Inilah 5 Persiapan untuk Menyambut Bulan Ramadhan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
24320-ramadhan
Daftar Topik

Saat ini kita telah sampai pada bulan Rajab, tak tersa Ramadhan sudah semakin dekat. Beberapa minggu Lagi dimulai dari sekarang kita akan menyambut bulan Ramadhan. Bagi umat muslim, Ramadhan adalah bulan penuh berkah yang sangat dinanti kedatangannya. Pada bulan inilah umat muslim akan berpuasa hingga sebulan penuh dan mengunci diri dari segala bentuk nafsu dunia.

Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah dan juga ampunan. Oleh sebab itu, banyak hal yang harus dipersiapkan untuk menyambut bulan Ramadhan. Baik dari lahir maupun keadaan batin. Agar kita siap menghadapi bulan Ramadhan dengan segala rutinitas yang biasa kita lakukan. Lalu, apa saja hal-hal yang harus dipersiapkan serta amalan terbaik untuk menyambut bulan Ramadhan?

Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan

1. Berdoa kepada Allah


Bulan Ramadhan adalah salah satu bulan yang mulia, dimana di dalamnya diturunkan alquran sebagai petunjuk umat manusia. Oleh sebab itu, bertemu dengan bulan Ramadhan merupakan sebuah karunia. Maka tidak salah jika para sahabat sering berdoa agar dipertemukan dengan bulan Ramadhan.

Maka, persiapan menyambut bulan Ramadhan adalah berdoa agar kita bisa ada di bulan tersebut dan melakukan puasa sebulan penuh. Pada bulan Rajab ini doa yang biasa dipanjatkan dan sudah sering diperdengarkan adalah…

أللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَان

Artinya: “Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan bulan Sya’ban, dan sampaikanlah kami pada bulan Ramadhan”

2. Persiapan jiwa yang bersih


Menuju bulan Ramadhan bukanlah baju baru yang dipersiapkan, namun kebersihan lahir dan batin itulah yang penting. Berpuasa saat bulan Ramadhan adalah wajib, semoga kita dijadikan bersih jiwanya sehingga dapat melakukan amalan tersebut dengan hati yang ikhlas. Selain itu, banyak amalan yang dapat kita lakukan saat hadirnya bulan Ramadhan, yaitu banyak dzikir dan baca alquran.

Jiwa yang bersih akan menghadirkan sifat sabar, tawakkal, ikhlas, yang mana akan menuntun seorang hamba tersebut menuju ibadah yang berkualitas. nah, untuk itu, mumpung masih ada di bulan Rajab, mari memperbanyak amal kebaikan seperti berpuasa sunah untuk membersihkan jiwa dari sifat duniawi.

3. Belajar seputar bulan Ramadhan


Ramadhan adalah bulannya orang yang berpuasa. oleh sebab itu, untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan marilah kita mengkaji lebih dalam tentang makna puasa sebenarnya. Seperti yang diketahui, ilmu adalah pemimpin amal, dimana orang beralmal tanpa ilmu adalah kebodohan. Oleh seba itu, agar tidak termasuk orang yang hanya ikut-ikutan, perbanyaklah ilmu agama.

Sebab apa? Sebab ilmu adalah cara kita mengetahui puasa yang benar, apa saja yang dilarang saat berpuasa? dan orang yang beramal tanpa ilmu akan rugi, dimana segala perbuatannya akan sia-sia. Sungguh pentingnya ilmu itu.

4. Menuntaskan qada’ puasa sebelumnya


Sebelum benar-benar memasuki bulan Ramadhan, siapapun yang memiliki hutang puasa hendaklah segera menuntaskannya. Untuk orang yang masih kuat berpuasa maka harus menuntaskan dengan puasa pula. Namun untuk mereka yang terkhususkan karena memang sudah tidak kuat untuk berpuasa, maka cukup membayar kafarat puasa.

Kenapa harus menuntaskan hutang puasa di tahun lalu? Jawaban untuk pertanyaan ini selaras dengan apa yang dilakukan Aisyah r.a, disebutkan bahwa Aisyah juga mengqada’ puasanya. Selain itu, menunda qada’ tanpa adanya udzur syar’I adalah dosa.

5. Persiapan fisik


Selain jiwa, keadaan fisik juga harus diperhatikan. Anda tentu tidak mau jika puasa Anda nantinya bolong-bolong. Karena saat berpuasa juga memerlukan tubuh yang sehat agar tidak terkesan bunuh diri. Namun yang perlu diketahui sesuatu yang diwajibkan oleh Allah tidak akan membunuh seseorang kecuali Allah yang berkehendak. Oleh sebab itu, mari merawat diri untuk menyambut bulan Ramadhan.

Mempersiapkan datangnya bulan Ramadhan sesuai dengan hadis Nabi yang artinya, “Manfaatkan lima masa sebelum datangnya lima masa, yaitu masa muda sebelum masa tua, kaya sebelum miskin, sehat sebelum sakit, luang sebelum masa sibuk, dan masa hidup sebelum mati” (HR. alHakim).

Untuk mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan, Anda juga bisa melakukan dzikir yang nantinya akan dapat membersihkan jiwa. Siapapun yang selalu berdzikir kepada Allah, lisannya tidak pernah absen dari kalimat Allah, maka kondisi seperti itulah yang harus dipertahankan. Namun, kita melakukan dzikir bukan hanya saat ramadhan menjelang saja, tapi setiap detik, setiap hirupan nafas. Perbanyaklah menghadiri majlis ilmu dan bergurulah pada ahli ilmu.

Hati yang dibuat untuk berdzikir pasti memberikan dampak positif pada pemiliknya. Oleh karena itu, seboga kita selalu dipermudah dalam berbuat kebaikan dan dijauhkan dari segala hal buruk. Meski manusia tempat salah dan lupa, namun dengan penjagaan Allah semua akan baik dampaknya. Selamat menjalankan amalan sunah du bulan Rajab dan semoga kita semua dipertemukan dengan bulan Ramadhan tahun ini serta tahun-tahun yang akan datang. Dan Allah di atas segala sesuatu Maha Kuasa.

BACA JUGA!

Inilah Kedahsyatan Kalimah Hasbunallah Wanikmal Wakil

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP