Inilah Daftar Jenis-Jenis Ikan Arwana

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
arwana merah
Daftar Topik

Salah satu jenis ikan hias yang sangat di gemari oleh seluruh umat manusia adalah ikan arwana. Ya, ikan arwana memang merupakan jenis ikan hias yang paling banyak diminati karena memiliki warna yang sangat mempesona. Scleropages sp atau nama lain dari ikan arwana ini hidup di air tawar sehingga proses perawatannya tergolong lebih mudah.

Nah, berikut ini adalah penjelasan singkat yang bisa kamu pelajari tentang jenis-jenis ikan arwana dan bagaimana cara merawatnya di rumah.

Arwana Afrika

Sesuai dengan namanya, ikan ini berasal dari daerah Afrika Timur.. Bentuknya sendiri sangat unik, yaitu mirip seperti ikan lele namun tidak memiliki patil dan badannya cenderung lebih gemuk. Warna dari ikan arwana jenis ini adalah dominan gelap kehitaman. Bentuknya memanjang dan memiliki bentuk kepala yang lebih kecil.

Arwana Black Golden

Sesuai dengan jenis namanya, ikan arwana jenis ini memiliki warna sedikit keemasan apabila ada di dalam air. Ikan ini berasal dari Johor, Malaysia. Ciri dari ikan arwana balck golden adalah memiliki sisik yang tebal dan berwarna hitam. Ikan ini tergolong langka untuk di dapatkan sehingga untuk membelinya, kamu harus merogoh kocek yang sedikit dalam.

Arwana Arapaima Gigas

Jika kamu penggemar jenis ikan hias yang cantik, sepertinya arwana arapaima gigas cocok berada di rumahmu. Ikan ini merupakan jenis ikan air tawar terbesar yang berasal dari daerah tropis khususnya Amerika Selatan. Ikan ini memiliki panjang tubuh 3 meter dan berat hingga 200 Kg. Namun karena sering di konsumsi dan di ekspor ke negara lain, ikan ini termasuk ke dalam jenis ikan arwana langka.

Arwana Golden Red

Jenis ikan arwana golden red merupakan ikan hias varietas ikan arwana golden yang berwarna merah. Ikan ini berasal dari Indonesia dan memiliki habitat di daerah Pekan Baru. Sisik yang di hasilkan oleh jenis ikan arwana golden red memiliki 3 warna dasar yaitu emas, biru, dan hijau. Untuk harganya sendiri, ikan ini termasuk paling murah di pasaran karena hanya mencapai 2 juta saja.

Arwana Merah

Varietas arwana terakhir yang bisa kamu temui adalah arwana merah. Ikan jenis ini tentunya berbeda dengan golden red. Ikan Arwana Merah memiliki warna kulit yang dominan merah dan tidak ada gradasi warna emas seperti Arwana Golden Red. Jenis ikan ini bisa kamu temui di daerah Kalimantan Barat, terutama di sungai Kapuas. Disana adalah habitat asli dari ikan arwana merah hidup.

Arwana Cross Black Golden

Jenis ikan arwana yang satu ini merupakan jenis arwana yang paling banyak di cari. Arwana Cross Black Golden merupakan jenis ikan arwana yang berasal dari Malaysia. Kamu bisa menemuinya dengan mudah di daerah Danau Bukit Merah Johor. Ciri khas dari jenis ikan arwana yang satu ini adalah memiliki warna emas di seluruh bagian tubuhnya ketika dewasa.

Ketika masih berumur beberapa bulan, warna emas yang di hasilkan masih bercampur dengan warna hitam di beberapa sisik kulit.

Arwana Golden Pino

Varian jenis ikan arwana selanjutnya adalah Arwana Golde Pino. Populasi ikan jenis ini banyak di temukan di daerah Asia seperti Indonesia, Thailand, Kamboja, Myanmar, dan Malaysia. Ciri khas dari Arwana Golden Pino adalah memiliki degradasi warna hijau pada area sisik yang membaluti tubuhnya.

Selain itu, jenis ikan ini juga lebih panjang dari ikan jenis golden lainnya. Untuk membedakan ikan arwana golden pino dan ikan arwana golden lainnya adalah dengan melihat bentuk kepala. Bentuk kepala jenis ikan arwana golden pino jauh lebih kecil dan memiliki bentuk mata yang lebih besar.

Arwana Banjar

Sesuai dengan namanya, jenis ikan arwana yang satu ini berasal dari Indonesia yaitu di daerah Pontianak. Nama lain dari ikan arwana banjar adalah ikan siluk sirip merah. Hal menarik dari jenis ikan yang satu ini adalah warna kekuningan dengan paduan sedikit orange pada bagian sirip ekor sehingga memberikan aksen tersendiri.

Arwana Irian

Ikan arwana irian juga biasa di sebut dengan arwana jardini. Ciri khusus dari ikan jenis ini adalah memiliki warna hitam sedikit kecoklatan sehingga ada aksen bintik-bintik berwarna kuning keemasan yang ada di bagian sisiknya. Kamu bisa menemui jenis ikan arwana yang satu ini dengan mudah di perairan bagian timur lebih tepatnya di Pulau Irian.

Begitulah sedikit informasi mengenai jenis-jenis ikan arwana yang ada di dunia dan paling banyak di cari oleh pecinta ikan hias.

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA