Inilah Alasan Kenapa TV LED Cepat Rusak

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Kenapa-TV-LED-Cepat-Rusak[1]
Daftar Topik

Semakin berkembangnya teknologi di bidang elektronik, semakin berkembang pula desain dan kualitas yang diberikan. Contohnya saja dalam dunia pertelevisian. Semakin tahun, pastinya kamu akan mendapati bentuk televisi yang semakin tipis. Salah satunya adalah TV LED. Memiliki TV dengan layar datar yang bisa menempel di dinding tentunya akan menambah gaya modern di ruangan keluarga.

Sayangnya, semakin tipis bentuknya semakin mahal pula harganya. Namun beberapa masalah sering dihadapi oleh pengguna TV LED sehingga dicap sebagai TV yang mudah rusak. Nah, berikut ini adalah beberapa ulasan yang membahas tentang kenapa TV LED cepat rusak dan bagaimana cara perawatannya.

Kelebihan Menggunakan TV LED


Sebelum membahas tentang alasan kenapa TV LED cepat rusak, perlu kamu ketahui terlebih dahulu kelebihan dari menggunakan TV LED. Dengan menggunakan TV LED, kualitas gambar yang didapatkan jauh lebih baik dibandingkan TV LCD atau TV Tabung. Untuk TV LED jenis terbaru sendiri ada beberapa yang sudah menambahkan fitur-fitur untuk mengatur kontras maupun kualitas gambar.

Karena desainnya cenderung lebih tipis dan lebih ramping, kamu tidak perlu khawatir apabila penggunaan TV jenis ini memakan tempat. Kamu hanya cukup memberikan ukuran kosong pada dinding karena TV bisa ditempel di dinding. Tidak hanya itu, karena desainnya yang lebih elegan dibandingkan TV jenis lainnya, kamu bisa mempercantik ruangan keluarga dengan penggunaan TV LED.

Alasan TV LED Cepat Rusak


Inilah Alasan Kenapa TV LED Cepat Rusak

Baca Juga! Perbedaan TV LCD dan LED Dasar yang Harus Kamu Ketahui

Apa sih penyebab TV LED cepat rusak? Padahal kan harganya cukup mahal. Salah satu kondisi yang bisa menyebabkan TV LED cepat rusak adalah kondisi panas dari komponen yang ada di dalam TV tersebut. Akibat minimnya ruang yang ada di dalam TV, komponen-komponen tersebut menjadi mudah panas meskipun sudah menggunakan kipas pendingin.

Nah, ternyata ada penyebab lain lho dari TV LED yang mudah panas itu. Salah satunya adalah ketika terkena asap rokok. Ya, asap rokok bisa saja masuk ke dalam komponen televisi melalui lubang-lubang kecil. Ketika sudah menyelimuti panel dan tidak bisa tersikulasi dengan baik, maka TV menjadi mudah panas dan cepat rusak.

Selain itu, masalah lain seperti pudarnya warna layar juga kerap dihadapi oleh pengguna TV LED. Salah satu penyebabnya bisa begitu adalah karena menggunakan TV LED untuk bermain game atau menyalakannya dalam waktu yang lama.

Cara Merawat TV LED Agar Tidak Mudah Rusak


Karena dicap sebagai TV yang mudah rusak, ketika kamu sudah membelinya tentunya harus melakukan perawatan lebih agar mengulur waktu untuk mencapai kerusakan. Nah, berikut ini adalah tips merawat TV LED agar tidak mudah rusak.

  1. Jauhkan dari Sinar Matahari

Seperti halnya dengan perawatan TV Tabung atau TV Plasma. Kamu juga harus menjauhkan TV LED dari sinar matahari langsung agar tidak mudah panas dan rusak. TV LED yang terpapar sinar matahari secara berlebihan akan mengalami perubahan kualitas pada layar monitor. Selain membahayakan pada kondisi TV, sinar matahari juga bisa menyebabkan gambar nampak lebih kusam.

  1. Menjaga Suhu Ruangan

Televisi adalah salah satu benda yang mudah sekali panas. Untuk itu, kamu harus selalu menjaga suhu ruangan agar TV tetap dalam kondisi normal. Kamu bisa menggunakan AC atau kipas angin ketika suhu ruangan sedang panas.

  1. Membersihkan Kotoran

Seperti barang-barang pada umumnya, kamu juga harus rutin membersihkan body TV dari debu. Untuk membersihkannya pun tidak boleh sembarangan. Kamu harus menggunakan alat pembersih debu khusus atau menggunakan cairan pembersih optic untuk menghilangkan debu yang ada di layar televisi.

  1. Hindarkan TV dari Barang Bermagnet

TV LED tidak boleh diletakkan dengan benda yang memiliki medan magnet seperti smartphone. Apabila TV LED dekat dengan benda bermagnet akan berdampak pada kinerja TV tersebut. Nah, apabila kamu menggunakan sound eksternal, pastikan bahwa sound diletakkan di bawah dan tidak sejajar dengan TV.

Selain sound atau speaker, kamu juga harus menjauhkan smartphone mu. Geombang sinyal yang ada pada smartphone akan mengganggu sistem kerja dari TV LED itu sendiri.

  1. Perhatikan Posisi Peletakan TV LED

Hal yang sangat perlu diperhatikan adalah tentang peletakan TV. Meletakkan TV LED tidak boleh sembarangan karena bentuknya yang tipis sehingga mudah sekali rusak. TV LED harus diletakkan pada bidang datar seperti meja bagian tengah atau dengan menggantungnya di dinding. Ketika menggantungnya di dinding, pastikan bahwa posisi TV sudah benar-benar lurus.

Begitulah penjelasan singkat mengenai kenapa TV LED mudah rusak dan bagaimana cara merawatnya. Semoga artikel di atas bisa membantu kamu semua!

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP