Inilah Cara Menghilangkan Bau Kaki yang Paling Ampuh Hingga Tuntas

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
kaki-bauuuuuu[1]
Daftar Topik

Bau kaki adalah hal yang menakutkan bagi semua orang, khususnya bagi para pekerja yang setiap harinya harus menghadiri meeting dengan klien atau melakukan presentasi di hadapan banyak orang. Akan menjadi suatu permasalahan yang serius apabila pekerja tersebut bekerja di salah satu restoran yang pekerjaannya sebagai pelayan. Tentunya hal tersebut dapat mengganggu para pelanggan yang datang ke restoran tersebut.

Ada banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan seseorang memiliki kaki dengan bau yang tidak sedap dan hal itulah yang paling sulit ditebak. Akan tetapi, secara umum ada beberapa hal yang menyebabkan kaki mengeluarkan bau yang menyengat adalah pola hidup yang tidak sehat.

Contohnya adalah ketika kamu habis memakai kaus kaki dan sepatu selama satu hari penuh dan tidak mencuci kaki menggunakan sabun antibakteri, maka keringat masih akan menempel pada seluruh area kaki yang tertutupi ditambah lagi dengan campuran bakteri yang ada di kaki kamu. Hal ini lah yang tidak kita sadari dapat membuat kaki memiliki bau yang tidak sedap. Berikut merupakan beberapa cara untuk menghilangkan bau tidak sedap pada kaki.

Cara Menghilangkan Bau Kaki

Gunakan Antiperspirant

Antiperspirant merupakan salah satu bahan kosmetik yang berbentuk krim seperti yang dipakai untuk membersihkan wajah. Tetapi, Antiperspirant ini hanya difungsikan untuk kaki saja.

Cara menggunakan antiperspirant ini adalah dengan mengoleskannya pada telapak kaki untuk mengurangi keluarnya keringat pada kaki, karena pori-pori akan dipersempit dan saluran yang menuju kelenjar keringat pun akan di blok oleh krim ini. Dengan demikian, aktivitas yang kamu lakukan sehari-hari tidak akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan kakimu. Intinya, seseorang yang menggunakan antiperspirant sebelum mengenakan kaus kaki dan sepatu akan terhindar dari masalah bau kaki.

Rendam kaki dalam air yang tercampur baking soda

Jika kamu memiliki cukup waktu luang untuk melakukan perawatan pada kaki setelah mengenakan kaus kaki dan sepatu selama seharian, maka cobalah rendam kaki kamu pada air yang telah dicampurkan dengan baking soda.

Baking soda berfungsi untuk meminimalisir jumlah bakteri yang menyebabkan bau yang dihasilkan pada kaki dan bukan mengurangi kadar keringat yang keluar dari kaki kamu. Atau, jika kamu tidak memiliki waktu yang cukup maka kamu bisa mencuci kaki kamu dengan air baking soda yang juga cukup efektif untuk mengurangi bau yang keluar. Pada intinya, baking soda dapat kamu gunakan untuk menyerap bau yang tidak sedap.

Beri asupan suplemen Zinc dan Magnesium

Pada saat tubuh sedang kekurangan zinc dan magnesium, maka akan terjadi peningkatan bau pada seluruh bagian tubuh, itulah yang disampaikan oleh salah seorang peneliti dari Columbia University. Para Ilmuwan di sana juga sepakat bahwa menambah asupan seng dan magnesium dapat mengurangi keluarnya keringat dari dalam tubuh kita.

Untuk mendapatkan zinc, kamu bisa mengkonsumsi makanan seperti biji labu, daging sapi, yoghurt dan ikan salmon. Sementara itu, jika kamu ingin mendapatkan kebutuhan gizi yang berupa magnesium, kamu bisa mendapatkannya dengan mengkonsumsi beras merah, kacang hitam dan kacang almond. Akan tetapi, sebelum bertindak kamu harus melakukan konsultasi terlebih dahulu bersama dokter.

Gunakan kaos kaki dengan bahan dasar katun

Bahan katun adalah salah satu bahan yang akan menyerap keringat ketika dipakai. Maka, jika kamu akan mengenakan sepatu sebaiknya kamu menggunakan kaus kaki yang berbahan dasar katun atau wol. Walaupun harganya yang sedikit agak mahal, tetapi bahan ini sangat baik jika digunakan karena keringat kamu akan terserap oleh bahan yang satu ini. Oleh karena itu, kamu tidak perlu merasa rugi karena uang yang kamu keluarkan untuk itu akan membantu memperlancar usaha kamu dalam mencapai kesuksesan.

Bau kaki sendiri tidak akan muncul jika kamu telah menerapkan pola hidup yang sehat dan bersih. Berikut ini merupakan cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah bau tidak sedap muncul pada kaki kamu.

  • Jika kamu memikili sepatu baru, sebaiknya kamu menaburi bubuk kopi terlebih dahulu ke dalam sepatu tersebut.
  • Simpanlah sepatu dan kaus kaki di tempat yang sejuk dan lembab.
  • Jangan pakai sepatu atau kaus kaki yang basah.
  • Selalu cuci kaki sebelum dan setelah memakai sepat agar kaki kamu tetap steril dari berbagai virus maupun kuman.
  • Mencuci sepatu dan kaus kaki yang rutin digunakan untuk bekerja.
  • Jika sepatu dan kaus kaki kamu terkena air hujan, langsung lepaskan sepatu yang kamu pakai lalu lap menggunakan kain dan jemur sampai kering.

Demikian pembahasan mengenai cara menghilangkan bau kaki yang ampuh hingga tuntas. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA