Inilah Cara Membuat Server Sendiri dengan Mudah

0

Seiring berkembangnya zaman, maka komputer juga akan semakin mengalami perubahan secara signifikan. Mulai dari perubahan bentuk sampai dengan fungsinya. Salah satu fungsi dari komputer yaitu untuk memudahkan manusia di dalam melakukan pengolahan data serta menampilkannya untuk kemudian menjadi sebuah informasi.

Data atau informasi tersebut akan disimpan di dalam suatu tempat yang disebut dengan server. Nah, sampai disini kamu tahu apa itu server?

Pengertian Server


Server merupakan suatu sistem yang di dalamnya telah menyediakan service atau layanan tertentu yang terdapat di dalam suatu jaringan komputer. Server tersebut telah didukung dengan prosesor yang memiliki sifat scala beserta RAM yang cukup besar. Selain itu, server juga telah dilengkapi dengan adanya sistem operasi khusus yang biasanya disebut sebagai suatu sistem operasi jaringan atau network operating system.

Di samping itu, server juga akan menjalankan software atau perangkat lunak administratif yang akan mengontrol akses terhadap suatu jaringan serta sumber daya yang terdapat di dalamnya, sebagaimana berkas atau alat pencetak serta akan memberikan akses pada workstation anggota jaringannya.

Apakah kamu salah satu orang yang sering merasa bingung  untuk mencari hosting secara gratis yang hanya bisa diakses oleh orang lain saja? Nah, padahal cara untuk membuat server sendiri dengan mudah dan bahkan tak perlu membayar loh. Kamu bisa memakai komputer sendiri dan internet. Lalu bagaimana sih caranya?

Di bawah ini akan kami ulas tentang bagaimana caranya membuat server sendiri dengan sangat mudah. Yuk, langsung simak saja artikelnya agar langsung paham.

Cara Membuat dan Mengaktifkan Server



Kita awali dahulu cara membuat server sendiri dengan mudah dengan langkah-langkah seperti di bawah ini dengan membuat serta mengaktifkan server.

  • Cara pertama yang harus kamu lakukan dalam membuat dan mengaktifkan server yaitu dengan mendownload XAMPP dan diinstall
  • Cara yang selanjutnya dalam membuat dan mengaktifkan server yaitu setelah mendownload dan menginstal XAMPP yaitu masuk ke default router. Apa sih default router itu? Kemudian cara untuk mengetahuinya yaitu kamu bisa masuk dan menuju ke CMD (start – run – CMD) lalu selanjutnya ketik “IPCONFIG” lalu cari “default gateway”. Nah itu dia yang disebut dengan default router/gateway.
  • Langkah selanjutnya setelahsetelah mendapatkan defaultgateway/router, misalnyasaja 192.168.1.1 sekarang buka alamat tersebut di browser. Selanjutnya akan ada perintah untuk memasukkan trust password. Nah, maka kamu bisa memasukkan user : admin, password : admin juga.
  • Setelah itu lanjutkan dengan masuk ke advance option – virtual server – NAT. Akan tetapi mungkin saja pada setiap router berbeda-beda, akan tapi pastinya akan ada pilihan untuk virtual server.
  • Selanjutnya yaitu kamu harus mengisi data-data yang disediakan. Sedangkan untuk local IP Address maka bisa diisi dengan ip address local. Cara Untuk melihatnya yaitu dengan membuka CMD dan ketik IPCONFIG, selanjutnya lihat di IPV4 Address, itulah yang dinamakan dengan local ip address. Isilah sesuai dengan apa yang tertera di dalam ipconfig tersebut.
  • Setelah itu klik save dan server buatan sendiri pun sudah jadi dan siap dipakai.

Cara Mengisi File di Server


Jika kamu sudah berhasil membuat server sendiri sebagaimana langkah-langkah di atas, maka selanjutnya kami akan memberikan ulasan bagaimana cara untuk mengisi file di dalam server. Penasaran bagaimana caranya? Sebenarnya caranya juga sangat mudah, yaitu kamu hanya tinggal membuka folder XAMPP yang mana sudah kamu install sebelum kamu membuat server di awal tadi.

Jika kamu sudah membuka folder XAMPP, maka lanjutkanlah dengan membuka folder htdocs. Nah, di dalam folder tersebutlah yang nantinya kamu hanya tinggal menaruhkan saja file-file milikmu di server. Atau mungkin kamu bisa mengganti index.phpnya dengan index.php/index.html milik kamu sendiri.

Apa sih Alamat Server Milik Saya ?



Cara mengetahui alamat server kamu agar bisa diakses semua orang adalah dengan cara mencari IP public milik kamu. Caranya mudah, kamu hanya tinggal buka
http://www.whatsmyip.org/ saja dankemudian nanti jika ada orang lain yang ingin mengakses server tinggal berikan saja IP Public milikmu.

Apakah Server Bisa Tetap Hidup Terus?


Mungkin kamu memiliki pertanyaan yang selama ini disimpan tentang apakah server masih tetap bisa hidup sampai seterusnya? Selama komputer hidup, maka server akan hidup. Akan tetapi jika komputer kamu mati, maka server juga akan ikut mati!

Nah, itulah tadi bagaimana caranya untuk membuat server sendiri dan bagaimana pengertian dari server. Dengan mengetahui cara membuat server sendiri di atas, semoga bisa menginspirasi kamu untuk bisa melakukannya juga di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca terutama kamu yang ingin tahu bagaimana cara membuat server sendiri dengan mudah. Selamat mencoba.

BACA JUGA! CARA MELACAK IP ADDRESS TANPA MENGGUNAKAN APLIKASI