Inilah Cara Buat Anak Panah Crossbow dengan Mudah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
201-anak panah 5
Daftar Topik

Crossbow atau yang biasa disebut dengan busur silang, merupakan busur yang cara penggunaannya secara horizontal dan tertempel pada badan busur atau gagang. Crossbow memakai anak panah dengan ukuran pendek atau yang biasa disebut dengan bolt. Anak panah crossbow tidak sama dengan anak panah pada umumnya. Anak panah crossbow memiliki ukuran lebih pendek dibandingkan anak panah pada biasanya.

Unsur utama pada busur adalah anak panah. Sebagus apapun busurnya, apabila anak panahnya tidak bagus dan tidak memenuhi standar menjadi sebuah anak panah, maka akan tidak ada gunanya, karena fungsi busur adalah melesatkan anak panah.

Pembuatan anak panah crossbow pada umumnya sama dengan pembuatan anak panah seperti busur lainnya tapi tetap saja ada sedikit perbedaan. Berikut merupakan pembuatan anak panah crossbow.

Bahan Pembuatan Anak Panah Crossbow


Bahan yang dapat digunakan untuk membuat anak panah beragam dan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bahan pembuatan anak panah bisa memakai rotan, fiber, besi, bambu ataupun kayu.

Pada ujung panah atau pada mata panah harus dibuat dengan memakai bendeng yang keras pada bagian ini memiliki fungsi sama dengan bagian ujung tombak, yaitu agar dapat melesat dengan baik dan arah sasarannya tidak berbelok serta dapat mengenai sasaran yang diinginkan dengan tepat.

Mempersiapkan Panjang dan Diameter Anak Panah Crossbow


Pada umumnya, naka panah crossbow memiliki panjang 35 cm, yang artinya lebih pendek 25 cm dari anak panah pada umumnya. Untuk diameter pada anak panah crossbow bisa menggunakan diameter besar ataupun kecil. Diameter pada anak panah mempengaruhi daya lesat dan daya rusak dari anak panah itu sendiri.

Anak panah yang memiliki diameter besar memiliki kecepatan sedang namun memiliki daya rusak yang tinggi karena badan anak panah memiliki tekanan yang besar saat mata anak panah mengenai sasaran.

Anak panah dengan diameter kecil, memiliki daya lesat yang sangat cepat namun besar daya rusaknya tidak sebesar anak panah diameter besar, hal tersebut dikarenakan, tekanan yang diberikan pada saat mata anak panah mengenai sasaran, tidaklah sebesar anak panah diameter besar.

Penyeimbang Anak Panah Crossbow


Dalam pembuatan anak panah crossbow yang tak kalah penting adalah penyeimbang pada anak panah tersebut. Penyeimbang tersebut berguna agar anak panah memiliki arah yang lurus saat dilesatkan. Penyeimbang pada anak panah terdapat pada bagian belakang atau ekor anak panah.

Pada penyeimbangan anak panah bisa menggunakan sayap buatan atau bulu buatan yang biasanya terbuat dari kertas, bulu unggas, kain, plastik dan bahan-bahan lainnya.

Pembuatan Anak Panah Crossbow


  1. Kayu atau bahan yang telah dipersiapkan untuk membuat anak panah seperti rotan, bambu dan sebagainya diserut menggunakan pisau atau bahasa jawanya, disisiki agar memiliki permukaan yang halus. Cara ini harus dilakukan secara merata dan menyeluruh, agar seluruh permukaan kayu menjadi halus dan tidak hanya pada satu sisi saja.
  2. Kamu juga harus mempertimbangkan ketebalan kayu yang sesuai dengan shaft atau penyeimbang di bagian ekor anak panah.
  3. Selanjutnya, buatlah penyeimbang anak panah dari bahan yang kamu inginkan. Apabila kamu membuatnya dari kertas maka bentuklah kertas menjadi penyeimbang anak panah yang biasa kamu lihat pada anak panah umumnya. Pada penyeimbang anak panah, harus memiliki lebar dan ukuran yang sama pada kedua sisi, agar anak panah seimbang. Setelah itu, tempelkan pada bagian ekor anak panah.
  4. Untuk membuat bagian kepala anak panah, dapat menggunakan bahan keras yang tajam, yaitu menggunakan paku.
  5. Kepala paku terlebih dahulu dipotong, dapat menggunakan tang atau sejenis alat potong lainnya. Sedangkan pada ujung tanah berilah lubang sesuai dengan besar paku yang ingin dimasukkan kepada ujung anak panah.
  6. Masukkan paku pada ujung anak panah dengan hati-hati lalu berilah perekat dengan kuat atau sebagainya, agar ujung anak panah tidak jatuh saat dilesatkan. Pemberian lem pada sekitar lubang kayu memiliki tujuan agar, pada saat anak panah mengenai sasaran, kayu yang digunakan sebagai tempat paku tadi tidak pecah karena tekanan dari badan anak panah.
  7. Anak panah crossbow siap digunakan.

Itulah cara pembuatan anak panah crossbow yang banyak dicari para pecinta olahraga panahan. Teknik dalam pembuatan anak panah crossbow, dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan si pemakai anak panah. Meskipun anak panah crossbow memiliki daya lesat cepat dan bagus, akan tetapi apabila busur yang digunakan dalam melesatkan tidak kuat atau dalam artian lemah entah dari segi pegangan, badan busur atau sebagainya, maka anak panah yang dilesatkan pun juga memiliki daya lesat yang lemah atau daya lesat yang tidak maksimal. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA! TIGA JENIS OLAHRAGA YANG MEMBUTUHKAN KETEPATAN

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP