Inilah Cara Mengunci Folder dengan Mudah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Cara-Mengunci-Folder[1]
Daftar Topik

Siapa yang terkadang geram jika folder yang berisi privasi dengan mudah dibuka dan dilihat orang lain? Nah, ada beberapa cara agar folder kamu tidak dapat dibuka orang lain dengan mudah yaitu dengan diberi kode tertentu atau password. Sehingga file-file didalam folder dapat tersimpan rapi dan tidak mudah untuk diketahui orang lain.

Di era dengan pesatnya perkembangan teknologi ini, kamu tidak perlu khawatir lagi dengan file-file yang bersifat privasi di komputermu. Karena, ada cara untuk ‘menyimpannya’ dengan aman dan menjaga privasi kamu. Caranya yaitu dengan mengunci folder di komputer, simak penjelasan berikut, yuk.

Mengunci Folder dengan Menggunakan Password


Kamu dapat mengunci folder di komputer kamu dengan mudah dengan menggunakan operating system Windows. Kamu dapat menerapkan cara ini di windows versi manapun, mulai dari Windows XP, Windows 7 hingga Windows 10. Kamu tidak perlu menginstal aplikasi lain di komputermu. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat folder dengan nama yang kamu inginkan, di dalam contoh ini folder diberi nama “Penting”, lalu buka ke dalam folder itu.
  2. Bukalah notepad dan gandakan script program.
  3. Kemudian paste script program diatas kedalam notepad. Setelah itu carilah kata “password di sini” dan ganti dengan password yang kamu inginkan pada folder. Misalnya kamu bisa menggunakan password dengan kata ‘disini’.
  4. Lalu save notepad di dalam folder yang akan kamu kunci dan merubah ekstensi file menjadi “.bat”. lalu pada row “Save as Type” diganti dengan pilihan “All Files” dan klik “save” atau simpan.
  5. Setelah itu, double klik pada file ekstensi .bat lalu muncul folder baru dengan nama “Private”.
  6. Masukkan file yang akan kamu kunci dengan password ke dalam folder “Private” itu.
  7. Setelah semua file dimasukkan, lalu double klik pada file ekstensi .bat
  8. Akan muncul script dan ketik Y maka folder privasi kamu akan terhidden bukan hilang.

Menggunakan Folder Enkripsi atau Encryption


Cara ini hanya dapat digunakan oleh pengguna Operating System Windows 10 Pro. Password yang digunakan adalah password untuk login ke akun Microsoft di komputer kamu. Cara ini terbilang cukup efektif dan lebih mudah karena tidak perlu menggunakan script program ataupun software pihak ketiga. Berikut langkah-langkah cara mengunci folder:

  • Pertama yaitu double click pada folder yang akan di password lalu pilih menu “Properties”.
  • Selanjutnya, maka akan muncul dialog Properties dan pilihlah tombol “Advanced”
  • Langkah ketiga yaitu menghilangkan centang pada pilihan bertuliskan “encrypt contents to secure data”, lalu klik “OK”.
  • Terakhir, klik kata “Apply” lalu akan muncul pilihan untuk menerapkan pada semua folder atau hanya folder luarnya saja. Pilihlah salah satu, lalu klik “OK” untuk menyelesaikan.

Mengunci Folder Menggunakan Aplikasi 7Zip


Pada cara ini kamu memerlukan bantuan pihak ketiga yaitu 7Zip untuk mengunci folder kamu. Kamu tahu apa itu 7Zip? Merupakan aplikasi pengarsip berkas sumber terbuka yang menggunakan ekstensi. Selain itu, digunakan pula untuk membuka dan menulis dalam beberapa ekstensi file .rar, .zip, .tar.

Untuk melakukan cara ini, komputer kamu harus terinstall aplikasi 7Zip. Perlu diingat sebelum menggunakan aplikasi ini, kamu harus kompres (compress) folder yang kamu inginkan kedalam ekstensi .rar/.zip/.tar. sesuai langkah berikut:

  • Langkah pertama yang dilakukan adalah mengunduh dan install aplikasi 7Zip ke dalam PC/Laptop yang kamu gunakan untuk mengunci folder kamu.
  • Merubah ekstensi folder dengan cara klik kanan pada folder, lalu arahkan kursor ke 7Zip dan pilihlah “Add to Archive”
  • Lalu akan muncul tampilan baru yang akan bisa digunakan untuk pengaturan password.
  • Langkah keempat yaitu memasukkan password yang akan digunakan ke dalam kolom “Enter Password” atau “Masukkan Password” dan “Re Enter Password” atau “Masukkan kembali kata sandi” kemudian klik “OK”.
  • Langkah penguncian telah selesai, jika kamu ingin tahu folder yang kamu kunci telah benar-benar terkunci dapat kamu lakukan dengan membuka folder dengan 7Zip itu. Lalu klik kiri satu kali pada simbol folder, maka akan terlihat gambar kunci pada bagian bawah kotak dialog tersebut.

Itulah penjelasan tentang cara mengunci folder kamu di komputer atau laptop. Kamu tidak perlu khawatir atau was-was jika ada yang mencoba kepo dengan folder yang di komputer kamu karena telah aman terkunci atau “tersembunyikan”. Kamu dapat dengan mudah menerapkan pada komputer atau laptop kamu. Dengan  cara ini kamu tidak perlu melakukan hidden folder untuk file penting karena bisa menguncinya dengan mudah.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA