Inilah Daftar Nama Kucing Nabi Muhammad

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Source: Kucing Pedia
Daftar Topik

Kucing adalah salah satu hewan yang paling banyak dipelihara oleh manusia sangat populer di seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia. Sedangkan dalam sejarah Islam sendiri, hewan yang satu ini punya keistimewaan yang sangat luar biasa dibandingkan dengan hewan yang lainnya. Bahan Baginda Rasulullah SAW juga pernah berpesan kepada para sahabatnya agar mereka menyayangi kucing peliharaan seperti sayang terhadap keluarganya sendiri.

Mungkin bagi umat muslim sudah tidak asing lagi mendengar tentang cerita nabi Muhammad SAW yang merupakan pecinta kucing. Dari sekian banyaknya binatang di muka bumi ini, nabi Muhammad lebih mengutamakan kucing sebagai hewan peliharaan yang harus diperlakukan lemah lembut dan dijaga.

Muezza, Kucing Peliharaan Nabi Muhammad


Source: Satria Hewan

Nabi Muhammad SAW memiliki kucing peliharaan yang sangat dicintainya dan diperlakukan dengan baik. Nama kucing nabi Muhammad SAW adalah Muezza yang diambil dalam bahasa Arab yakni Mu’izza (معزة). Kemudian secara verbal nama Mu’izza tersebut diplesetkan menjadi Muezza yang lebih cocok dijadikan nama kucing di Indonesia.

Arti Ma’azza di dalam forum ialah “peduli pada seseorang”. Sedangkan kata Ma’azzah artinya “sangat berharga dan sangat disayang”

Perilaku Nabi Muhammad yang Menyayangi Kucing


Source: Kucing Pedia

Karena saking sayangnya pada kucing peliharaannya, Nabi Muhammad memperlakukan Muezza dengan sangat baik dan lemah lembut. seperti dari kisah di bawah ini yang menceritakan tentang perilaku Nabi Muhammad yang sangat menyayangi Muezza.

1. Saat Adzan

Suatu ketika terdengar suara azan dan Nabi Muhammad SAW hendak pergi salat. Nabi Muhammad SAW yang hendak pergi salat biasanya terlebih dahulu memakai jubah. Akan tetapi sebelumnya di jubah beliau ada kucing peliharaannya yang sedang tertidur tepatnya di bagian lengan.

Lalu tahukah Anda apa yang dilakukan Baginda Rasulullah SAW? Beliau lebih memilih untuk menggunting bagian lengan jubahnya tersebut. Hal itu dilakukannya harga kucing peliharaan beliau tetap bisa tidur dengan tenang tanpa membangunkan atau mengusirnya. Setelah itu beliau mengelus Muezza sebanyak 3 kali dengan sangat lembut yang diartikan sebagai doa supaya kucing punya 7 kehidupan bisa hidup sendiri walaupun tidak dipelihara. Baik itu dimana saja dan kapan saja.

2. Saat Memberikan Khotbah

Ketika Nabi Muhammad sedang memberikan khotbah, nama kucing nabi Muhammad yaitu Muezza tidur di pangkuan beliau. Namun Nabi Muhammad tidak merasa terganggu sama sekali dan bahkan membiarkan Muezza tetap tidur di pangkuannya tanpa mengganggunya.

3. Minum dari Bejana yang Sama

Mungkin bagi para pecinta kucing hal yang satu ini jarang sekali dilakukan. Kucing memang hewan domestik yang paling banyak dipelihara, namun jarang sekali orang yang memiliki kucing peliharaan mencium atau bahkan memakai bejana yang sama. Namun hal tersebut berbeda dengan Nabi Muhammad dan kucing peliharaannya yang diperlakukan beda dari para pemelihara kucing biasanya.

Nabi Muhammad SAW bahkan tidak segar untuk minum air dengan memakai peralatan atau dalam hal ini pacaran yang sama dengan kucing peliharaan beliau. bahkan meskipun peralatan atau gejala tersebut tidak dicuci terlebih dahulu.

4. Menganggap Kucing Bukan Barang Dagangan

Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Jami’ Tirmidzi bawa Rasulullah melarang siapapun untuk memakan serta memperdagangkan kucing. Sedangkan hadits lain yang diriwayatkan oleh shahih Muslim tentang perdagangan kucing menyebutkan bahwa Nabi Muhammad menolak dan sangat tidak menyukai hal tersebut.

Saking sayangnya Nabi Muhammad pada kucing peliharaannya, itu sebabnya beliau melarang memakan daging kucing atau bahkan menjadikan sebagai barang dagangan. Di samping itu, ketika sudah tidak mampu lagi untuk memelihara kucing sebaiknya kucing tersebut diberikan kepada orang yang sanggup memeliharanya.

5. Dipelihara Tanpa Harus Dikekang

Sebagaimana yang telah disebutkan dalam hadis riwayat Ibnu Majah bunyi dari abu Hurairah terkini “kucing tidak akan pernah mengganggu seseorang yang memeliharanya sebab ia merupakan salah suatu yang sangat bermanfaat di dalam rumah tersebut”. Sedangkan dalam urusan memberikan makan dan minum, tempat tidur yang layak dan nyaman serta kewajiban memberikan kebebasan pada kucing adalah hak kucing.

Di dalam agama Islam telah diajarkan bahwa kucing harus diperlakukan dengan sangat baik dan Jangan sampai menyakitinya karena hal tersebut termasuk dosa. Kucing adalah salah satu hewan yang Sudah selayaknya harus dihargai dan dicintai keberadaannya. Sebagaimana kucing nabi Muhammad yaitu Muezza yang merupakan kucing yang sangat istimewa pada masa itu. Lagi memelihara kucing juga sudah ada hadis dan menjadi salah satu sunnah yang bisa diamalkan oleh umat manusia khususnya umat Islam.

Nah, ternyata nama kucing nabi Muhammad adalah Muezza yang merupakan kucing peliharaan istimewa pada masa nya. Kita sebagai umatnya sudah sepatutnya memberikan rasa kasih sayang kepada hewan peliharaan kita seperti kucing nabi Muhammad yang diperlakukan dengan sangat baik. Oleh sebab itu, tak ada alasan lagi untuk tidak menyukai hewan lucu yang satu ini karena memelihara kucing sudah ada dalam hadits.

BACA JUGA!

Cara Merawat Anak Kucing yang Ditinggal Induknya

Source: Kucing Pedia
Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP