Inilah Cara Restart Android Tanpa Tombol Power

0
Inilah Cara Restart Android Tanpa Tombol Power

Inilah Cara Restart Android Tanpa Tombol Power

Setiap ponsel tentu memberikan layanan restart bagi penggunanya. Restart juga bisa dikenal dengan istilah reboot ini memiliki fungsi yang sangat penting pada ponsel. Adapun pengertian dari restart dalam hal ini adalah proses menyalakan ulang sistem pada perangkat ponsel sehingga semua aplikasi yang berjalan akan dimatikan. Kemudian perangkat ponsel akan dihidupkan dan semua sistem dijalankan kembali secara otomatis.

Fungsi dilakukannya restart ini adalah sangat penting terlebih jika ponsel mengalami kondisi-kondisi tertentu. Misalkan saja ponsel berhenti secara mendadak, jika baru saja menginstall aplikasi tertentu, apabila smartphone mengalami beban berat sehingga butuh penyegaran, dan lain sebagainya. Namun terkadang pengguna ponsel akan dihadapkan dengan masalah tidak berfungsinya tombol restart.

Baca juga: Inilah Cara Membuat Android Menjadi Premium

Hal ini tentu menjadi masalah yang cukup besar dalam menghidupkan kembali smartphone sehingga dapat digunakan secara normal. Namun tidak perlu khawatir akan hal tersebut, karena jika kamu mengalaminya  masih terdapat cara restart android tanpa tombol power. Cara tersebut dapat kamu lakukan dengan beberapa pilihan berikut ini.

Restart Dari Menu Boot


Cara yang pertama ini dapat kamu lakukan jika smartphone kamu dalam keadaan mati. Melakukan restart dengan cara uang juga bisa disebut dengan recovery mode ini dapat menyelesaikan berbagai masalah pada ponsel. Cara ini dapat dilakukan dengan memasukkan menu boot atau recovery mode pada ponsel kamu dengan langkah-langkah dibawah ini.

  1. Langkah pertama yang dilakukan adalah melakukan kombinasi tombol untuk dapat masuk dalam menu boot. Dalam hal ini setiap perangkat ponsel akan memiliki tombol kombinasi yang berbeda-beda. Adapun kombinasi yang paling umum adalah tombol Home + Volume atas +Volume bawah. Selain itu juga ada kombinasi tombol Home + Power, tombol Home + Power + Volume bawah, dan lain sebagainya. Untuk dapat memastikanmya, kamu dapat mencarinya melalui internet.
  2. Setelah menemukan tombol kombinasi pada ponsel kamu, maka langkah selanjutnya tekan hingga muncul menu recovery kemudian lepaskan. Akan ditampilkan beberapa opsi, dalam hal ini pilih menu sistem Reboot sekarang atau dalam bahasa inggris yaitu reboot system now.
  3. Setelah itu, ponsel kamu akan langsung melakukan restart seperti yang kamu inginkan.

Restart Android Melalui Android Debug Bridge (ADB)


Cara kedua ini juga dapat kamu lakukan jika ponsel dalam keadaan mati. Selain itu syarat untuk dapat melakukan restart dengan cara ini adalah kamu harus mengaktifkan USB Debugging sebelumnya pada ponsel kamu. Melakukan restart dengan cara ini juga sangat mudah untuk dilakukan yaitu dengan langkah-langkah berikut ini.

  1. Langkah awal adalah dengan mendownload Android Studio dan alat SDK pada komputer atau laptop. Kamu dapat mencarinya dengan mudah melalui internet.
  2. Setelah download selesai maka dapat langsung kamu install. Jika sudah berhasil maka kunjungi lokasi dimana kamu telah melakukan install ADB.
  3. Setelah itu kamu harus membuka command prompt dengan tetap mengarahkan lokasi direktori ADB pada komputer kamu.
  4. Hubungan ponsel kamu dengan komputer menggunakan kabel USB lalu beralihlah menuju layar komputer memastikan untuk mengaktifkan ADB Debugging.
  5. Lakukan perintah ADB devices melalui command prompt, dalam hal ini kamu harus memasukkan ID perangkat beserta namanya.
  6. Setelah itu, lakukan perintah dengan menuliskan “-s adb <Device ID>reboot”.
  7. Selanjutnya tunggu sebentar, smartphone kamu akan dapat melakukan restart kembali.

Menggunakan Aplikasi Sebagai Pengganti Tombol Power


Cara ini dapat kamu lakukan jika ponsel dalam keadaan hidup dimana hal ini akan jauh lebih mudah untuk dilakukan. Adapun cara yang dilakukan adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi pendukung pada ponsel. Dengan aplikasi tersebut kamu dapat melakukan restart hanya dengan tombol lainnya yaitu dengan tombol volume yang dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut ini.

  1. Pertama kamu harus menuju ke google playstore untuk mendownload aplikasi Power Button to Volume Button .
  2. Setelah berhasil didownload maka kamu dapat langsung menginstalnya dan langsung dilanjutkan dengan membuka aplikasinya.
  3. Kemudian pilih Enable dan ceklis menu yang terdapat di dalamnya yaitu Boot dan juga Screen Off.
  4. Langkah selanjutnya adalah menekan bagian Screen Off hingga muncul tampilan konfirmasi izin Administrator. Dalam hal ini kamu harus menekan opsi Aktifkan.
  5. Setelah itu secara otomatis tombol volume pada ponsel kamu memiliki fungsi yang sama seperti tombol power. Dalam hal ini kamu tidak hanya dapat menggunakannya untuk restart. Akan tetapi juga menghidupkan atau mematikan layar seperti fungsi yang terdapat pada tombol power pada ponsel kamu.

Nah, itulah beberapa cara restart android tanpa tombol power yang dapat kamu lakukan dengan mudah. Melalui cara-cara diatas kamu dapat melakukan restart meskipun tombol power ponsel kamu dalam keadaan rusak.