Inilah Cara Membuat Visa Korea bagi WNI

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Siapa sih yang tidak ingin berlibur ke Korea? Apalagi di Korea sendiri banyak tempat wisata favorit dan menjadi tempat favorit bagi orang-orang Indonesia. Apalagi di Korea memiliki kekayaan wisata seperti wisata budaya, wisata alam, fashion, kecantikan sampai dengan kuliner.

Akan tetapi, sebagai warga negara Indonesia tentunya kamu masih perlu visa agar dapat berlibur ke Korea. Kamu juga tak perlu khawatir lagi, sebab membuat visa Korea bagi warga negara Indonesia tidaklah sulit. Bahkan, dari pemerintah Korea sendiri sudah menyiapkan juga multiple visa yang bisa selama 5 tahun untuk warga negara Indonesia yang sudah memenuhi syarat. Dengan adanya fasilitas multiple visa tersebut, maka kamu pun bebas untuk masuk keluar Korea dengan maksimal kunjungan hingga 30 hari selama waktu 5 tahun tersebut. Sangat mengasyikkan bukan?

Nah, apabila kamu bukan warga negara Indonesia yang sudah bisa dikatakan memenuhi syarat memperoleh multiple visa ke Korea tersebut, maka kamu pun tak perlu khawatir. Hal tersebut dikarenakan kamu pun masih tetap bisa mengajukan aplikasi single visa yang mana durasi maksimal waktunya 90 hari. Selain itu, kamu juga bisa mengajukan double visa yang hanya berdurasi waktu berkunjungnya selama maksimal 30 hari saja untuk kedatangan 2 kali.

Dokumen yang Diperlukan


Dalam membuat visa ke Korea, tentunya kamu membutuhkan syarat-syarat tertentu. Nah, salah satu syarat pentingnya adalah berupa dokumen-dokumen. Tahukah kamu apa saja dokumen yang dibutuhkan dalam membuat visa ke Korea?

  • Formulir Aplikasi Visa

Dokumen yang dibutuhkan untuk membuat visa ke Korea yang pertama yaitu formulir aplikasi visa yang mana kamu harus mengisinya secara lengkap. Kamu juga harus menyertakan foto yang akan ditempel di kolom foto.

  • Paspor Asli dan Fotokopi Identitas Paspor (Paspor Lama Jika Ada)

Apabila sebelumnya kamu sudah pernah berkunjung ke negara OECD yaitu Autria, Denmark, Belgia, Jerman, Perancis, Yunani, Irlandia, Iceland, Luksemburg, Italia, New Zeland, Belanda, Portugal, Norwegia, Swedia, Spanyol, Inggris, Swiss, Australia, Amerika, Finlandia dan Kanada. Nah, jika kamu pernah mengunjungi negara-negara tersebut, maka kamu juga bisa melampirkan fotocopy visanya.

  • Surat Keterangan Kerja atau Surat Keterangan Mahasiswa Asli

Kamu juga bisa melampirkan surat keterangan kerja maupun surat keterangan mahasiswa yang asli dan ditulis dalam bahasa Inggris. Bahkan jika kamu seorang wirausaha, maka kamu dapat melampirkan fotocopy surat izin usaha perdagangan.

  • Dokumen Keuangan dan Fotocopy KK

Dokumen keuangan tersebut yaitu rekening koran tabungan selama 3 bulan terakhir yang disertai dengan referensi bank serta bukti potong SPT atau laporan pembayaran pajak atau juga slip gaji. Sedangkan khusus untuk mahasiswa atau pelajar, maka kamu harus melampirkan rekening koran orang tua.

Jika untuk  ibu rumah tangga maupun orang yang tidak bekerja dan juga tidak punya rekening koran pribadi, maka harus menyertakan rekening koran suaminya. Selain dokumen keuangan, maka kamu juga harus melampirkan fotocopy Kartu Keluarga.

Syarat-syarat tambahan bagi kamu yang datang ke Korea atas nama undangan, baik itu undangan perusahaan maupun pribadi:

  • Fotocopy SIUP perusahaan Korea yang mengundang
  • Surat undangan dari pengundang pribadi
  • Fotocopy identitas yang mengundang
  • Surat jaminan dari perusahaan di Korea yang mengundang

Langkah-langkah Pembuatan Visa


Berikut ini langkah-langkah dalam pembuatan visa ke Korea:

  • Mengisi formulir aplikasi visa
  • Seluruh dokumen yang dibutuhkan harus disusun sesuai denganurutannya di atas kemudian distaples rapi
  • Menyerahkan formulir yang sudah diisi serta kelengkapan dokumen kepada kedutaan besar Korea
  • Membayar visa dengan uang tunai kecuali bagi nasabah KEB Hana Bank bisa ditransfer
  • Pembayarannya dilakukan lewat loket yang ada di KEB Han Bank dan menempelkan perangko di dokumen serta diserahkan ke loket konsular.
  • Setelah selesai, maka kamu sudah bisa pulang ke rumah serta menunggu hasil dari aplikasi visanya. Nah, dalam proses pembuatan visa ke Korea tersebut, maka paspor kamu tidak boleh dipinjam. Sedangkan waktu yang dibutuhkan dalam proses pembuatan visa ke Korea ini minimal 6 hari kerja setelah kamu menyerahkan dokumen pembuatan visa.

Sedangkan jika dokumen yang kamu ajukan ternyata masih belum lengkap serta dibutuhkan wawancara, maka lama waktu pengajuan visa ini bisa memakan waktu lebih dari enam hari kerja.

  • Hasil pengajuan visa kamu ke Korea bisa dilihat melalui websitenya di http://idn.mofa.go.kr/ dan apabila visamu telah diterima, maka kamusudah bisa mengambilnya di loket konsulat

Nah, bagaimana sangat mudah bukan dalam pengajuan visa ke Korea? Kini liburan ke Korea pun bisa kamu lakukan tanpa merasa kesulitan lagi. Semoga artikel yang kamu berikan di atas bisa bermanfaat untuk kamu dan semoga artikel ini bisa kamu jadikan sebagai referensi saat kamu akan membuat visa ke Korea.

BACA JUGA! APASIH PERBEDAAN PASPOR DAN VISA MASIH BINGUNG YA? SIMAK PENJELASANNYA BERIKUT!

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA