Inilah 5 Rumah Tersempit di Dunia

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Memiliki hunian sendiri merupakan impian setiap orang sehingga bisa membuat konsep sendiri pada rumah. Namun, kini banyak tanah yang tidak murah dan semakin menipis. Jadi tidak mudah untuk membangun sebuah hunian yang pas dan cocok. Karena keterbatasan inilah membuat orang untuk berinovasi dan ide baru salah satunya yaitu membangun rumah dengan ukuran mini.

Inilah 5 Rumah Tersempit di Dunia

Meskipun berukuran mini, tidak menghalangi kamu untuk tidak memiliki perabot rumah tangga yang lengkap. Kamu dapat menyesuaikan ukuran dan kuantitas perabot yang akan digunakan, tentunya lebih memilih perabot yang paling dibutuhkan dan penting untuk rumah minimum. Rumah mini terlihat uni seperti lima rumah tersempit di dunia berikut:

Quay House


Rumah ini terletak di Britania Raya, tepatnya di Conwy, Wales dengan lebar 1,8 meter dan panjang 3,05 meter. Pantas saja rumah yang dibangun sejak abad ke-16 ini menjadi salah satu rumah tersempit atau termini di dunia. Dahulu, rumah mini dengan warna merah menyala ini dihuni oleh seorang nelayan.

Warnanya yang mencolok, mudah dikenali oleh orang-orang. Dibagian dalam rumah ini dapat dijumpai dua ruangan saja yaitu ruang tamu di lantai dasar dan kamar tidur di lantai atasnya, sungguh sempit bukan? Saat ini rumah termini di dunia ini menjadi objek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Promenade House Japan


Kamu dapat menjumpai rumah unik mini ini di Shiga, Jepang yang dikenal dengan sebutan Promenade House. Rumah ini dibangun pada tahun 2013 karya FORM/ Kuichi Kimura Architects untuk menyiasati lahan yang tersedia sehingga dibentuk memanjang dengan lebar 2,7 meter dan panjang 27 meter.

Dengan panjang yang lumayan, membuat hunian mini ini tidak terkesan sempit. Namun, harus menyusuri koridor panjang jika berpindah dari ruangan satu ke ruangan lainnya. Hal itu pula yang mendasari kenapa dinamakan Promenade House. Bagaimana apakah kamu tertarik untuk berkunjung dan menginap disana?

Hollensburry’s Spite House


Dahulu, asal usul rumah ini adalah pada tahun 1830. Namanya John Hollensburry yang membangun rumah karena tidak menyukai jika orang memarkir kendaraan sembarangan di gang sebelah rumahnya. Kemudian dia membangun sebuah rumah mini di gang tersebut sehingga bangunan kecil itu dinamakan Hollensburry’s Spite House.

Karena ukurannya yang unik dan lebih kecil dari ukuran rumah standar, pantas saja jika rumah ini termasuk dalam kategori rumah yang sempit di dunia.  Meskipun terbilang mini, didalamnya terdapat fasilitas rumah yang lengkap dan nyaman. Tidak perlu finansial yang tinggi kamu bisa membangun rumah yang nyaman layaknya rumah Mr Hollensburry ini.

Little House, Toronto


Rumah ini dibangun 107 tahun silam yaitu pada tahun 1912 dengan lebar 2,1 m dan panjang 14,3 meter sehingga termasuk dalam kategori rumah tersempit di dunia. Rumah ini benar berukuran kecil dan sempit, namun memiliki fasilitas yang lengkap serta adanya satu tempat tidur dan dapur yang didesain sedemikian unik.

Ide dibangunnya rumah ini berawal dari lahan kosong diantara dua rumah sehingga terpikirkan untuk membangun rumah. Lalu dibangun oleh kontraktor Arthur Weeden. Meskipun sempit, rumah ini memiliki halaman belakangan yang cukup kecil. Tetapi, kamu dapat bersantai dibelakang rumah dengan nyaman dan tenang.

Keret House


Hunian ini memanfaatkan celah diantara dua gedung tinggi di Warsawa Polandia yang kini lebih dikenal karena ukurannya yang mini dan sempit, unik bukan? Siapa yang menyangka lahan selebar 1,2 meter ini, dirancang oleh Jakub Szczęsny yang mendirikan bangunan rumah yang didedikasikan kepada penulis dan pembuat film Etgar Keret. Sehingga diberi nama Keret House.

Hunian mungil ini juga memiliki ruangan seperti kamar tidur, dapur, kamar mandi dan ruang tamu yang terkecil dengan bentuk bangunan prisma segitiga. Luas rumah ini cukup sempit untuk ditinggali lebih dari dua orang dan mempertimbangkan perabot rumah tangga yang akan dimasukkan kedalam rumah. Bangunan Keret House terletak diantara dua bangunan sebagai hasil karya seni yang kini dapat dikunjungi oleh wisatawan.

Itulah sederet lima rumah tersempit di dunia yang dapat menambah pengetahuanmu. Meskipun terkesan sempit tapi rumah itu layak ditinggali dengan fasilitas lengkap layaknya rumah berukuran standar. Kelebihannya kamu tidak membutuhkan finansial tinggi dan tanah yang luas, namun ruangan terbatas dan kecil. Masih ada rumah mungil lainnya yang tentunya memiliki keunikan tersendiri. Tunggu info selanjutnya.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA