Inilah 11 Manfaat Keanekaragaman Hayati Bagi Kehidupan

Kita tentu tahu bahwa Indonesia memiliki bentangan alam yang sangat luas dan terdapat keanekaragaman hayati di dalamnya. Keanekaragaman hayati tersebut terdiri dari flora dan fauna yang perlu kita jaga kelestariannya. Sebab, keanekaragaman hayati tersebut sangat penting untuk kelangsungan makhluk hidup, baik itu hewan, tumbuhan, maupun manusia. Keanekaragaman hayati sendiri maksudnya adalah keberagaman mahkluk hidup yang teridiri dari semua gen, spesies dan juga ekosistem di suatu daerah.

Keanekaragaman hayati memiliki beragam manfaat untuk keberlangsungan kehidupan ini, apa saja manfaatnya? Simak ulasannya di bawah ini:

Manfaat Keanekaragaman Hayati

Sumber Pangan

Keanekaragaman hayati yang ada di sekeliling bisa dijadikan sebagai sumber pangan untuk manusia. Terlebih sumber pangan merupakan sumber energi manusia dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Hal ini karena manusia tidak bisa memproduksi makanan sendiri. Makanan dan minimal yang setiap harinya dikonsumsi oleh manusia berasal dari makhluk hidup lain.

Di Indonesia sendiri setidaknya ada 400 jenis tanaman penghasil buah, 70 jenis tanaman umbi, 370 jenis sayuran dan 55 jenis rempah-rempah. Tidak lupa, terdapat juga beragam jenis hewan yang bisa dikonsumsi oleh manusia.

Sumber Sandang

Keanekaragaman hayati merupakan sumber sandang bagi manusia. Sandang atau yang berarti pakaian ini adalah kebutuhan dasar bagi manusia. Pakaian sendiri terbuat dari serat yang bahan dasarkan adalah kulit hewan, kapas, ulat sutera, dan lain-lain.

Sumber Papan

Manfaat yang didapatkan manusia dari keanekaragaman hayati di Indonesia sangatlah banyak. Untuk sumber papan atau tempat tinggal, manusia memanfaatkan alam guna melindungi diri dari gejala alam itu sendiri, misalnya hujan, badai, panas dan lain sebagainya. Sumber papan sangat bermanfaat terutama saat melihat dari rumah adat Indonesia, yang sebagian besar memanfaatkan bahan kayu sebagai bahan utama bangunannya.

Sumber Pemenuhan Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan sekunder manusia harus tetap dipenuhi dalam rangka kebahagiaan diri dan juga cara manusia dalam menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga mereka. Keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia tentu saja membuat warga Indonesia memiliki banyak sekali destinasi yang bisa dituju untuk menghilangkan sejenak penat mereka akan kegiatan super sibuk setiap harinya.

Sebagai Sumber Obat-Obatan

Bukan hal yang aneh, di Indonesia memang obat tradisional mendapatkan tempat tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Hal ini pun didukung dengan tersedianya beragam tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai obat tradisional. Setidaknya ada 30.000 spesies tumbuhan di Indonesia, dan 950 di antaranya merupakan tanaman obat, bahkan 250 spesies telah digunakan sebagai obat di industri obat herba local.

Sebagai Bahan Kosmetik

Keanekaragaman hayati tentu memberikan manusia banyak kemudahan dalam berbagai hal, tidak terkecuali dalam merawat diri. Banyak sekali tumbuhan atau pun hewan yang dapat dimanfaatkan untuk bahan kosmetik. Di Indonesia sendiri bahan-bahan tersebut tidak sulit untuk ditemukan. Bahkan beberapa di antaranya tidak usah diolah terlebih dahulu alias bisa langsung dipakai.

Sebagai Aspek Budaya

Indonesia tak hanya memiliki keanekaragaman hayati yang kaya, namun juga keanekaragaman suku budayanya. Setidaknya ada 350 suku di Indonesia. Tiap suku tersebut memiliki kepercayaan, adat dan budaya yang berbeda. Ini salah satu bukti yang paling khas dari Indonesia dan juga bukti bahwa Indonesia merupakan negara heterogen. Tiap suku tersebut memiliki cara tersendiri dalam memperlakukan tumbuhan dan hewan, karena memiliki acara keagamaan atau kepercayaan yang berbeda.

Sebagai Sumber Pendapatan

Keanekaragaman hayati yang sangat beragam di Indonesia bisa dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan. Masyarakat bisa menjual tanaman atau pun hewan yang sudah mereka urus sebelumnya, misalnya dari hasil pertanian maupun peternakan. Pilihan jenis pertanian dan peternakan di Indonesia sangatlah banyak. Hal ini membuat masyarakat bisa memilih apa yang terbaik untuk bisnisnya sesuai dengan target yang sudah dicanangkan.

Sebagai Sumber Plasma Nutfah

Apa kamu tahu apa itu plasma nutfah? Plasma nutfah merupakan bagian dari hewan, tumbuhan atau pun atau pun mikroorganisme yang memiliki kemampuan mewariskan sifat. Plasma nutfah sangat berguna dalam merakit varietas unggul dari sebuah spesies supaya tidak rentan terhadap penyakit dan lebih produktif serta dapat mewariskan gen unggul tersebut dari generasi ke generasi.

Sebagai Sumber Keilmuan

Untuk menghasilkan pertanian dan peternakan yang unggul, manusia harus mempelajari tentang bagaimana cara mengembangbiakkan tumbuhan atau hewan tersebut agar menghasilkan bibit atau anakan unggul. Ilmu-ilmu yang didapat dalam mempelajari hewan dan tumbuhan tersebut tentu menambah pengetahuan manusia agar dapat memanfaatkan alam dengan lebih baik lagi tanpa harus merusaknya.

Sebagai Penyeimbang Ekosistem

Ya, keanekaragaman hayati di dunia ini merupakan penyeimbang ekosistem dan juga penentu keberlangsungan ekosistem di masa yang akan datang. Tiap makhluk yang merupakan bagian dari keanekaragaman hayati memiliki peran tersendiri dalam ekosistem sehingga harus dilestarikan.

Itulah sejumlah manfaat dari keanekaragaman ekosistem yang harus kamu tahu. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan kamu. (elevenia)