Inilah 3 Doa Setelah Sholat Wajib yang Penting Dibaca

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
158-doa
Daftar Topik

Doa merupakan senjata yang dimiliki oleh kaum muslim. Membaca doa dan memiliki doa harian adalah hal penting yang harus dipahami oleh setiap muslim. Membaca doa memiliki khasiat tersendiri, dengan berdoa apa yang diinginkan oleh setiap muslim akan terwujud. Terlebih lagi doa yang dibaca pada waktu yang diijabah. salah satu waktu ijabah adalah setelah sholat fardhu. Oleh karena itu, doa setelah sholat wajib termasuk doa yang dibaca pada waktu mustajab.

Doa setelah sholat wajib memang memiliki keutamaan dan keunggulan tersendiri. Hal ini dikarenakan waktu yang digunakan untuk membaca doa. Setelah sholat fardhu merupakan salah satu waktu utama yang bisa digunakan untuk membaca doa. Berikut ini beberapa doa yang bisa dan penting dibaca pada waktu seseorang selesai melaksanakan sholat fardhu.

Memohon kepada Allah Agar Senantiasa Diberikan Keselamatan


Setiap orang dalam hidupnya pasti ingin memiliki keselamatan. Keselamatan memiliki arti dan makna yang luas. Bukan hanya keselamatan dalam diri saja. Keselamatan dapat meliputi keluarga yang dimiliki kemudian harta benda yang diperoleh. Oleh karena itu, doa meminta keselamatan merupakan doa yang penting dipanjatkan. Berikut ini merupakan doa setelah sholat wajib dengan memohon meminta keselamatan pada Allah.

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ

 وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Dalam doa tersebut, seorang muslim meminta keselamatan kepada Allah. menyerahkan segala urusan kepada Allah. Keselamatan yang ditunjukkan meliputi kesejahteraan hidup di dunia atau pun di Akhirat. Bahkan dalam mengiringi di setiap kehidupan menuju kematian. Keselamatan saat menempuh sakaratul maut dan sebagainya. Hendaknya setiap muslim selalu memanjatkan hal tersebut bukan hanya setelah sholat tetapi dalam setiap kesempatan yang dimiliki.

Memohon Kepada Allah untuk Orang Tua


Orang tua merupakan kebahagiaan terbesar untuk seorang anak. orang tua merupakan makhluk yang memiliki jasa mendalam bagi orang anak. Peranan nya yang turut penting dalam setiap kehidupan memberikan banyak jasa. Setiap anak yang ingin membalas jasa dan kebaikan orang tua pasti akan kesulitan. Hal tersebut dikarenakan seberapa besar balasan yang diberikan oleh anak, tetap tidak akan mampu membayar nya.

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَإِسْرَافَنَا فِي أَمْرِنَا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Dalam doa tersebut, seorang anak meminta perlindungan dan pengampunan kepada kedua orang tuanya. Berharap Allah selalu mengasihi mereka. Berdoa merupakan salah satu perbuatan yang disenangi oleh Allah. Pasalnya, pengembalian dalam bentuk apa saja tidak akan mampu memberikan bayaran pada jasa orang tua.

Oleh karena itu, hal yang bisa dilakukan oleh anak tidak lain adalah dengan berdoa. Doa setelah sholat wajib masuk dalam kategori doa yang diijabah oleh Allah. dengan demikian akan sangat sayang apabila waktu setelah sholat fardhu tidak digunakan untuk berdoa pada Allah.

Memohon Segala Bentuk Ampunan dan Doa Ijabah


Setiap orang pasti tidak terlepas dari yang namanya dosa. Baik dalam keadaan sadar atau pun tidak sadar. Dengan demikian, jiwa yang penuh dosa haruslah dituntaskan dengan meminta pengampunan yang nyata kepada Allah. Berdoa memohon ampun merupakan salah satu solusi tepat. Bukan hanya berdoa, namun juga mengamalkan berbagai kebaikan untuk kepentingan hidup orang banyak. Doa ini termasuk dalam doa setelah sholat wajib yang penting untuk dibaca.

رَبَّنَا إِنَّنَا آمَنَّا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Dalam doa tersebut seorang muslim berusaha meminta berbagai pengampunan dari Allah atas segala bentuk dosa yang telah dilakukan. Karena sekecil apapun dosa yang dilakukan, pasti akan memiliki pertimbangan dan juga balasan kelak di akhirat. Karena manusia merupakan makhluk yang selalu berbuat dosa, maka meminta pengampunan amatlah penting.

Kemudian dalam doa tersebut juga terdapat suatu permohonan yang berisi meminta agar setiap doa yang dipanjatkan selalu terkabul. Karena hal tersebut yang paling diinginkan oleh setiap manusia. Allah memiliki banyak sekali rahmat dan ampunan nya. Dengan demikian, Apabila setiap orang berdoa dengan sungguh-sungguh, maka tidak mungkin Allah tidak mengabulkna doanya.

Banyak sekali yang lalai terhadap beribadah kepada Allah. bahkan berkaitan dengan hal yang paling mudah dilakukan saja, orang terkadang lali dan lupa. Perlu di pahami bahwa waktu yang digunakan untuk berdoa, terlebih setelah melakukan sholat wajib merupakan waktu yang paling mustajab. Jadi, akan sangat disayangkan jika melewatkan hal tersebut.

Manusia seharusnya menggunakan kesempatan ini untuk terus meminta pengampunan dan keberkahan kepada Allah. Pengampunan dalam bentuk apa saja. Kemudian selalu memanjatkan doa yang ditujukan kepada orang tua. Karena setiap anak hanya mampu membalas dengan doa yang selalu dibacakan.

Dengan demikian, setiap orang layaknya memanfaatkan waktu yang berharga untuk selalu memanjatkan doa kepada Allah. karena segala bentuk aktivitas yang dilakukan, segala bentuk dan jenis usaha yang dilakukan, semua akan bergantung pada kehendak Allah. Oleh karena itu, memanjatkan doa setelah sholat fardhu kepada Allah merupakan bentuk tawakkal yang dilakukan seorang muslim. Jadi, berdoa merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

BACA JUGA!

Inilah Kedahsyatan Kalimah Hasbunallah Wanikmal Wakil

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP