Inilah 10 Manfaat Chia Seed Bagi Kesehatan Tubuhmu

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Untuk sejumlah orang, mungkin saja Chia Seed terdengar asing di telinga. Sekedar informasi, chia seed merupakan biji dari tanaman mint yang biasanya tumbuh di wilayah padang pasir. Tanaman yang satu ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi dan juga manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Bagi kamu yang belum tahu, berikut ini manfaat dan khasiat yang bisa kamu dapatkan dari chia seed.

Sebelum itu, kamu harus tahu lebih jauh mengenai chia sheed ini. Makanan ini mengandung banyak nutris seperti Omega-3, Protein, Fiber, Kalsium dan juga Anti Oksidan. Biji ini sangat aman dikonsumsi karena merupakan biji-bijian alami yang tidak mengalami proses apapun sehingga bebas bahan kimia.

Biji yang satu ini biasanya bisa langsung dikonsumsi dengan mencampurkannya langsung dengan makanan. Chia seed tersendiri ada dua jenis yaitu chia seed putih dan hitam. Sebenarnya kedua jenis tersebut tidak ada perbedannya, rasa dari chia seed putih lebih gurih. Lalu, apa saja manfaatnya? Simak penjelasannya di bawah ini:

Manfaat Chia Seed Bagi Tubuh

Membantu Dalam Menurunkan Berat Badan

Biji chia mampu mencegah penyerapan kalori dalam tubuh. Chia seed bisa menyerap air lebih banyak karena dapat membentuk air menjadi gel. Hal ini dapat memberikan efek kenyang yang lama. Tak hanya itu, mengkonsumsi biji yang satu ini juga dapat membantu seseorang dalam mengatasi keinginan untuk makan atau pun ngemil.

Hidrasi untuk Atlet

Biji chia yang satu ini mampu menghidrasi tubuh seorang atlet. Hal ini membuat atlet yang tengah bertanding lebih bisa mengontrol buang air kecilnya.

Menyerap Gula Dengan Baik bagi Penderita Diabetes

Biji chia bisa memperlambat proses konversi karbohidrat di dalam tubuh menjadi gula darah. Hal ini sangat aman bagi penderita diabetes.

Bebas Gluten

Protein yang ada dalam biji chia tak punya dampak kurang baik untuk seseorang. Hal ini karena beberapa orang memang sensitif terhadap gluten.

Mengandung Omega-3

Chia seed merupakan makanan yang punya kandungan Omega-3 paling tigngi dan diketahui bahwa kandungan Omega-3nya lebih besar dibandingkan ikan salmon.

Membantu Meningkatkan Nafsu Makan, Tidur dan Mood

Kandungan triptofan di biji chia diketahui punya manfaat dalam meningkatkan nafsu makan, tidur dan juga mood seseorang menjadi lebih baik.

Membantu Proses Pembentukan Tulang dan Juga Gigi

Chia seed ternyata juga mampu dalam membantu proses pembentukan tulang dan juga gigi. Bahkan chia seed juga dapat memperbaiki sel yang rusak. Hal ini karena, kandungan fosfor yang tinggi dalam biji chia.

Kaya Kandungan Mineral Mangan

Biji yang satu ini sangat kaya akan kandungan mineral mangan. Mangan memang terdengar kurang familiar, namun tetap saja mangan dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk menjaga kesehatan.

Membantu Mencegah Peradangan dan Jantung

Chia seed ini sangat baik dalam membantu dalam mencegah peradangan, mengatasi alergi serta depresi, gangguan jantung dan juga mampu dalam menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Membantu Dalam Proses Detoksifikasi

Biji yang satu ini ternyata juga baik dalam mengikat dan juga membawa keluar toxin-toxin yang terdapat di dalam empedu dan juga usus manusia. Sehingga, dapat mengeluarkan racun dari tubuh. Tubuh pun terhindar dari beragam penyakit.

Manfaat dari chia seed memang sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Mungkin sebagian dari kamu masih bingung bagaimana cara memanfaatkan chia seed untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk itu, di bawah ini adalah cara terbaik dalam mengonsumsi chia seed.

Cara Mengonsumsi Chia Seed

  • Biji chia seed ini punya tekstur yang lumayan lembut sehingga bisa dicampurkan dengan nasi, sereal, yoghurt, dan berbagai minuman.
  • Kebanyakan orang mengonsumsi chia seed dengan cara mecampurkannya dengan air minum. Selanjutnya diminum secara biasa.
  • Biji chia seed pun bisa diolah menjadi jelly atau yang lebih sering disebut agar-agar. Caranya pun sangat mudah, kamu tinggal melarutkan 8 sendok biji chia seed yang ditambahkan dengan 2 gelas air putih, setelah itu aduk hingga rata dan simpan dalam lemari es.
  • Tak hanya diolah menjadi agar-agar, kamu juga dapat menambahkan jelly dari chia seed ini bisa kamu tambahkan dalam puding atau pun juga saus salad.
  • Chia seed juga bisa kamu masukkan ke dalam jus buah berbagai rasa.
  • Saat kamu memakan buah yang sudah dipotong-potong, kamu juga bisa menaburkan biji chia seed untuk menambah nutrisi.
  • Kandungan nutrisinya akan lebih tinggi bila kamu merendam biji chia seed cukup lama.

Itulah sejumlah pembahasan terkait dengan manfaat chia seed untuk kesehatan. Semoga artikel yang satu ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencoba biji yang satu ini? Tentu kamu harus mencobanya bukan? Karena kandungan dalam biji chia ini sangat kaya dan bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA