Inilah 6 Cara Menghilangkan Racun dalam Tubuh

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
cara-menghilangkan-racun-dalam-tubuh-825x465[1]
Daftar Topik

Seperti yang kita tahu, tiap hari tubuh kita terpapar oleh racun yang berbahaya, baik itu dari luar maupun dari dalam. Biasanya, racun yang masuk tubuh kita dari dalam berasal dari makanan yang kita makan, dan juga dari sisa-sisa hasil metabolisme atau pun fungsi lain yang dilakukan tubuh. Hal inilah mengapa detoksifikasi harus dilakukan guna membantu mengeluarkan semua racun yang ada dalam tubuh. Tubuh harus diistirahatkan dalam membersihkan dirinya sendiri.

Sebenarnya dalam tubuh sendiri sudah terjadi mekanisme khusus yang mampu membuang semua racun yang ada, seperti dengan cara mengeluarkan keringat maupun melalui air kencing. Namun akan lebih baik bila kita juga turut membantu tubuh dalam mengeluarkan racun tersebut. Setelah kamu melakukan detoksifikasi biasanya kamu akan merasa lebih segar dan sehat.

Lalu, Bagaimana Cara Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh?

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari cara yang terbilang murah sampai cara yang mahal. Tinggal kamu pilih, mana yang lebih cocok dengan kamu. Untuk pengetahuan, ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu tubuh mengeluarkan racun.

Puasa

Puasa merupakan hal yang sudah tidak asing didengar oleh masyarakat Indonesia, terutama untuk kamu muslim yang biasanya menjalankan puasa pada bulan Ramadhan. Ternyata, tanpa kamu sadari puasa dapat membantu mengeluarkan racun berbahaya dalam tubuh. Dengan tidak makan selama beberapa jam, tubuh akan memanfaatkan waktu tersebut untuk membersihkan diri sejenak. Tentu saja ini suatu kesempatan bagi tubuh untuk mengatur ulang, melakukan pemulihan dan juga penyegaran.

Minum Air yang Lebih Banyak

Seperti yang kita tahu, tubuh kita terdiri dari 80% air. Hal ini tentu saja kita memerlukan air agar segala aktivitas tubuh bisa berjalan dengan baik. Saat kamu mengkonsumsi air, sebenarnya kamu tidak hanya memuaskan dahaga saja, tapi juga membantu tubuh untuk mengeluarkan racun. Jika kamu ingin racun yang keluar dari tubuh lebih maksimal, mungkin kamu butuh air yang lebih banyak.

Konsumsi air yang disarankan per harinya adalah 8 sampai 10 gelas. Tapi kamu memerlukan tambahan air di saat kamu melakukan detoksifikasi. Namun tentu saja kebutuhan air setiap orang berbeda. Hal ini didasarkan pada jenis kelamin dan ukuran tubuhnya. Selain itu, kebutuhan air seseorang pun akan meningkat bila dia banyak melakukan aktivitas fisik yang membutuhkan banyak tenaga.

Lakukan Aktivitas yang Mengeluarkan Keringat

Salah satu cara yang paling gampang bagi tubuh untuk mengeluarkan racun adalah melalui keringat. Hal ini telah dibuktikan dengan suatu penelitian yang menyebutkan bahwa, keringat mengandung arsenik, timbal, kadminum dan merkuri. Untuk itu, lakukan olahraga atau pun kegiatan lain yang dapat mengeluarkan keringat. Namun pilihan terbaiknya adalah olahraga sebab tak hanya dapat mengeluarkan keringat, olahraga juga sangat baik bagi tubuh agar tetap bugar dan sehat. Bagi kamu yang tidak suka olahraga, kamu bisa melakukannya dengan olahraga ringan terlebih dahulu.

Mengkonsumsi Lebih Banyak Sayur dan Buah

Makanan terbaik yang memiliki nutrisi tinggi namun dengan kadar lemak jenuh yang rendah adalah buah dan sayur. Terlebih keduanya juga mengandung banyak zat penting untuk tubuh. Untuk itu kamu disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi sayur dan buah dibandingkan dengan daging. Ternyata, kandungan serat dalam buah dan sayur dapat mengeluarkan racun dalam tubuh.

Buah dan sayur pun merupakan cara diet yang disarankan oleh dokter. Cara mengkonsumsi sayur dan buah yang baik adalah dengan cara mengkonsumsinya dalam keadaan mentah, alias tidak diolah dengan cara apapun. Ada sejumlah buah dan sayur yang baik dalam proses detoksifikasi, yaitu bawang putih, kacang hijau, lemon dan sayuran mentah.

Agar tidak terasa hambar, kamu bisa mengkombinasikan sayur dan buah dalam bentuk jus. Kamu pun bisa menambahkan yoghurt atau madu supaya rasanya enak.

Jauhkan Kebiasaan yang Tidak Baik

Kebiasaan buruk biasanya terus dilakukan sebab antara tidak peduli atau pun tidak tahu akan bahaya suatu hal, misalnya saja merokok. Sebagian orang sudah tahu jika merokok merupakan suatu hal yang membahayakan bagi tubuh. Namun, di antara mereka tetap melakukannya lantaran tidak bisa menghentikan kebiasaan tersebut atau bahkan tidak peduli dengan dampak buruk yang mungkin ditimbulkan. Selain merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol juga sangat tidak baik bagi tubuh. Sebab, minuman beralkohol akan memberatkan kerja hati saat menyaring racun di tubuh.

Minum Air Lemon Tiap Pagi

Air lemon memberikan sejumlah manfaat bagi tubuh. Untuk itu kamu dianjurkan untuk mengkonsumsi lemon saat pagi, saat perut masih kosong. Kegiatan ini dapat membantu dalam proses detoksifikasi sebelum proses lainnya yang akan terjadi dalam tubuh. Air lemon ini mampu menjaga keseimbangan tubuh, membersihkan tubuh dari racun, dan juga dapat melancarkan pencernaan.

Itulah sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan detoksifikasi guna membantu tubuh dalam mengeluarkan racun. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA