Inilah 4 Cara Mematikan Update Windwos 10 Tercepat

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
cara-mematikan-windows-update-di-windows-10[1]
Daftar Topik

Windows 10 menawarkan banyak fitur baru yang cukup menarik dan keren. Tapi di sisi lain, update windows secara berlaka ini berdampak cukup buruk bagi kamu yang tengah hemat kuota internet. Hal ini lantaran adanya fitur Automatic Update di Windows 10 secara default tak bisa dimatikan, khususnya untuk Windows 10 Home.

Untuk itu di sini kita akan membahas bagaimana cara mematikan Automatic Update di Windows 10 secara paksa. Hal ini tentu dilakukan demi menghemat kuota internet. Bagaimana caranya? Setidaknya ada 5 cara yang bisa kamu terapkan.

Namun cara ini sangat tidak direkomendasikan bagi kamu dengan kuota internet super aman. Sebab, update yang dilakukan oleh Microsoft cukup penting. Tapi bagi kamu yang ingin kuotanya hemat, lebih baik mengikuti trik ini.

Cara Mematikan Update Windwos 10 Tercepat

Menggunakan Defer Upgrade

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu harus bisa mematikan automatic update secara halus lewat opsi Defer Upgrade. Di Defer Upgrade ini artinya, kita meminta windows 10 agar tidak mendownload dan menginstall update dalam waktu sampai maksimal 8 bulan.

Kelebihan dari Defer Upgrade, kamu tetap mendapat patch security sehingga windows 10 di perangkatmu terjamin keamanannya, tapi untuk update berupa fitur baru dan peningkatan fitur yang sudah ada, akan terhenti sehingga kuota kamu bisa tetap hemat.

Nantinya bila kamu memutuskan untuk update sebelum waktu tenggat yang kamu pilih saat mengaktifkan Defer Upgrade. Kamu tinggal mematikan Defer Upgrade dan langsung melakukan Check Update begitu terhubung ke jaringan dengan koneksi melimpah. Simple bukan?

Cara mengaktifkan Defer Upgrade pun sangat mudah. Tinggal buka Windows Update kemudian pilih Advenced Options. Setelah itu tinggal centang pada Defer Upgrade. Tapi sayangnya cara ini hanya terdapat di Windows 10 Pro saja. Untuk pengguna Windows 10 Home tidak bisa melakukan cara ini.

Menggunakan Metered Connection

Cara halus lainnya adalah dengan cara mengatur koneksi sebagai metered connection, dengan begitu Windows tak akan mendownload update sampai kamu terhubung ke koneksi internet yang non-metered. Cara ini hanya bisa dilakukan oleh pengguna Windows 10 dengan koneksi WiFi atau Mobile Broadband.

Untuk melakukan cara ini, kamu tinggal buka Setting, dengan perintah CTRL + I, kemudian menuju ke menu Network & Internet. Nah, setelah itu barulah pilih koneksi WiFi atau Mobile Broadband yang kamu gunakan kemudian pilih Advanced Options dan aktifkan opsi Set as metered connection.

Mematikan Service Windows Update

Jika kamu menggunakan cara yang satu ini, maka Windows Update akan mati total, termasuk untuk update patch security. Untuk itu bila kamu melakukan cara ini, pastikan untuk langsung melakukan update saat terhubung koneksi internet dengan kuota yang melimpah. Hal ini dilakukan supaya Windows kamu tetap secure dan juga optimal.

Untuk melakukan cara ini sangatlah sederhana, kamu tinggal mematikan automatic update di Windows 10, kemudian buka Service dan matikan servicenya. Kemudian cari Windows Update, klik kanan, lalu pilih opsi Properties. Setelah itu, Stop Windows Update Services itu dan ubah opsi Startup type ke Disabled.

Ingat, mematikan Windows Update Service membuat kamu tak bisa menggunakan Store dan tak bisa mendownload Modern App. Ini tentu resiko yang harus ditanggung oleh kamu.

Modifikasi Lewat Group Policy

Cara ini bisa dilakukan oleh pengguna Windows 10 Pro yang punya akses terhadap Group Policy. Tinggal buka Run dengan perintah Win +R kemudian ketikkan gpedit.msc lalu tekan enter. Nantinya akan muncul tampilan Computer Comfiguration, klik Administrative Template, kemudian Windows Component, terakhir Windows Update. Saat sudah sampai ini, klik kanan pada Configure Automatic Update kemudian edit.

Langkah selanjutnya adalah memilih opsi Enabled dan ubah automatic updating configuration ke Notify for download and notify for Install kemudian klik OK and Apply. Dengan langkah-langkah tersebut membuat perangkat kamu tidak akan langsung mendownload update yang berkala Windows 10. Kamu bakal menerima notifikasi terlebih dulu sebelum update.

Lewat Command Power Shell

Sebenernya ini adalah shortcut dari cara paksa #3, akan tetapi dibuat dalam bentuk powershell command supaya kamu lebih mudah mengaksesnya.

Untuk mematikan Windows Update service, kamu hanya perlu membuka PowerSheel dan eksekusi command, di bawah ini:

stop-service wuauserv

set-service wuauserv –startup disabled

Untuk memastikan services sudah benar-benar mati, periksa dengan command ini:

get-wmiobject win32_service –filter “name=’wuauserv’”

Jika sudah mati maka StartMode nya adalah Disabled dan State nya Stopped.

Untuk menghidupkan Windows Update service lagi, cukup eksekusi command ini

set-service wuauserv –startup manual

start-service wuauserv

itulah sejumlah cara yang bisa kamu coba untuk mematikan secara paksa update Windows 10. Tentu harus ditegaskan lagi jika ini bukanlah pilihan yang bijak kecuali bagi kamu yang benar-benar sedang hemat kuota. Hal ini karena Microsoft sekarang menempatkan Windows 10 sebagai layanan bukan Software. Untuk itu tidak heran jika Microsoft terus melakukan update-update. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP