Inilah 8 Metode Penelitian Kuantitatif yang Harus Diketahui

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
quantitative-research-vs-qualitative-research-990x495
Daftar Topik

Penelitian Kuantitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk menguji teori tertentu dengan cara meneliti hubungan antarvariable. Suatu instrumen penelitian digunakan untuk meneliti variable-variable penelitian tersebut. Kemudian, data hasil dari penelitian tersebut dianalisis sesuai dengan prosedur-prosedur dalam statistik. Laporan untuk penelitian sejenis ini biasanya menggunakan struktur yang sangat ketat dan konsisten, dari mulai pendahuluan, tinjauan pustaka, landasan teori, metode penelitian, hasil penelitian sampai pembahasan. Biasanya para peneliti harus punya asumsi-masumsi guna menguji teori secara deduktif, mencegah munculnya bias-bias, mengontrol penjelasan-penjelasan alternatif sampai mampu menggeneralisasi dan menerapkan kembali penemuannya.

Secara umum metode penelitian kuantitatif terbagi menjadi 2 dikotomi besar, yaitu eksperimental dan noneksperimental. Dari kedua dikotomi tersebut dapat dipisahkan lagi. Untuk penelitian eksperrimental dapat dipisahkan menjadi pre eksperimenatl, quasi eksperimental, true eksperimental dan single subject (subjek tunggal) dan lain sebagainya. Sementara untuk Penelitian non eksperimental, biasanya berupa deskriptif, korelasional, survey, komperatif, expost facto, histories dan sebagainya.

Berbicara soal tujuan, penelitian kuantitatif berbanding terbalik dengan tujuan penelitian kualitatif, bahal segi Bahasa maupun hal fokusnya saat membandingkan atau menghubungkan variabel-variabel. Tujuan dari penelitian kuantitatif mencakup seluruh variabel penelitian dan hubungan antar variabel penelitian, para partisipan dan juga lokasi penelitian. Tujuan kuantitatif dalam mencari hubungan antar variabel contohnya pada penelitian survei atau pun dalam suatu perbandingan sampel-sampel yang berkaitan dengan hasil penelitian, seperti halnya penelitian eksperimen.

Dalam penelitian kuantitatif pun terdapat strategi. Strategi yang berhubungan dengan penelitian kuantitatif selalu berhubungan dengan rancangan kuantitatif dan selalu melibatkan pandangan dua post-positivis. Strategi ini mencakup pada eksperimen nyata, eksperimen yang kurang rigid, biasanya lebih dikenal dengan kuasi eksperimen dan penelitian korelasional dan ekspermen single subject.

Tapi belakangan ini, strategi penelitian kuantitatif melibatkan eksperimen yang lebih kompleks dengan variabel dan perlakuan (treatmen), seperti pada rancangan factorial dan rancangan repeated measuer.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada sejumlah metode penelitian yang termasuk pada penelitian kuantitiatif. Metode-metode ini merupakan metode penelitian kuantitatif menurut para ahli, di antaranya sebagai berikut:

Metode Penelitian Kuantitatif Menurut Para Ahli

Metode Deskriptif

Menurut Whitney (1960), metode deskriptif merupakan pencarian fakta dengan interprestasi yang tepat. Peneletian deskriptif ini akan mempelajari masalah-masalah dalam masyarakat, serta tata cara yang berlaku di dalam masyarakat itu sendiri terutama dalam situasi-situasi tertentu, tidak terkecuali hubungan kegiatan, pandangan, sifat dan juga proses-proses yang tengah berlangsung dan pengaruh dari sebuah fenomena. Peneltian deskriptif merupakan metode penelitian yang berusaha untuk menggambarkan suatu objek atau pun subjek yang diteliti sesuai dengan apa yang dilihat dengan apa adanya. (Best, 1982:119) [1].

Metode Komparatif

Metode Komparatif merupakan metode yang biasanya digunakan dalam penelitian untuk mencari tahu dua variable ada perbedaan dalam suatu aspek yang tengah diteliti. Dalam penelitian ini tak ada manipulasi dari si peneliti. Penelitian ini akan dilakukan secara alami dengan mengumpulkan semua data dan suatu instrumen. Hasilnya nanti akan dianalisis secara statistik untuk mencari tahu perbedaan variable yang diteliti.

Metode Korelasi

Metode korelasi merupakan suatu penelitian untuk menggambarkan dua atau lebih fakta-fakta serta sifat-sifat objek yang tengah diteliti. Caranya adalah dengan membandingkan persamaan dan perbedaan antara dua atau lebih fakta tersebut yang didasarkan pada kerangka pemikiran tertentu.

Metode Survei

Menurut beberapa peneliti seperti, Zimud (1997) yang menyatakan bahwa metode penelitian survei merupakan suatu bentuk teknik penelitian yang mengumpulkan informasi dari sejumlah sampel berupa orang, lewat pertanyaan-pertanyaan. Sementara Gay & Diehl (1992) mengemukakan bahwa metode penelitian survei adalah metode yang dipakai sebagai kategori umum penelitian dengan cara kuesioner dan wawancara. Lain lagi dengan Bailey (1982) yang mengungkapkan bahwa metode penelitian survei adalah satu metode penelitian dengan teknik pengambilan data lewat pertanyaan, tertulis maupun lisan.

Metode Ex Post Facto

Metode Ex Post Facto merupakan metode yang dipakai dalam penelitian, di mana penelitian tersebut meneliti hubungan sebab akibat tanpa manipulasi dari peneliti. Adanya hubungan sebab akibat yang terjadi didasarkan pada kajian teoritis, bahwa suatu variable tertentu akan mengakibatkan variable tertentu.

Metode True Experiment

True experiment di sini maksudnya yang sebenarnya, karena dalam desain ini si peneliti bisa mengontrol semua variable luar yang dapat mempengaruhi jalannya eksperimen. Dengan begitu, validitas internal (kualitas pelaksanaan rancangan penelitian) bisa menjadi lebih tinggi. Ciri utama dari true experimental, yaitu bahwa, sampel yang dipakai dalam eksperimen maupun sebagai kelompok control diambil dengan cara random alias acak dari suatu populasi. Jadi cirinya terdapat kelompok control dan sampel yang dipilih random.

Metode Quasi Experiment

Bentuk dari desain eksperimen ini adalah pengembangan dari true experimental design yang sangat sulit dilaksanakan. Desain ini memiliki kelompok control tapi tidak bisa berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variable-variable luar yang berpengaruh pada pelaksanaan eksperimen.

Metode Subjek Tunggal

Eksperimen subjek tunggal (single subject esperimental) adalah eksperimen yang dilakukan pada subjek tunggal.

Itulah pengertian dari penelitian kuantitatif beserta dengan penjelasan dan metode-metode yang terdapat dalam penelitian kuantitatif. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA