Inilah 8 Manfaat Minum Air Hangat Untuk Kesehatan Tubuh

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Air hangat punya banyak sekali manfaat yang tak diketahui oleh banyak orang. Mungkin yang banyak dari kamu yang memiliki perpekstif bahwa air hangat memiliki manfaat yang sama dengan air putih biasa, yaitu menghilangkan dahaga. Namun ternyata, manfaat air minum hangat tidak hanya itu saja, tapi juga masih banyak lagi yang lainnya.

Misalnya saja, air hangat yang dicampurkan dengan sedikit perasan air lemon segar bisa memberikan efek yang baik bagi tubuh. Selain itu, untuk kondisi tertentu pun air hangat dapat dicampurkan dengan menggunakan bahan lain. Untuk lebih jelasnya, manfaat air hangat sebagai berikut:

Manfaat Air Hangat Untuk Kesehatan Tubuh

Menurunkan Berat Badan

Minum air hangat ternyata memberikan manfaat yang baik bagi metabolisme tubuh menjadi lebih sehat. Nah, ternyata air hangat yang dicampur dengan perasan lemon segar dapat menurunkan berat badan, bahkan dapat menurunkan beberapa kilogram. Caranya sebagai berikut:

  • Saat pagi hari, kamu bisa memulai aktivitas kamu dengan segelas air hangat.
  • Jangan lupa campurkan juga dengan perasan air lemon secukupnya.
  • Kamu bisa menggunakan saringan teh supaya biji lemon tak ikut masuk ke dalam air.
  • Jangan makan dulu kurang lebih selama 15 menit. Hal ini dilakukan supaya campuran tersebut bereaksi.
  • Cara kerjanya adalah, air lemon akan memecah jaringan lemak yang menumpuk di dalam tubuh, utamanya di bagian lengan, perut dan paha.

Meredam Rasa Gatal di Tenggorokan

Saat batuk menyerang biasanya kamu tentu merasa tenggorokan kamu sangat gatal atau bahkan serak. Hal ini dikarenakan di dalam tenggorokanmu terdapat virus batuk. Jika kamu mengalami hal ini, kamu bisa meminum segelas air hangat.

Melegakan Hidung dan Tenggorokan

Saat kamu terserang batuk dan pilek, kamu akan merasakan ketidaknyamanan di dalam hidung dan juga tenggorokan. Untuk yang batuk berdahak, biasanya bagian tenggorokan akan dipenuhi dengan dahak. Hal ini membuat tenggorokan tersumbat. Kondisi ini pun terjadi saat pilek, hidung akan tersumbat dan menimbulkan mampet. Kondisi-kondisi tersebut tentu sangat mengganggu aktivitasmu sehari-hari. Biasanya mengkonsumsi air hangat dapat mengatasinya.

Detok Alami

Air hangat bermanfaat dalam proses detox alami bagi tubuh. Bagi kamu yang belum tahu, detok merupakan cara yang paling tepat untuk mengeluarkan racun yang terdapat dalam tubuh. Racun sendiri banyak terdapat di usus. Jika dibiarkan tentu akan menimbulkan resiko paling ekstrem yaitu kanker usus. Untuk melakukan detok alami ini, kamu bisa mengikuti intruksi berikut ini:

  • Minumlah air hangat ketika bangun tidur, selain itu usahakan tubuh kamu berkeringat setelahnya.
  • Minumlah air hangat setelah bangun tidur, usahakan supaya tubuh pun berkeringat. Bila air hangat belum mampu membuatmu berkeringat, maka tambahkan sedikit air panas.
  • Saat tubuh kamu berkeringat, hal itu menandakan suhu tubuh meningkat.
  • Saat suhu tubuh mengalami peningkatan, maka racun akan dikeluarkan lewat keringat, sisanya dikeluarkan lewat urin dan fases. Lakukan hal ini secara rutin supaya toksin bisa semuanya terbuang.
  • Untuk hasil yang lebih maksimal bisa tambahkan lemon dan madu.

Membantu Dalam Pergerakan Usus

Usus kamu akan bergerak lebih lancar bila kamu mengkonsumsi air hangat. Air hangat yang satu ini bisa menghindarkan kamu dari rasa haus yang berlebihan. Bila kamu kekurangan cairan, tidak menutup kemungkinan kamu terkena sembelit. Untuk menghindarinya usahakan kamu meminum air hangat saat pagi hari, karena waktu paling tepat untuk BAB adalah pada pagi hari.

Membuat Pencernaan Lebih Lancar

Air hangat dapat menyebabkan pencernaan lebih lancar. Usai kamu mengkonsumsi sesuatu, lebih baik meminum air hangat dibanding air dingin. Ada beberapa alasan kenapa harus air hangat, salah satunya adalah air es hanya akan menggumpalkan minyak dan lemak yang ada dalam tubuh. Jika dibiarkan tidak menutup kemungkinan dapat menyebabkan tumor bahkan kanker dalam tubuh.

Air Hangat Membuat Makanan Terserap Sempurna

Air hangat dapat melarutkan minyak dan juga lemak bersama dengan peredaran darah di dalam tubuh manusia. Nantinya sisa makanan yang masuk ke dalam tubuh akan dipecah menjadi partikel kecil. Sisa makanan yang sudah dalam bentuk partikel kecil tersebut tentu lebih memudahkan usus untuk membuangnya lewat fases.

Meringankan Nyeri Perut yang Diakibatkan Menstruasi

Rahim dalam keadaan mengeluarkan darah kotor yang melekat pada dinding rahim saat menstruasi datang. Pelepasan darah kotor dari dinding rahim tersebutlah yang membuat menstruasi terasa sakit. Untuk itu dianjurkan saat menstruasi tidak boleh mengkonsumsi air es. Ada sejumlah bahayanya seperti di bawah ini:

  • Darah kotor di dinding rahim tidak terlepas dengan sempurna
  • Darah kotor tak bisa keluar dari rahim, malah justru menempel di dinding rahim.
  • Jika dibiarkan darah kotor terus menumpuk, bukan tidak mungkin lama kelamaan akan menyebabkan tumor.

Untuk mengatasi semua itu, kamu harus mengkonsumsi air hangat. Darah kotor dapat terlepas dengan sempurna dari dinding rahim bila kamu meminum air hangat.

Itulah beberapa manfaat dari air hangat yang perlu kamu tahu. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA