam makanan gandum olahan akan membuat kamu lebih terganggu karena efek-efek pada saat haid. Selain itu, gandum olahan juga bisa mempengaruhi gula dara dalam tubuh dan nafsu makanmu. Untuk mengurangi rasa sakit ketika haid, kamu dianjurkan untuk tidak memakan produk olahan gandum dalam jumlah yang banyak seperti kue, roti putih ataupun makanan yang memiliki rasa manis. Oleh karena itu, pilihlah makanan yang mengandung gandum yang masih murni seperti oatmeals atau nasi merah.

Minuman Berkafein

Hindari mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi, teh, dan juga cokelat. Karena dapat menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah yang dapat berakibat dengan terjadinya dehidrasi pada tubuh. Maka bila hal tersebut terjadi, akan menyebabkan sakit kepala dan perasaan yang bingung. Biasanya hal ini terjadi dengan ditandai adanya perasaan nyeri dibagian sekitar perut bagian bawah, nyeri dibagian leher hingga berujung ke sakit kepala, sering merasa haus, dan juga adanya perasaan gugup, gelisah sehingga menyebabkan kebingungan dan sering lupa.

Meskipun teh juga mengandung kafein, tetapi tidak berpengaruh terhadap kesehatan tubuh terutama saat menstruasi. Karena teh hanya mengandung sedikit kafein, berbeda dengan jenis kopi dan juga cokelat yang mengandung banyak kafein. Untuk itu hindarilah makanan atau minuman yang mengandung kafein dengan berlebihan.

Gorengan

Makanan yang satu ini banyak sekali mengandung minyak. Oleh sebab itu, kamu tidak boleh mengkonsumsi makanan berminyak karena kadar minyak yang terlalu tinggi dapat menyebabkan meningkatnya kadar lemak dan kolestrol tinggi dalam tubuh yang akan mempengaruhi siklus kamu. Mengkonsumsi gorengan di saat sedang haid hanya akan menyebabkan peredaran darah menjadi kurang lancar yang akan berpengaruh pada siklus yang yang dialami.

Makanan dan Minuman Bersoda

Makanan atau minuman yang mengandung soda merupakan hal yang sangat enak, rasanya yang menyegarkan sekaligus merasakan desiran soda di mulut secara perlahan. Apalagi kalau dikonsumsi ditengah cuaca yang terik bersama dengan es yang begitu menggiurkan. Akan tetapi, kamu harus berhati-hati dengan minuman yang satu ini. Karena jika dikonsumsi berlebihan saat kamu sedang haid akan mempengaruhi tingkat emosional kamu sehingga sulit untuk dikendalikan. Selain itu, jika mengkonsumsinya terlalu banyak akan menyebabkan perut terasa kembung dan tidak enak. Untuk itu, saat menstruasi boleh-boleh saja mengkonsumsi atau minuman bersoda, asalkan tidak diminum dengan jumlah yang berlebihan.

Mie Instan

Siapa sih yang tidak mengenal dengan jenis makanan yang satu ini. Mie instan namanya, merupakan makanan yang cukup digemari oleh kabanyakan orang. Selain rasanya sangat nikmat dan juga cara penyajiannya tidak membutuhkan waktu yang lama, sehingga bisa menghemat waktu dan tentunya ramah juga dikantong. Tapi tahukah kamu, bahwa mie instan ini adalah makanan yang sangat mengerikan bagi kesehatan tubuh kamu.

Selain tidak mudah larut dan hancur didalam perut sehingga membutuhkan waktu berhari-hari untuk mencerna makanan ini, juga mengandung berbagai macam pengawet yang tentunya jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan dalam kurun waktu yang singkat. Bukan tidak mungkin dapat menyebabkan berbagai macam penyakit yang sangat mengganggu kesehatan tubuh.

Terlebih saat kamu sedang haid, karena mie instan ini salah satunya mengandung kadar garam dan MSG yang sangat tinggi, sehingga berpengaruh terhadap wanita yang sedang haid. Karena akan mengakibatkan keseimbangan tubuh menjadi terganggu, biasanya ditandai dengan merasakan nyeri pada bagian perut bawah, mual, sakit kepala, perut kembung, sehingga berakibat gangguan pada lambung. Untuk itu hindarilah mengkonsumsi mie instan secara berlebihan dan tetap berhati-hati ketika mengkonsumsi makanan yang satu itu.

Minuman Dingin

Minuman dingin atau es ini sangat nikmat, apalagi ditambah dengan campuran-campuran yang akan membuat lidah meleleh. Terlebih lagi jika dinikmati disaat cuaca sedang panas. Siapa sih yang bisa menghindari minuman dingin atau es seperti ini. akan tetapi, ternyata meminum minuman yang dingin sangat tidak dianjurkan ketika kamu sedang haid. Karena dapat memberikan efek rasa penuh atau kembung pada bagian perut hingga dapat merasakan nyeri dan kram yang tentunya sangat menyebalkan. Selain itu juga dapat menyebabkan peradangan. Untuk itu, agar siklus haid yang dialami berjalan dengan normal dan tentunya aman, maka alangkah baiknya kamu menghindari minuman satu ini untuk dikonsumsi.

Makanan Junk Food

Makanan lainnya yang dilarang dan berbahaya dikonsumsi saat haid adalah junk food yang memiliki kandungan kolestrol tinggi yang dapat menyebabkan terganggunya proses menstruasi yang sedang kamu alami. Selama masa ini, tubuh harus selalu sehat dan bugar. Salah satu carannya adalah dengan menjaga pola makan dan utamakan makanan-makanan yang mengandung serat dan juga zat besi.

Itulah macam-macam makanan dan minuman yang sebaiknya tidak kamu konsumsi ketika sedang haid. Konsumsilah makanan yang sehat selama haid, agar proses dan siklus haid tidak terganggu, sehingga tetap bisa membuat tubuh kamu terasa sehat dan bugar meski sedang menstruasi. (elevenia)

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA