Inilah 7 Cara Tidur Lebih Cepat yang Ampuh dan Efektif

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Apakah kamu pernah mengalami tubuh sangat lelah namun kamu tak kunjung mengantuk? Hal ini memang sering terjadi kepada beberapa orang dan tidak jarang membuat penderitanya frustasi. Terlebih saat kamu harus melakukan sejumlah kegiatan padat keesokan harinya. Mungkin beberapa dari kamu akan melakukan berbagai cara untuk terlelap.

Seperti yang diketahui, tidur merupakan syarat utama agar tubuh bisa beristirahat sejenak. Kualitas dan kuantitas tidur yang buruk tentu saja dapat berpengaruh secara langsung pada kesehatan tiap organ tubuh. Bahkan kualitas tidur yang buruk akan mengganggu system pembuangan limbah di otak, hal inilah yang menyebabkan meningkatnya risiko Alzhaimer, memahami emosi orang lain, menurunkan kemampuan berpikir dan juga beresiko gangguan psikologi. Kondisi ini tak hanya berpengaruh pada otak saja, dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko hipertensi, diabetes dan kegemukan. Ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan agar bisa tidur lebih cepat.

Cara Tidur Lebih Cepat yang Efektif dan Ampuh

Makan Makanan Manis

Riset di Jepang menunjukkan bahwa senyawa aktif dari tebu dapat mengurangi tingkat stress dan dapat memicu kantuk. Riset tidur yang dilakukan pada hewan penggerat ini pun menemukan bahwa senyawa aktif tersebut dikenal dengan nama octacosanol. Peneliti itu menyatakan bahwa stress merupakan faktor utama yang menjadi penyebab terhambatnya tidur, dan juga suplemen octacosanol terbukti aman dikonsumsi manusia.

Suplemen yang satu ini bisa digunakan sebagai terapi efektif bagi mereka yang menderita insomnia akibat dari stress. Senyawa ini pun dapat ditemukan pada makanan lain, seperti biji gandum, lilin dan kulit padi.

Meminum Susu

Bila kamu kesulitan tidur, kamu bisa mencoba meminum susu hangat. Resep yang satu ini sudah dipercaya secara turun temurun mampu memicu kantuk dan membuat tidurmu lebih nyenyak. Hal ini karena susu mengandung protein a-laktalbumin. Protein yang satu ini mengandung triptofan asam amino dengan jumlah tinggi, yang mampu menghasilkan melatonin. Melatonin sendiri merupakan hormone yang menginduksi tidur. Ada sejumlah makanan lain yang mengandung triptofan, seperti biji labu, dan putih telur.

Berhenti Menggunakan Sleep Tracker

Perlu kamu tahu bahwa 10 persen warna Amerika menggunakan penghitung kebugaran atau tidur (fitness atau sleep tracker) secara rutin. Hal ini memungkinkan mereka mengetahui apa sebenarnya yang terjadi ketika mereka merasa lelah. Sebenarnya, kegiatan rutin ini bukanlah kebiasaan yang baik. Hal ini karena, sebuah penelitian yang telah diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine, mengungkapkan bahwa mereka yang menggunakan sleep tracker justru membuat tekanan dalam mencapai jumlah tidur yang cukup dan juga dapat meningkatkan kecemasan dalam diri sendiri. Bukannya merasa rileks di tempat tidur dan membiarkan kantuk mengambil alih, penggunaan sleep tracker justru membuat kita sering melihat sleep tracker secara terus menerus sehingga tidak sadar bahwa pagi akan datang sebenatar lagi. Kondisi ini disebut oleh peneliti sebagai kondisi “orthosomnia”, yaitu kondisi di mana seseorang terlalu asyik dalam menyempurnakan atau pun memperbaiki kualitas tidurnya.

Berada di Tempat Tidur

Bila kamu sudah berada di tempat di tidur dengan kondisi siap untuk tidur, namun tidak kunjung mengantuk, maka kamu telah mengalami kondisi yang para ahli menyebutnya dengan ‘kondisi bergairah’. Kondisi yang satu ini disebabkan karena kamu melakukan berbagai kegiatan di tempat tidur, seperti misalnya mengecek atau mengirim ke media sosial, mengirim pesan dan lainnya. Kegiatan yang dilakukan di atas tempat tidur itu dapat membuat kamu terus terjaga. Hal ini tentu membuat kamu mengalami sulit tidur. Untuk itu akan lebih baik jika tempat tidur benar-benar dijadikan tempat untuk tidur saja.

Belajar Beristirahat

Sebenarnya manfaat dari istirahat dan tidur di sejumlah kasus nyaris tidak bisa dibedakan. Hal ini karena efek dari berbaring ditempat tidur dengan mata tertutup, sambil beristirahat, membuat sejumlah neuron otak kamu dimatikan. Hal ini tidak jauh berbeda dengan apa yang akan terjadi dalam tidur saat neuron menghentikan aktivitasnya.

Selain itu, National Sleep Foundation pun mengatakan bahwa istirahat dapat mengurangi stress, meningkatkan kewaspadaan, memperbaiki mood, memperbaiki kejernihan mental, meningkatkan kreatifitas dan motivasi. Namun bila kamu mengalami tidur yang nyenyak dengan kualitas baik, tentu manfaat yang akan kamu dapatkan lebih baik dibandingkan hanya beristirahat sambil berbaring. Manfaat tersebut akan kamu dapatkan meski hanya tidur siang. Untuk itu tidak heran jika tidur merupakan pilihan terbaik untuk memulihkan tubuh dan pikiran kamu. Namun bila kamu tetap merasakan sulit tidur, kamu bisa menenangkan pikiran kamu terlebih dahulu dengan cara mengatakan bahwa hanya beristirahat saja akan membuat otak mau santai.

Nyalakan Pendingin Ruangan

Menurut riset yang telah dilakukan menemukan bahwa tidur dengan suhu dingin mampu membuat tidur kamu lebih nyenyak. Hal ini karena pendingin yang menyala dapat menurunkan suhu inti dari tubuh kamu sehingga memicu proses yang membuat kamu tertidur.

Meditasi

Tidak jarang otak kamu membutuhkan sedikit bantuan dan juga bimbingan untuk tertidur, dan meditasi merupakan tren tidur yang telah diakui banyak orang sangatlah membantu. Menurut sebuah riset yang dilakukan pada tahun 2015 di JAMA menunjukkan, bahwa meditasi secara penuh mampu membantu kualitas tidur menjadi lebih baik pada orang dewasa, dengan cara mengurangi kekhawatiran, gangguan suasana hati dan kebimbiangan.

Itulah sejumlah cara yang bisa kamu lakukan saat sulit tidur. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA