Inilah 7 Aplikasi Perekam PC Terbaik Bagi Pengguna Windows

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
open-broadcaster-software-review-obs-studio-review[1]
Daftar Topik

Apa kamu pernah diharuskan untuk merekam layar komputermu sendiri untuk keperluan suatu hal? Misalnya saja, untuk presentasi, video tutorial, sampai merekam sebuah game? Mungkin kamu bingung harus menggunakan aplikasi seperti apa untuk merekamnya. Atau bagi kamu yang sudah tahu mungkin kebingungan saat harus memilih aplikasi terbaik untuk merekam layar laptopmu. Sebab biasanya, hasil dari rekaman tersebut harus bagus dan jernih, sehingga orang yang melihatnya nanti akan tertarik. Agar tidak bingung di sini ada sejumlah rekomendasi aplikasi perekam pc terbaik yang bisa kamu pilih.

Aplikasi Perekam PC Terbaik yang Bisa Kamu Pilih

Open Broadcaster Software

Open Broadcaster Software (OBS) merupakan aplikasi ini multi-platform sehingga kamu dapat memasangnya di Windows, OSX atau GNU/Linux. Gunanya aplikasi ini tentu saja untuk merekam video ataupun broadcast video ke sejumlah situs online secara langsung  alias live streaming.

Kamu tak perlu takut kesulitan dalam pemakaiannya, karena antarmuka penggunaannya sangatlah sederhana. Namun di tengah kesederhanaannya itu terdapat banyak fitur menarik, misalnya merekam desktop, serta merekam suara dari internal microphone atau external microphone. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu memodifikasi secara langsung area mana saja yang ingin terteram dan area mana saja yang tidak ingin terekam. Bahkan kamu bisa menambahkan text maupun gambar pada live stremingmu. Jika kamu ingin menyimpan hasil rekamanmu, kamu pun bisa menyimpan hasilnya dengan format MP4 atau FLV.

Action!

Action merupakan perekam layar komputer terbaik selanjutnya. Keunggulan dari aplikasi yang satu ini yaitu mampu melakukan live streaming secara real-time! Hasil dari rekamanan videonya pun sangat jernih pada resolusi HD. Fitur yang ditawarkannya pun terhitung banyak, seperti merekam video, merekam suara, mengambil gambar dengan sangat cepat (screenshot) dan lainnya.

Sebelum melakukan rekaman pada monitor, kamu bisa mengatur terlebih dahulu resolusi videonya hingga 1080p. Tentu resolusi tersebut akan menghasilkan rekaman yang jernih dan enak untuk ditonton. Fitur lainnya yang terdapat dari Action! ini, yaitu kamu bisa memilih menu untuk merekam layar penuh, merekam sebagian layar monitor atau pun merekam saat kamu memainkan sebuah game. Format yang bisa dihasilkan oleh Action! adalah MP4 dan AVL.

XSplit Gamecaster

Keunggulan dari aplikasi perekam yang satu ini adalah menawarkan fitur streaming yang begitu kuat. XSplit dapat menayangkan streaming saat kita tengah bermain game dengan lancar dan sangat stabil, sama sekali tidak memberikan gangguan apapun pada game yang tengah kamu mainkan. Rekaman pun bisa dimulai hanya dengan memencet satu tombol saja. Yang menarik dari aplikasi ini adalah, XSplit dapat mengonfigurasi pengaturan yang baik sesuai dengan laptop jenis apa yang kamu gunakan.

Dxtory

Dxtory merupakan aplikasi perekam layar komputer dengan kapasitas penyimpanan yang terbilang ringan dibandingkan dengan aplikasi perekam layar komputer yang lainnya. Pengaturan dan antarmuka tampilan aplikasi ini pun sangat sederhana. Dxtory akan menyesuaikan kualitas video dengan laptop yang kamu gunakan. Aplikasi ini bisa menghasilkan kualitas tinggi sebuah video sesuai dengan kualitas terbaik maksimal yang bisa laptop kamu hasilnya. Dari segi pengaturan audionya pun cukup baik dan mampu merekam dua suara dalam waktu bersamaan.

WM Capture

Kelebihan dari WM Capture yang harus kamu tahu adalah aplikasi ini dapat dengan mudah merekam video pada bagian layar tertentu dan punya fitur schedule recording. Hal ini membuat kamu bisa menjadwalkan kapan layar komputer kamu mulai direkam. Hal ini memungkinkan kamu mengatur supaya software screen recoreder berjalan secara otomatis hingga bisa merekam secara live streaming saat kamu tidak menontonnya. Hasil dari file WM Capture bisa disimpan ke dalam format MPEG, AVI, WMV, DVD-ISO dan lainnya.

ShadowPlay

ShadowPlay memiliki daya tarik tersendiri yaitu kemampuannya dalam merekam mundur hingga 20 menit ke belakang. Dengan hanya menekan tombol shortcut, maka itu menandakan akhir video dan graphics card bakal merekam mundur ke belakang sampai 20 menit. Hal ini membuat momen berharga yang sempat terlewat bisa disimpan pada format MP4 dan menggunakan codec H.264.

Windows 10 Game Bar

Untuk kamu para pengguna Windows 10 tak perlu khawatir kesulitan dalam merekam layar PC. Hal ini karena Windows 10 telah menyediakan sebuah fitur dengan nama Windows 10 Game Bar atau Game DVR. Fitur ini mampu merekam layar secara mudah. Fitur ini hanya memungkinkan kamu untuk merekam satu jendela saja, sehingga jendela yang lainnya tidak akan ikut terekam saat dibuka.

Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah hasil video rekamannya berukuran tidak terlalu besar.

Itulah sejumlah aplikasi perekam layar PC terbaik untuk kamu pengguna windows. Dengan salah satu aplikasi di atas, kamu akan lebih mudah dalam membuat suatu video yang membutuhkan perekam layar. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP