Inilah 5 Jenis Investasi untuk Anak Muda

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Jika berbicara tentang investasi, pastinya Anda akan membayangkan jika aktivitas ini hanya akan dilakukan oleh orang-orang yang berpenghasilan tinggi. Namun jangan salah, sebagai generasi milenial, ada baiknya jika Anda mulai melirik investasi untuk anak muda yang berprospek bagus. Jangan sampai gaya hidup modern membuat Anda lupa menyisihkan penghasilan untuk masa depan.

Ketika Anda dewasa, keuangan bisa menjadi masalah utama dalam kehidupan. Berbeda ketika Anda masih muda, mungkin penghasilan yang Anda dapatkan masih lebih untuk membiayai kehidupan. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Anda menyisihkan sebagian penghasilan untuk berinvestasi saat masih muda. Hal ini juga bertujuan agar Anda memiliki simpanan ketika dewasa nantinya.

5 Jenis Investasi untuk Anak Muda yang Berprospek Bagus

Terdapat beberapa jenis investasi yang dapat dijalankan oleh anak muda karena praktis dan tidak membutuhkan modal yang besar. Selain itu, investasi untuk anak muda berikut ini juga memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Bagi Anda yang ingin berinvestasi, inilah 5 jenis investasi untuk anak muda yang dapat Anda pilih.

1. Reksadana


Salah satu jenis investasi untuk anak muda yang sangat populer adalah reksadana. Pasalnya, investasi ini mudah untuk dilakukan dan mengandung sedikit risiko. Banyak platform atau marketplace yang menyediakan produk reksadana dengan nominal yang relatif murah. Jangka waktu untuk investasi reksadana juga tidak terlalu panjang sehingga sangat cocok bagi anak muda.

Pada dasarnya, investasi reksadana terdiri dari berbagai macam pilihan. Namun, alangkah baiknya jika Anda memilih investasi reksadana campuran atau reksadana pasar uang jika Anda masih baru dalam berinvestasi. Anda harus memperhitungkan risiko maupun keuntungan sebelum memutuskan untuk memilih jenis investasi reksadana.

2. Emas


Investasi untuk anak muda yang paling mudah dilakukan adalah investasi emas. Hal ini dikarenakan emas dapat  diinvestasikan baik dalam bentuk perhiasan maupun batangan. Anda dapat berinvestasi emas sesuai dengan pendapatan yang  Anda miliki. Selain itu, jika Anda membutuhkan uang dalam waktu yang mendesak, Anda dapat menjual kembali emas yang telah Anda investasikan.

Investasi emas semakin berkembang dari waktu ke waktu karena harga emas yang cenderung stabil dan tidak fluktuatif. Dengan harga yang terjangkau dan sedikit risiko, investasi emas juga dipilih banyak orang sebagai salah satu cara untuk mengamankan kekayaan. Anda dapat membeli emas melalui agen investasi yang telah terpercaya seperti Antam atau agen emas lainnya.

Bahkan, layanan investasi emas sekarang telah ada pada beberapa bank di Indonesia. Menyimpan emas di Safe Deposit Box yang disediakan oleh pihak bank, mungkin akan lebih aman daripada Anda menyimpannya secara mandiri di rumah.

3. Asuransi


Pernahkah Anda ditawari mengenai produk asuransi oleh kerabat, saudara, atau teman? Lantas, apa yang Anda lakukan? Mungkin sebagian besar dari Anda akan langsung berasumsi negatif tentang asuransi. Padahal jika kita cermati, asuransi dapat memberikan keuntungan bagi Anda bukan hanya dalam hal investasi saja namun dari segi proteksi kesehatan juga.

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi pada diri kita setahun, dua tahun, tiga tahun, atau sepuluh tahun mendatang. Kita juga tidak akan tahu apakah kita akan tetap sehat seperti saat ini. Mengingat banyaknya penyakit yang muncul akhir-akhir ini, membuat program asuransi sangat penting untuk Anda ikuti.

Asuransi dapat membantu Anda dalam membayar tagihan rumah sakit yang pastinya cukup mahal. Saat ini, banyak asuransi yang menawarkan biaya premi yang relatif terjangkau. Jadi, bagi anak muda yang ingin berinvestasi, asuransi bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

4. Deposito


Jenis investasi untuk anak muda yang berprospek bagus selanjutnya adalah deposito. Program ini ditawarkan oleh pihak perbankan dengan nominal yang terjangkau oleh anak muda mulai dari Rp. 1.000.000,-. Untuk jangka waktunya bisa Anda sesuaikan dengan kondisi keuangan Anda mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, ataupun 2 tahun.

Terdapat beberapa jenis investasi deposito yang cocok untuk anak muda, diantaranya adalah sertifikat deposito, deposito berjangka, ataupun deposito on call. Untuk tingkat bunga yang diberikan pun bervariasi tergantung dari banyaknya uang yang didepositokan serta jangka waktu yang dipilih oleh nasabah.

5. Cryptocurrency


Bagi generasi milenial, jenis investasi untuk anak muda yang satu ini pastinya tidak akan asing lagi. Cryptocurrency banyak dipilih oleh para investor muda dengan tujuan mendapatkan kenaikan nilai mata uang kripto dalam jangka waktu tertentu. Tidak sedikit para investor mendapatkan keuntungan yang sangat besar disaat cryptocurrency mengalami lonjakan.

Bagi Anda yang masih pemula dalam bisnis investasi cryptocurrency, pastikan untuk memilih uang kripto yang memiliki kredibilitas baik dengan nominal yang kecil terlebih dahulu. Selain itu, Anda juga harus jeli dalam memantau harga serta perkembangan pasar mata uang kripto. Hal ini bertujuan untuk mempermudah Anda dalam menentukan target yang akan Anda lakukan.

Ternyata, untuk berinvestasi saat ini tidak harus memiliki penghasilan yang tinggi. Bahkan banyak investasi untuk anak muda yang dapat dijalankan dengan modal yang relatif terjangkau. Pilihlah investasi yang sekiranya mudah dan sesuai dengan kondisi keuangan yang Anda miliki. Selain mudah dan murah, jenis investasi di atas juga memiliki prospek yang cukup menjanjikan.

BACA JUGA!

Yuk Mulai Mengenal Asuransi Pendidikan untuk Buah Hati!

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA