Ini Ucapan Doa Untuk Orang Menikah Yang Benar

0

Tak bisa dipungkiri jika pernikahan menjadi salah satu impian bagi pasangan kekasih, karena akan sah menjadi pasangan suami istri. Pernikahan menjadi salah satu momen yang paling bahagia yang mana momen tersebut tidak akan pernah mereka lupakan. Acara pernikahan pun tentu tidak akan dirasakan oleh pasangan pengantin saja namun juga dirayakan oleh tetangga, sanak keluarga, bahkan teman-teman pun turut berbahagia.

Nah, sebagai umat muslim yang tahu akan agama tentu Anda juga harus mendoakan pasangan pengantin tersebut agar kehidupan rumah tangga mereka pun selalu diberkahi dan diberikan kemudahan. Lalu seperti apa doa untuk orang menikah yang harus diucapkan?

1. Ucapan Doa untuk Pengantin yang Baik


Sebetulnya terdapat ucapan selamat pernikahan yang memang disunnahkan oleh syara’, yang mana ucapan tersebut juga menjadi doa  untuk orang menikah yang sunnah untuk diucapkan. Yakni:

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

“Semoga Tuhan (Allah) selalu memberikan barokah dari atasmu, dan semoga Allah selalu memberikan banyak kebaikan diantara kalian berdua”.

Selain itu, terdapat sebuah hadist yang berisikan sebuah doa untuk pengantin baru yang diriwatkan oleh abu Hurairah r.a:

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وآله وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا رَفَّأَ الإِنْسَانَ إِذَا تَزَوَّجَ قَالَ: «بَارَكَ اللهُ لَكَ، وَبَارَكَ عَلَيْكَ، وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ» رواه الترمذي

Di mana do’a tersebut menjadi salah satu doa dari Nabi Muhammad SAW, yang selalu diberikan kepada orang yang sudah menikah.

Terdapat beberapa doa lain yang diriwayatkan oleh beberapa perawi lain, Seperti halnya di bawah ini:

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

” ya Allah ampunilah mereka berkahilah mereka dan juga sayangilah mereka pada apa apa yang telah engkau berikan dan karuniakan kepada mereka”. (Hadits riwayat Ahmad)

Terdapat dua lain yang diriwayatkan oleh imam muslim yakni:

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ، وَاغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ

“Ya Allah, berkahilah apa-apa yang telah kau berikan dan karuniakan kepada mereka, Ampunilah mereka dan sayangilah mereka.” (Hadist Riwayat Muslim).

Terdapat dua lain yang sering kali diucapkan ketika mendoakan pasangan pengantin yakni:

اَللّٰهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِيْ، وَاسْقِ مَنْ سَقَانِيْ

” Ya Allah berikanlah makan untuk orang-orang yang telah memberikan aku makan dan berikanlah minuman kepada orang-orang yang telah memberikanku minuman”.

Dan untuk yang terakhir ada doa dengan lafadz seperti berikut ini:

أَفْطَرَ عِنْدَكُمُ الصَّائِمُوْنَ، وَأَكَلَ طَعَامَكُمُ اْلأَبْرَارُ، وَصَلَّتْ عَلَيْكُمُ الْمَلاَئِكَةُ

“Setelah berbuka orang-orang yang diisi kalian saat berpuasa, dan sudah menyantap makanan dengan orang-orang yang baik sehingga para malaikat pun telah mendoakan kalian berdua”.

2. Doa yang Baik Bagi Calon Pengantin


Ketika Anda tengah menemani teman ataupun saudara di dalam acara persiapan pernikahan maka Anda bisa memanjatkan doa untuk orang menikah agar mendapat kelancaran menjelang hari pernikahannya nanti. Sebab umumnya terdapat banyak sekali ujian yang akan datang kepada orang-orang yang akan menanti hari pernikahan. Itulah mengapa terdapat beberapa doa yang bisa kamu lakukan kepada calon pengantin, yang mana doa tersebut adalah potongan dari surat Alquran.

Doa yang diperuntukkan untuk calon pengantin bisa kamu sampaikan kepada teman ataupun saudara juga menjadi doa agar bisa memperoleh jodoh yang baik.

Doa tersebut merupakan potongan dari Quran surat asy-syu’ara ayat 83:

رَبِّ هَبْ لِي حُكْمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ

” Ya Tuhanku berikan kepada diriku hikmah serta masukkanlah aku menjadi orang yang termasuk dalam golongan orang yang saleh”.

Doa untuk Memohon Kelancaran Pernikahan


Kemudian Anda juga bisa mengucapkan doa untuk pasangan yang akan menikah agar diberikan kelancaran dalam mempersiapkan acara pernikahan. Doa tersebut adalah potongan dari Quran surat Al Kahfi ayat 10:

إِذْ أَوَى الْفِتْيَةُ إِلَى الْكَهْفِ فَقَالُوا رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

” ingatlah ketika para pemuda tersebut mencari tempat berlindung ke dalam goa, kemudian mereka berdoa: ya Tuhan kami berikanlah kami rahmatmu dan juga sempurnakanlah kami dengan petunjuk mu yang lurus di dalam urusan kami ini”.

Anda bisa memberikan doa tersebut kepada calon pengantin sehingga mereka selalu mengamalkan doa tersebut. Tentu doa ini memiliki tujuan agar pernikahan dapat berlangsung dengan lancar tanpa adanya kendala sama sekali.

Dengan mengucapkan sebuah doa kepada calon pengantin ataupun doa untuk orang menikah, tentunya akan memberikan kedua pasangan tersebut mendapatkan banyak keberkahan. Entah itu, untuk kelancaran acara pernikahan ataupun keberkahan pada saat mengarungi bahtera rumah tangga.

Sebagai umat muslim yang baik tentunya kita harus memberikan doa-doa yang baik kepada pasangan menikah. Sebab, doa yang telah kita ucapkan nantinya akan kembali pada kita sendiri. Anda pun bisa menghafalkan doa-doa diatas, agar mendapatkan banyak keberkahan.

BACA JUGA!

Bacaan Dzikir Setelah Sholat yang Lengkap

Update Terbaru elevenia:

Kenalan sama eMart: