Inilah Cara Membuat Periskop Sederhana dan Mudah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
62-periskop
Daftar Topik

Periskop merupakan sebuah alat yang digunakan untuk melihat sesuatu benda dengan sudut pandang yang lebih tinggi. Periskop juga dipakai pada abad ke-20 untuk kebutuhan militer. Kamu bisa membuat periskop sederhana sendiri memakai cermin biasa di rumah.Ada 2 metode pembuatan periskop yaitu menggunakan bahan karton dan menggunakan bahan pipa PVC.

Metode 1 Membuat Periskop dari Karton


yang pertama adalah pembuatan periskop dari karton, langkah-langkahnya:

  • Carilah cermin sejumlah dua buah yang memiliki ukuran hampir sama

Kamu bisa memakai cermin datar yang berbentuk lingkaran, persegi maupun bentuk lainnya. Bentuk dari kedua cermin tidak harus sama, namun kedua cermin tersebut harus cukup ketika dimasukan ke dalam karton.

  • Potonglah karton susu pada bagian atas

Siapkan karton susu yang sudah kosong sejumlah 2 buah.Ukurannya kira-kira satu liter dan cukup besar agar pas ketika dimasuki cermin. Potong lalu buanglah bagian dari atas karton yang bentuknya berupa segitiga. Kemudian Untuk menghilangkan bau susunya cuci karton tersebut.Selain karton susu, Kamu bisa memakai karton yang bentuknya tabung.

  • Lekatkanlah dua karton tersebut

Agar menjadi sebuah kotak karton yang panjang,lekatkan kedua ujung dari kotak karton yang terbuka menggunakan selotip. Rekatkanlah satu sisi bagian dalam,kemudianagar sambungannya kuatrekatkan ke empat bagian sisi bagian luar karton.

  • Buatlah lubang pada satu sisi seukuran dengan cermin

Letakkanlah cermin pada satu sisi karton dengan ukuran sekitar 1/4 inci atau 6 mm dari ujung karton.Buatlah garis menggunakan pensil dengan cara meletakkan cermin di bagian atas karton, kemudianuntuk membuat lubangpotong menelusuri garis tersebut.Pipihkan tabung jika Kamu memakai karton dengan bentuk tabung.

  • Masukkanlah cermin ke dalam lubang pada posisi kemiringan sudut sebesar 45 derajat

Rekatkanlah cermin ke sisi bagian dalam karton memakai double tip terhadap lubang yang sudah dibuat. Aturlah posisi hingga seluruh permukaan cermin bisa nampak melalui lubang tersebut.Arahkan permukaan cermin tersebut dengan kemiringan sudut sebesar 45 derajat ke bagian ujung karton yang lainnya.

  • Buatlah lubang pada ujung karton yang satunya, menghadapnya ke arah yang berlawanan

Letakkan karton di depan Kamu untuk mengetahui di mana harus membuat lubang.Lubang yang baru saja dibuat pastikan letaknya ada di atas. Putarlah karton hingga lubang tersebut menghadap ke arah sisi berlawanan. Buatlah lubang yang kedua di bagian bawah yaitu pada sisi yang menghadap Kamu sekarang.

  • Masukkan cermin kedua pada lubang yang baru dibuat

Pastikan bahwa Kamu bisa melihat permukaan cermin tersebut seperti cermin yang pertama.Buatlah cermin yang kedua dengan kemiringan 45 derajat menghadap ke cermin pertama.

  • Coba lihatlah pada satu lubang dan aturlah posisi cermin

Jika gambar yang dipantulkan tidak jelas, maka Kamu bisa mengatur posisi kemiringan cermin periskop. Kamu bisa melihat gambaran yang jelas jika kedua cermin sudah dalam posisi kemiringan sebesar 45 derajat.

  • Kuatkan rekatan cermin yang ada pada periskop

Jika untuk menjaga supaya cermin tetap di tempat menggunakan double tip tidak cukup, maka gunakan saja lem. Sesudah rekatan cermin kuat, Kamu bisa periskop untuk melihat sesuatu hal yang terhalangi oleh keramaian.

Metode2 Membuat Periskop dari Pipa PVC


Metode ke 2 yaitu pembuatan periskop dengan bahan dasar pipa PVC, langkah-langkahnya:

  • Carilah pipa PVC sejumlah satu atau dua buah

Siapkanlah Pipa PVC yang panjangnya kira-kira sekitar 12 inchi hingga 20 inchi. Semakin panjang pipa PVC tersebut, maka akan semakin kecil objek atau gambar yang dipantulkan. Kamu juga bisa memakai dua buah pipa yang ukurannya sedikit berbeda.

  • Pasanglah sambungan pipa berbentuk huruf L pada setiap ujungnya

Supaya membentuk periskop pasanglah sambungan tersebut pada masing-masing ujung pipa. Pastikan bahwa ujung yang terbuka menghadapnya ke arah berlawanan.

  • Carilah cermin yang cukup dimasukkan ke dalam pipa

Agar Bisa dimasukkan ke dalam ujung pipa, maka cermin harus memiliki ukuran yang cukup kecil. Akan lebih mudah jika memakai cermin bundar.

  • Masukkanlah cermin dengan kemiringan sudut sebesar 45 derajat

Lihatlah ke bagian cermin yang baru saja dimasukkan. Aturlah posisi cermin hingga nampak bagian ujung sambungan dari pipa yang satunya.

  • Masukkanlah cermin kedua pada ujung sambungan pipa yang satunya

Aturlah posisi cermin hingga mencapai kemiringan sebesar 45 derajat dan supaya cahaya bisa dipantulkan dari cermin pertama menuju ke cermin kedua.

  • Aturlah posisi cermin pada periskop

Posisi cermin diatur hingga objek bisa nampak jelas dilihat melalui periskop. Perkuat rekatan cermin pada pipa memakai lem plastik, lem pipa maupun beberapa lapisan double tip setelah bisa melihat objek dengan jelas.

Nah, Kamu bisa memilih salah satu diantara kedua metode diatas. Pilihlah metode yang menurut Kamu paling mudah atau mungkin menyesuaikan dengan bahan yang ada di rumah.

BACA JUGA! KREASI DAN CARA MEMBUAT PESAWAT KERTAS YANG UNIK

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP