Inilah Cara Ampuh Untuk Mengatasi Tidur Ngorok

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Kebiasaan mendengkur ketika tidur atau yang lebih kita kenal dengan istilah ngorok sering kali mengganggu orang lain. suara yang dikeluarkan pada saat tidur membuat orang yang berada di dekatnya akan kesulitan untuk memejamkan mata untuk beristirahat.

Berdasarkan proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh, seseorang menarik dan mengeluarkan napas sebanyak 28 ribu kali setiap harinya. Hal tersebut dikarenakan adanya sensor yang berupa syaraf yang terhubung dengan otak secara langsung. Sensor tersebut terdiri dari lima jenis dengan fungsinya masing-masing, seperti menyaring, menambah kelembaban, menghangatkan, mengurangi kelembaban, dan membaui udara yang masuk ke dalam saluran pernapasan.

Pada saat seseorang sedang mendengkur, maka udara yang masuk melalui hidung dan mulut terhalang oleh adanya penyempitan saluran udara. Hal ini menyebabkan obstruksi jalan udara tersebut membentuk bunyi yang keras ketika jaringan yang ada di dalam saluran udara itu bergetar akibat udara yang masuk.

Bagi kamu yang mengalami tidur sambil mendengkur, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

Inilah Cara Ampuh Untuk Mengatasi Tidur Ngorok

Ubah posisi tidur

Posisi tidur yang tidak benar dapat membuat kamu tidur sambil mendengkur. Oleh karena itu, jangan sepelekan posisi tidurmu. Bunyi dengkuran biasanya akan terdengar jika kamu tidur dengan posisi terlentang. Hal ini dapat mengakibatkan lidahmu tertarik ke belakang sehingga aliran udara akan mengalami penyempitan.

Dengkuran pada saat tidur terjadi jika langit-langit rongga mulut, lidah, tekak, tonsil atau otot yang ada di belakang tenggorokan saling bersentuhan dan akan menimbulkan suara getar selama kamu tidur. Oleh karena itu, ubahlah posisi tidur kamu dengan cara menyamping.

Jika dibutuhkan, gunakanlah bantuan bola tenis dan letakkan di belakang kamu ketika tidur menyamping. Sehingga, pada saat kamu merubah posisi menjadi terlentang akan langsung terhalang oleh bola tenis tersebut yang akan membuat kamu memperbaiki posisi tidurmu kembali.

Gunakan kontrol udara dalam kamar

Udara kering biasanya dapat memperparah dengkuran sehingga dapat menjadi lebih buruk. Oleh karena itu, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan kontrol udara yang diletakkan di dalam kamar tidurmu. Cara yang satu ini akan membuat kamar tidur memiliki uap air yang bagus dan cukup untuk sirkulasi pernapasamu. Selain itu, cara ini juga bisa membantu menjaga udara kering dari jaringan iritasi pada rongga hidung kamu.

Hirup uap air sebelum tidur

Cara untuk mengatasi suara dengkuran lainnya adalah dengan menghirup uap air untuk membersihkan rongga hidung. Hal ini dilakukan agar kamu dapat bernapas dengan lancar dan lega. Untuk mencobanya, kamu hanya perlu membasahi handuk dengan menggunakan air hangat dan hiruplah uapnya selama 10 menit. Cara yang satu ini akan membantu menghilangkan lendir yang akan menyebabkan hidung kamu tersumbat dan mencegah udara kering agar tidak masuk ke dalam rongga hidung.

Senam tenggorokan

Cara untuk mengatasi dengkuran ketika tidur yang satu ini terbilang unik, yaitu dengan melakukan senam tenggorokan. Hal ini dilakukan dengan cara membuka mulut dengan lebar dan merenggangkan rahang pada satu sisi, yaitu dengan memegang rahang tersebut selama 30 detik. Ulangilah cara yang sama pada bagian rahang yang lainnya.

Selain senam tenggorokan, kamu juga bisa melakukan senam lidah. Hal ini dilakukan dengan cara menjulurkan lidah sejauh mungkin. Kedua cara tersebut dapat membantu untuk melonggarkan otot pada tenggorokanmu.

Cobalah bernyanyi

Jika kamu memiliki hobi bernyanyi, hal tersebut juga bisa kamu gunakan untuk membantu kamu mengatasi masalah mendengkur ketika tidur. Carilah lagu yang memiliki nada tinggi yang banyak, kemudian nyanikanlah lagi tersebut sebelum tidur. Cara ini bisa membantu kamu untuk melonggarkan otot pada tenggorokanmu.

Turunkan berat badan

Faktor yang paling utama yang dapat menyebabkan terjadinya dengkuran pada seseorang adalah berat badan yang berlebih. Orang yang memiliki tubuh gemuk, memiliki kemungkinan untuk mendengkur yang lebih banyak jika dibandingkan dengan orang yang memiliki tubuh yang kurus. Tubuh yang gemuk dapat mengakibatkan terjadinya penumpukan lemak dan penyempitan pada pembuluh darah.

Oleh karena itu, turunkanlah berat bada kamu dengan menjalani program diet dan berolahraga secara rutin.

Perhatikan makanan Anda

Lapar biasanya datang pada waktu yang tidak bisa kita duga. Kamu bisa saja merasa lapar ketika akan segera tidur. Maka dari itu, usahakanlah untuk selalu mengatur waktu makan kamu. Hindarilah memakan makanan berat yang mengandung banyak lemak dan karbohidrat ketika kamu akan tidur. Selain itu, kamu juga harus menghindari meminum produk susu sebelum tidur, karena hal tersebut hanya akan meningkatkan produksi lendir di dalam mulut kamu.

Hindari alkohol dan obat penenang

Orang yang mengkonsumsi alcohol dan obat penenang cenderung mengalami dengkuran ketika tidur. Alcohol dan obat penenang yang dikonsumsi dengan dosis yang rendah dapat menekan saluran pernapasan serta mengganggu relaksasi pada otot.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi tidur mendengkur secara ampuh. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA