Ini Lho Arti Peraturan Ganjil Genap

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Kemacetan yang ada di Indonesia memang menjadi momok tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Karena kemacetan memang bukan hanya terjadi di ibu kota namun di kota- kota di lain daerah. Kemacetan yang biasanya terjadi di ibu kota memang sangat parah bahkan mengakibatkan penumpukan kendaraan di jalan karena kendaraan sama sekali tidak bisa bergerak dengan cepat. Umumnya kemacetan ini berlangsung pada saat pagi hari dimana banyak orang yang berangkat kerja dan pulang dari bekerja.

Sudah banyak upaya yang di lakukan oleh pemerintah untuk bisa mengatasi kemacetan parah di ibu kota. Dari membangun jalan tol lagi, memperlebar jalan hingga penerapan peraturan genap ganjil. Peraturan genap ganjil memang baru saja di terapkan walaupun dampaknya belum terlalu besar namun sangat efektif untuk bisa mengurangi kemacetan yang ada di jalanan ibu kota.

Aturan Ganjil Genap di Jakarta

Aturan genap ganjil yang ada di Jakarta memang sudah berlaku sepenuhnya dan tidak ada lagi sebuah sanksi peringatan karena sanksi yang akan di berikan adalah harus membayar denda yang cukup banyak yakni 500 ribu. Tentu saja, uang dengan jumlah itu adalah jumlah yang sangat banyak dan sayang sekali jika harus di gunakan untuk membayar tilang bukan. Itulah sebabnya lebih baik jika kita semua mengetahui dan meneliti dari aturan genap ganjil.

Peraturan genap ganjil ini bukan hanya di tujukan kepada warga Jakarta saja, apalagi untuk orang- orang yang memang setiap harinya harus wara-wiri di jalanan ibu kota Jakarta. Justru aturan wajib untuk di pahami oleh warga dari luar Jakarta. Hal ini dikarenakan, warga dari luar Jakarta kemungkinan besar menjadi salah satu orang yang terkena dari program genap ganjil jika tidak mengetahui aturannya maka akan sangat membahayakan.

Pemerintah Jakarta memang sengaja menerapkan sebuah peraturan genap ganjil dengan denda maksimal, hal ini memiliki tujuan agar bisa membuat pada pelanggar jera. Masalahnya, banyak sekali pelanggar yang memang tidak sengaja karena memang tidak mengetahui dengan benar aturan genap ganjil. Selain itu, jalanan di Jakarta sangat jarang di temukan papan pengumuman untuk jalan genap ganjil. Bahkan ada papan pengumumannya namun ternyata berada dekat dengan jalanan yang di gunakan untuk genap atau ganjil sehingga banyak orang yang terlanjur masuk ke jalan tol tersebut.

Waktu Pemberlakuan Aturan Ganjil Genap

  • Pada hari senin sampai jum’at menjadi 2 waktu yakni 07.00- 10.00 dan 16.00- 20.00.
  • Pada sabtu dan minggu atau hari libur nasional peraturan tidak berlaku.

Yang Dikecualikan

  • Mobil Presiden dan Wakil Presiden RI.
  • Pejabat tinggi Negara plat RI.
  • Kendaraan dinas.
  • Mobil pemadam kebakaran.
  • Mobil ambulans.
  • Angkutan umum dengan plat kuning.
  • Angkutan barang yang dispensasi).
  • Sepeda motor.

Ruas Jalan

Yang menggunakan aturan genap ganjil adalah semua ruas jalan yang dahulu terkena aturan 3 in 1. Yakni JL. Medan Merdeka Barat, JL. Thamrin, JL. Jenderal Sudirman, JL. Sisingamangaraja dan di beberapa bagian JL. Jenderal Gatot Subroto yakni Simpang Kuningan hingga Gerbang pemuda.

Daerah yang Dilakukan Pengawasan

Umumnya kepolisian akan melakukan pengawasan dengan cara acak yang berada pada 9 titik yang terkena peraturan genap ganjil, yakni:

  • Simpang BI atau bank Indonesia.
  • Bundaran patung kuda.
  • Bundaran HI atau hotel Indonesia.
  • Simpang sarinah.
  • Simpang imam bonjol.
  • Simpang CSW.
  • Simpang Kuningan yakni sisi timur dan juga selatan.
  • Bundaran Senayan.

Pada setiap jalan yang terkena genap ganjil memang terdapat CCTV untuk memantau jalan. Tentu saja, jika Anda akan menggunakan rute tersebut maka sebaiknya untuk berhati dan pastikan jika mobil Anda plat sesuai aturan. Untuk mobil yang memiliki plat dengan akhir genap maka hanya boleh beroperasi pada tanggal genap. Kemudian, untuk mobil dengan plat ganjil maka hanya boleh beroperasi pada tanggal ganjil. Untuk itulah, Anda perlu untuk lebih meneliti dan mengetahui bagaimana peraturan dari genap ganjil. Selain itu, jika Anda memang memiliki pekerjaan di Jakarta dan selalu langganan dengan taksi online maka usahakan untuk memilih taksi online dengan plat sesuai tanggal sehingga tidak akan kejadian tertilang.

Nah, itulah sekilas ulasan yang dapat di berikan kepada Anda mengenai peraturan ganjil genap yang ada di Jakarta. Semoga dengan adanya ulasan di atas bisa membantu dan bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA