Inilah Hadits tentang Menuntut Ilmu yang Wajib Diketahui

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
11320-menuntut ilmu
Daftar Topik

Setiap muslim pasti tidak asing lagi dengan peribahasa tentang menuntut ilmu. Ada yang mengatakan bahwa menuntut ilmu berawal dari buaian bahkan hingga sampai liang lahat. Hal ini merupakan gambaran bahwa menuntut ilmu tidak memiliki batasan, mulai dari muda hingga tua. Banyak pula hadist tentang menuntut ilmu yang telah diriwayatkan. Dari berbagai hadis tersebut, memiliki kandungan tentang betapa pentingnya menuntut ilmu.

Karena penting bahkan beberapa hal yang berkaitan tentang menuntut ilmu bahkan ada aturan nya. Mulai dari cara menuntut ilmu, pentingnya memuliakan ilmu dan guru serta masih banyak lagi. Berikut ini merupakan kumpulan hadist menuntut ilmu yang wajib diketahui setiap muslim.

Kewajiban Menuntut Ilmu

Menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Pasalnya, ilmu merupakan petunjuk yang bisa memberikan arah pada kehidupan. Apabila seorang muslim memiliki iman tetapi tidak memiliki ilmu, maka dia akan mudah terperdaya. Akan mudah ditipu dan dibelokkan jalannya. Terdapat suatu hadis menuntut ilmu yang menjelaskan tentang penting dan wajibnya menuntut ilmu seperti berikut ini.

طَلَبُ اْلعِلْمْ فَرِثْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

“Bahwasannya menuntut ilmu itu hukumnya wajib bagi setiap umat muslim” (HR. Ibnu Majah)

Hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah tersebut mengandung arti penting bahwa setiap muslim baik laki-laki atau perempuan memiliki kewajiban yang sama dalam menuntut ilmu. Tidak terdapat batasan bagi perempuan. Selama ilmu tersebut menuju jalan kebaikan.

Menuntut Ilmu Mempermudah Jalan Menuju Surga

Dalam kehidupan, ujung setiap kehidupan adalah syurga. Setiap manusia mendambakannya. Bahkan, karena pentingnya setiap muslim dalam menuntut ilmu, Allah akan mempermudah jalan menuju syurga. Hal ini membuktikan bahwa Allah mengutamakan orang yang ahli ilmu. Hal tersebut juga telah tercantum dalam hadist menuntut ilmu berikut ini.

وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

“Barang siapa yang berjalan untuk menuntut ilmu, niscaya Allah akan mempermudah jalan surga untuknya” (Bukhari)

Ada yang mengatakan bahwa mencari ilmu merupakan suatu jihad dalam islam. Jihad dalam artinya darii kebodohan. Berupaya untuk memiliki pengetahuan dan menjadi bijak terhadap berbagai masalah yang muncul. Dengan demikian, seseorang yang selalu mengupayakan dan mementingkan untuk mencari ilmu. Menghadapi berbagai rintangan dengan ikhlas, Allah akan melihat perjuangannya dan memberi nya jalan kemudahan dalam menuju Syurga.

Seseorang yang Menuntut Ilmu Seperti Bulan Purnama

Bulan purnama memiliki bentuk yang indah besar serta mampu menyinari dengan terang dalam gelapnya malam. Hal ini merupakan pengandaian bagi orang yang senantiasa menggunakan waktu dan meluangkan setiap waktunya untuk menuntut ilmu. Menuntut ilmu tidak terbatas pada mencarinya saja, namun mempelajarinya dan mengulangi merupakan salah satu yang terpenting. Hal ini tercantum dalam hadis menuntut ilmu yang diriwayatkan oleh Abu Dawud.

“Kelebihan yang dimiliki oleh ilmuwan terhadap seorang ahli ibadah, bagai bulan purnama yang mampu menyinari seluruh bintang di langit” (HR Abu Dawud)

Pada hadis tersebut, terdapat perbandingan antara orang yang ahli ilmu dengan ahli ibadah. seseorang yang memiliki ilmu dan selalu mengamalkannya dalam berbagai kehidupan lebih baik dari pada, Seseorang yang beribadah atau ahli ibadah tanpa memiliki ilmu dan tidak menggunakan ilmu.

Selalu Diperhatikan oleh Allah dan Ilmu Bermanfaat Meski Sudah Meninggal

Bentuk perhatian Allah yang ditunjukkan terhadap orang yang sedang menuntut ilmu adalah terus memuliakan. Seseorang yang menggunakan waktunya untuk selalu menuntut ilmu dan membuat kebaikan kemudian mengamalkan ilmu tersebut, maka orang itu akan selalu dalam lindungan dan perhatian Allah. Bahkan Allah selalu mengutamakan para ahli ilmu. Hal ini terdapat dalam suatu hadist menuntut ilmu yang berada dalam Shohih Muslim.

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثٍ: صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Meski seseorang yang berilmu sudah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya, terkecuali pada tiga hal yakni ilmu yang bermanfaat, amal jariyah dan juga anak shalih shahlilah yang selalu melantunkan doa untuknya” (HR Muslim)

Menuntut Ilmu Hingga Jauh

Tidak ada batasan dalam menuntut ilmu. Setiap orang yang berasal dari berbagai kalangan, berbagai rentang usia, memiliki kesempatan yang sama dalam menuntut ilmu. Mereka tidak mengalami perbedaan. Hal ini dikarenakan setiap muslim memiliki kewajiban yang sama dalam mencari ilmu. Ilmu dapat diperoleh dimana saja, bahkan seseorang diperbolehkan keluar dari rumahnya dalam waktu yang cukup lama untuk menuntut Ilmu.

اُطْلُبُوْا الْعِلْمَ وَلَوْ بِالصِّيْنِ، فَإِنَّ طَلَبَ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

“Tuntutlah ilmu meski harus ke negeri Cina, karena menuntut ilmu itu hukumnya wajib bagi setiap umat islam”

Dalam hadis tersebut terdapat suatu perumpamaan yaitu, diperbolehkan menuntut ilmu hingga pada negeri China. Hal ini dikarenakan China merupakan negeri yang jauh. Tentu saja hal ini memberikan gambaran bahwa, menuntut ilmu tidak memiliki batasan wilayah. Seberapa jauh pun wilayah yang dituju, jika digunakan untuk menuntut ilmu, tentu saja hal tersebut akan memberikan kemuliaan.

Beberapa hadis tersebut memberikan pengertian betapa pentingnya seseorang menuntut ilmu. Bahkan ilmu akan menjadi penerang bagi yang memilikinya dan mengamalkannya. Banyak hadist menuntut ilmu yang turut memberikan keutamaan dan kemuliaan bagi orang yang menggunakan masa nya untuk terus mencari ilmu.

Namun, yang perlu digarisbawahi adalah ilmu yang telah diperoleh harus terus diamalkan. Pengamalan dari ilmu akan senantiasa membuat ilmu tetap hidup. Bahkan bertambah. Dengan demikian mencari ilmu adalah kewajiban termasuk juga mengamalkan nya.

BACA JUGA! 

Inilah Kedahsyatan Kalimah Hasbunallah Wanikmal Wakil

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP