Inilah Cara Membuat Rambut Keriting Gantung Alami Tanpa Alat

0
Cara-Membuat-Rambut-Keriting-Gantung-Alami-Tanpa-Alat[1]

Untuk kebutuhan penampilan wanita, khususnya yang tidak berhijab, styling rambut adalah hal yang lumrah. Baik diluruskan maupun dibuat keriting menggunakan catokan. Tapi ternyata terlalu sering menggunakan catok dan alat styling rambut lainnya bisa memberi efek buruk bagi rambut. Tetapi styling rambut menjadi keriting ternyata bisa dilakukan dengan cara alami. Berikut ini juga akan dibahas bagaimana cara membuat rambut keriting gantung alami tanpa alat styling.

Inilah Efek Buruk Penggunaan Alat Styling Rambut yang Terlalu Sering

Inilah-Cara-Membuat-Rambut-Keriting-Gantung-Alami-Tanpa-Alat[1]Sebelum membahas cara styling rambut menjadi keriting secara alami, berikut ini penjelasan dampak buruk apa saja jika kamu terlalu sering menggunakan catokan. Baik catokan untuk meluruskan rambut maupun untuk membuat keriting.

Pertama rambut kamu bisa menjadi sangat kering karena panas yang dihasilkan catokan atau curly iron. Terlebih jika kamu tidak memakaikan hair vitamin sebelum melakukan styling. Jika rambutmu menjadi kering dan tetap melakukan styling rambut setiap hari, kerusakan rambutmu bisa semakin parah. Yaitu rambutmu akan menjadi merah dan juga bercabang di ujungnya. Pasti hal tersebut akan sangat mengganggu penampilanmu.

Selain rambut bercabang, rambut kamu juga bisa rontok karena kekurangan nutrisi. Panas yang dihasilkan alat styling bisa merusak nutrisi yang ada pada rambut, sehingga rambut akan mudah patah dan rontok.

Selain itu, jika kondisi rambutmu parah terkadang juga akan menimbulkan rasa gatal dan kulit kepala yang melepuh. Jika kamu pernah mengalaminya, tandanya kulit kepalamu mengalami alergi. Solusinya adalah segera hentikan penggunaan alat styling rambut dan rawat kembali rambutmu dengan baik.

Nah, ternyata cukup banyak efek buruk yang bisa disebabkan oleh terlalu seringnya memakai catokan. Kamu tidak mau kan jika rambut kamu rusak dan menjadikanmu tidak percaya diri. Maka dari itu, pakailah cara dan metode yang alami dan aman untuk styling rambutmu.

Bagaimana Cara Membuat Rambut Keriting Alami?

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa mengeriting rambut dapat dilakukan dengan cara yang alami. Dengan cara yang alami, rambutmu akan terhindar dari kerusakan-kerusakan yang telah disebutkan di atas. Apa saja sih cara yang bisa dilakukan? Berikut ini informasinya.

  • Mengeriting Rambut Dengan Roll Rambut

Sebelum memulai mengeriting rambut adalah dengan menggunakan mousse pada seluruh bagian rambut. Penggunaan mousse ini ditujukan agar rambut lebih lembab dan keriting rambut lebih awet dan tahan lama.

Cara membuat rambut keriting gantung alami tanpa alat yang pertama adalah menggunakan roll rambut. Kamu pasti tahu kan roll rambut itu seperti apa atau bahkan memilikinya. Kebanyakan wanita menggunakan roll rambut ini hanya untuk membuat poni lebih bervolume. Tetapi ternyata kamu bisa juga menggunakannya untuk membuat rambut menjadi keriting gantung.

Baca juga: 6 Cara Membuat Rambut Keriting Gantung Tanpa Ke Salon

Cara menggunakan roll rambut ini yaitu dengan membagi rambut beberapa bagian dan mulai menggulungnya dengan roll rambut dari ujung dan menguncinya. Kamu memang butuh waktu yang luang jika ingin mendapatkan bentuk keriting yang kamu inginkan. Jadi, jika kamu ingin membuat rambutmu keriting untuk acara pesta di malam hari, kamu bisa mulai roll rambutmu mulai pagi atau siang hari.

  • Mengeriting Dengan Menggunakan Hairdini

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan hairdini, yaitu sejenis roll rambut tetapi dengan bahan dan sifat yang berbeda. Jika roll rambut biasanya memiliki diameter yang besar dan kaku, maka hairdini ini kebalikannya. Tekstur hairdini ini sangat fleksibel dan juga memiliki diameter yang lebih kecil. Caranya hampir sama dengan memakai roll rambut, bedanya saat sudah di pangkal rambut, kunci atau bentuk hairdini menjadi lingkaran seperti donat agar rambut tidak terlepas.

  • Mengeriting Rambut Dengan Kaos Kaki

Membuat rambut menjadi keriting gantung bisa dilakukan dengan memanfaatkan kaos kaki yang masih bersih. Yaitu pertama gunting bagian ujung kaos kaki sehingga tidak buntu dan bisa digulung seperti donat. Selanjutnya mulai gulung atau lilit rambutmu yang telah dibagi sebelumnya pada kaos kaki dan mulailah dari ujung. Gulung dan lilit terus hingga pangkal atau hingga bagian yang kamu inginkan untuk dikeriting. Biarkan gulungan tersebut hingga 6 atau 8 atau kamu tinggal tidur di malam hari. Keesokan harinya ketika dibuka, maka kamu akan mendapati rambut keriting gantung yang menawan.

Ternyata cara membuat rambut keriting gantung alami tanpa alat sangatlah mudah. Membuat rambut keriting dengan cara alami memang lebih lama dibandingkan menggunakan curly iron atau catokan, tetapi hasilnya akan membuat rambutmu jauh lebih sehat. Jika kamu ingin memiliki rambut keriting gantung yang sehat dan cantik, cobalah beberapa tips dan cara di atas.

Selamat mencoba!