Inilah 10 Perusahaan Terbesar di Dunia Saat Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
zdikfs3pqqofz8615xce-768x477[1]
Daftar Topik

Setiap orang pasti memiliki mimpi, dan mereka akan mengusahakan beragam cara untuk mencapai mimpinya tersebut. Ada yang ingin menjadi pegawai kantoran, ada pula yang ingin bekerja dengan menciptakan sebuah lapangan pekerjaan baru. Apapun yang dipilih semuanya baik untuk kesuksesan dalam kehidupan ini.

Namun ada beberapa orang yang berhasil meniti kariernya sangat tinggi sehingga membuat perusahaan yang dibangunnya menjadi salah satu perasaan besar di dunia. Berbicara soal perusahaan besar di dunia, ada sejumlah perusahaan besar yang saat ini cukup menguasai dunia, apa saja perusahaannya? Simak ulasannya di bawah ini:

Perusahaan Terbesar di Dunia Saat ini

Industrial and Commercial Bank of China, China

ICBC adalah bank yang berbasis di China. Bank ini menjadi salah satu bank komersial terbesar yang ada di China selain, Agricultural Bank of China, Bank of China dan China Contruction Bank. Saking besarnya, set yang dimiliki ICBC mencapai RMN 11 triliun atau setara USD 1.6 triliun. Hingga saat ini IDBC sudah memiliki 18.000 outlet yang termasuk 106 kantor cabang di dalam maupun luar negeri.

China Construction Bank, China

China Construction Bank adalah bank komersil terbesar lainnya di China. Bank ini sendiri berdiri pada tahun 1 Oktober 1954. Bank yang satu ini dikenal sebagai bank kapitalisasi pasar. 13.629 cabang telah dimiliki oleh bank yang satu ini di cabang domestic. Hal tersebut belum termasuk cabang yang ada di luar negeri seperti di Hongkong, Seoul, New York, Sydney dan lainnya. Pada tahun 2009, aset yang dimiliki oleh China Construction Bank mencapai RMB 8.7.

Agricultural Bank of China, China

Bank yang dikenal dengan sebutan Agbank ini didirikan pada tahun 1952. Kantor pusatnya sendiri berada di Beijing. Bank ini memiliki cabang yang sangat banyak, bahkan termasuk ke dalam yang terbanyak memiliki kantor cabang di seluruh China, Hongkong sampai Singapura. Bank ini termasuk ke dalam bank pemberi penjamin ketiga terbesar yang ada di Tiongkok.

Bank Of China, China

Bank ini didirikan pada tahun 1912 yang menggantikan Bank Pemerintah Imperial China. Bank tertua di Tiongkok ini telah mengeluarkan uang kertas langsung atas nama pemerintah China yang bekerja sama dengan 3 bank lainnya. Bank of China ini bisa dibilang sebagai bank yang paling internasional dibandingkan dengan bank yang lainnya di China. Hal ini karena cabang dari bank yang satu ini hampir ada di seluruh dunia, mulai dari Australia, Inggris, Kanada, Indonesia, Thailand, Korea Selatan dan negara lainnya.

Berkshire Hathaway, United States

Berkshier Hathaway adalah perusahaan konglomerasi yang berpusat di Ohama, Nebraska, Amerika Serikat. Bisnis utama dari perusahaan ini adalah asuransi properti dan asuransi jiwa. Perusahaan yang satu ini dikenal sebagai perusahaan suransi yang tidak takut memberikan pengembalian tahunan yang sangat tinggi yaitu 25% pada para pemilik saham di 25 tahun belakangan ini. Perusahaan ini sangat terpengaruh oleh Warren Buffet yang merupakan salah satu investor terkenal dan salah satu yang terkaya di US.

JPMorgan Chase, United States

JPMorgan Chase and Co adalah perusahaan sekuritas, perbankan eceran global dan perbankan investasi dengan pusatnya berada di New York City, Amerika Serikat. Perusahaan firma yang satu ini menyediakan banyak sekali jasa keuangan dengan level yang cukup besar. Aset yang dimiliki oleh perusahaan ini senilai USD2 triliun dan dikenal sebagai institusi perbankan Amerika terbesar kedua kapitalisasi di negara ini.

Exxon Mobil, United States

Exxon mobil berpusat di Texas. Perusahaan ini merupakan penghasil sekaligus pengecer minyak yang berdiri pada di tahun 1999 lewat penggabungan Exxon dan Mobil. ExxonMobil juga menjadi induk perusahaan bagi Exxon, Mobil dan juga Esso di seluruh dunia. Perusahaan ini dikenal sebagai perusahaan terbuka yang terbesar di dunia. Laba bersih perusahaan ini di tahun 2011 mencapai USD 41.060.

PetroChina, China

PetroChina adalah perusahaan asal China yang bergerak di sector energi. Perusahaan ini memiliki fokus utama yaitu pertambangan minyak dan gas. Perusahaan ini memiliki penjualan sekitar USD 328.5 miliar dengan total laba mencapai USD 21.1 miliar. Tidak heran jika perusahaan ini menjadi salah satu perusahaan terbedar di dunia. Bahkan total nilai pasar PetroChina mencapai RSD 202 miliar dengan total asetnya USD 386.9 miliar.

General Electric, United States

General Electric (GE) adalah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang teknologi dan jasa. Basis perusahaan ini berada di New York. Thomas Edison adalah pendiri dari perusahaan ini sejak tahun 1890. GE pernah menempati posisi ke-26 sebagai perusahaan berpendapatan kotor paling besar di Amerika menurut Forbes 500. Pada saat yang sama, perusahaan ini pun masuk sebagai salah satu dari perusahaan paling menguntungkan. Bahkan GE menerima 2 kali Nobel untuk karyawannya, yaitu Ivar Glaever dan Irving Langmuir.

Wells Fargo, United States

Wells Fargo merupakan sebuah bank keempat terbesar di US. Bank ini sendiri bebasis di San Franssico, California, Amerika Serikat. Bank yang satu ini berdiri pada tahun 1852 dan telah memperkerjakan 276.000 orang di tahun 2009. Di tahun 2007, Wells Fargo mendapatkan peringkat AAA oleh S&P. Namun kemudian mengalami penurunan menjadi AA karena dianggap terlimbas krisis keuangan global di tahun 2007 sampai tahun 2012.

Itulah sejumlah perusahaan terbesar di dunia yang harus kamu tahu. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP