Inilah Cabang Permainan Bola Besar dan Penjelasannya

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Permainan bola sebagaimana yang telah diketahui dibagi ke dalam dua jenis yaitu permainan bola kecil dan permainan bola besar. Dari kedua permainan tersebut, permainan bola besar yang cukup populer dalam ajang kompetisi dalam ataupun luar negeri. Inilah cabang permainan bola besar dan penjelasannya yang akan kami paparkan di bawah ini untuk dijadikan sebagai bahan referensi serta menambah wawasan dan pengetahuan

Sepak Bola

Siapa sih di dunia ini yang tidak kenal dengan sepak bola. Apalagi permainan sepak bola ini menjadi salah satu permainan yang paling banyak digemari orang di seluruh dunia. Permainan sepak bola ini bisa dimainkan pada lapangan dengan bentuk persegi panjang dan permukaannya menggunakan rumput alami atau bisa dengan rumput sintetis.

Di dalam 1 lapangan, maka seluruh pemain dari 2 tim berjumlah 22 pemain yang mana satu timnya terdiri dari 10 pemain dan 1 kiper. Lapangan sepak bola memiliki ukuran sekitar 100 sampai dengan 120 m sedangkan lebarnya sekitar 50 hingga 70 meter. sepakbola juga memiliki organisasi yang menaunginya yaitu Federation International de Football Association (FIFA). sedangkan induk organisasi sepak bola di Indonesia adalah Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia atau PSSI.

Futsal

Futsal juga merupakan salah satu cabang permainan bola besar yang mana permainan ini adalah turunan dari sepak bola. Yang menjadi perbedaan antara futsal dengan sepak bola adalah dari segi pemain, lapangan dan juga peraturannya. Akan tetapi tujuan dari kedua permainan bola besar ini sama yakni memasukkan bola ke dalam gawang lawan untuk bisa mendapatkan poin.

Di dalam satu pertandingan futsal ada 10 pemain dari 2 tim yang mana satu tim yang terdiri dari 5 pemain dan salah satunya menjadi penjaga gawang atau kiper. Sedangkan waktu pertandingan futsal resmi yaitu 2×20 atau dalam satu pertandingan diselesaikan selama 20 menit dengan babak 2 kali.

Selain itu, pemain futsal juga diberi waktu untuk beristirahat 10 menit lamanya. Untuk ukuran lapangan futsal sendiri panjangnya adalah 25 m dan 15 m untuk lebarnya. induk organisasi yang menaungi permainan futsal di Indonesia adalah Asosiasi Futsal Indonesia.

Bola Voli

Bola voli juga merupakan salah satu permainan bola besar yang menggunakan tangan dengan inti permainan yaitu menjatuhkan bola sampai ke area lawan agar bisa mencetak poin. Di dalam pertandingan bola voli ini ada dua tim yang jumlahnya 12 orang sehingga dalam satu tim terdiri dari 6 orang.

Untuk waktu dalam permainan bola voli ini tidak ada batasnya karena permainan ini menargetkan pada sistem poin. Dengan demikian salah satu tim yang berhasil mendapatkan poin 25 terlebih dahulu maka berhak menjadi pemenang. Lapangan dalam permainan bola voli ini panjangnya 18 m dan lebarnya 9 m.

Permainan bola voli juga memiliki induk organisasi sendiri yakni Federation International de Volleyball atau FIVB jalan ke Indonesia sendiri adalah Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia atau PBVSI.

Bola Basket

Permainan bola basket menjadi salah satu cabang permainan bola besar yang tak kalah terkenalnya dengan sepak bola. Bahkan di Amerika Serikat, permainan bola basket ini adalah yang paling populer dan kemudian disebut dengan NBA. Dalam permainan bola basket juga dilakukan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari 5 pemain.

Lapangan bola basket ukuran standarnya adalah 2,8 m untuk panjang dan lebarnya 15 m. Dalam satu babak terbagi ke dalam empat babak yang dibatasi dengan waktu selama 12 menit per babaknya. Di antara babak tersebut adalah 1, 2, 3 dan babak 4. Sekarang kan waktu untuk istirahat diberi 10 menit lamanya.

Induk organisasi permainan bola basket di Indonesia adalah PERBASI atau Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia dan dunia adalah FIBA atau Federation International de Basketball.

Polo Air

Cabang permainan bola besar yang terakhir yaitu polo air. Mungkin di Indonesia sendiri kalau air masih belum setenar permainan bola besar lainnya. Seperti namanya, permainan yang satu ini dilakukan di dalam air yakni di kolam renang dan dilakukan dengan beregu. polo air ini adalah kombinasi antara permainan sepak bola, renang, bola basket dan juga gulat. Dalam satu tim terdapat 6 pemain yang salah satunya bertugas sebagai kiper.

Peraturan dalam permainan polo air ini sama halnya dengan sepak bola yang mana tujuannya adalah untuk mencetak gol dengan sebanyak-banyaknya. Sedangkan bola yang digunakan untuk permainan polo air ini seperti bola sepak ataupun futsal. Akan tetapi bola polo air ini dibuat dari karet yang sangat erat melingkari bola tersebut. Untuk induk organisasi yang menaungi permainan polo air yaitu Federation International de Natation atau FINA.

Nah, ternyata cabang permainan bola besar cukup banyak bukan? Manakah permainan bola besar yang paling anda sukai? Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan serta pengetahuan tentang cabang permainan bola besar.

BACA JUGA!

Merk Kacamata Renang Terbaik dan Murah

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA