Ini Dia Trik Paling Mudah dalam Mengatasi Komputer Lemot

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
2110-windows
Daftar Topik

Mempunyai laptop yang lemot tentu seringkali membuat kita jengkel karena pada saat kita ingin mengerjakan tugas atau mengerjakan pekerjaan kantor terhambat karena laptop yang tiba-tiba bermasalah. Bahkan tak heran banyak orang yang akan mengganti laptop dengan yang baru ketika laptop sudah lemot ketika digunakan. Padahal cara yang seperti itu bisa membuat kamu boros.

Dan cara yang paling tepat untuk bisa memulihkan komputer agar tidak lemot saat digunakan ialah dengan mengatasi sendiri ataupun bisa langsung datang tempat service laptop. Namun, perlu kamu ketahui jika sebetulnya dalam mengatasi laptop yang lemot memang gampang-gampang susah, terlebih lagi kamu yang tidak memiliki pengalaman sama sekali dalam memperbaiki laptop.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk melakukan perbaikan sehingga laptop pun tidak mengalami lemot.

Hardisk Diganti dengan SSD


Cara pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi laptop yang lemot ialah dengan mengganti harddisk dengan SSD. Pastinya kamu sudah paham betul jika SSD mempunyai kecepatan baca serta tulis yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan hardisk. Itulah mengapa tak heran jika penggunaan dari SSD pada laptop

Lebih banyak disukai terlebih lagi untuk kamu yang menggunakan laptop dengan Windows 10. Akan tetapi ada satu hal yang perlu kamu ingat yakni SSD sendiri dijual dengan harga yang cukup mahal jadi kamu perlu memastikan jika SSD yang kamu beli memiliki kapasitas yang sesuai dengan kantong mu.

Kapasitas RAM Ditambah dan Rutin membersihkan Hardware


Acara berikutnya yang sangat seringkali digunakan oleh para mahasiswa ialah dengan menambah kapasitas RAM. RAM sendiri memiliki fungsi guna menyimpan data secara sementara dan apabila semakin besar kapasitas RAM yang ada di laptop maka akan semakin banyak pula aplikasi yang dapat kamu sarankan secara bersamaan. Jadi yang kamu miliki pun terbebas dari yang namanya lemot.

Apakah kamu tahu jika hardware laptop tidak pernah dibersihkan sehingga menjadi kotor rupanya juga menjadi penyebab dari laptop yang lemot. Hal ini dikarenakan debu-debu yang telah masuk ke dalam mesin tersebut akan menjadikan laptop jauh lebih panas serta performanya menurun. Itulah mengapa kamu sebisa mungkin untuk rutin membersihkan komponen-komponen yang ada di laptop agar mengurangi lemot. cara ini sangat mudah untuk dilakukan karena kamu tidak perlu menggunakan aplikasi lain untuk mengatasinya.

Windows Diinstal Ulang atau Menggunakan Sistem Operasi yang Jauh Lebih Ringan


Apabila kamu sering kali memakai laptop dalam jangka waktu yang sangat lama pastinya lemot merupakan hal yang sangat wajar. Maka cara yang selanjutnya ialah kamu bisa menginstal ulang Windows yang ada di laptop yang kamu gunakan. Bisa dikatakan cara ini memang sangat simpel dan paling mudah dilaksanakan karena begitu kamu menginstal Windows yang baru laptop pun akan jauh lebih fresh.

Cara lain yang seringkali dipakai oleh beberapa orang bahkan hasilnya pun sangat memuaskan. dengan kata lain kata lain kamu diharuskan untuk menginstal ulang serta menghapus seluruh partisi yang ada di dalam laptop.

Menghapus Aplikasi yang Tidak Dipakai serta Sering Memindai dengan Antivirus


Untuk kamu yang memiliki laptop dengan kapasitas harddisk ataupun RAM yang kecil akan jauh lebih baik jika aplikasi yang tidak pernah digunakan segera dihapuskan hal tersebut juga mempengaruhi performa dari laptop. Dan jangan sampai kamu membiarkan aplikasi tersebut menumpuk di laptopmu.

Bila perlu kamu bisa memakai aplikasi yang ringan saja terlebih lagi pada aplikasi-aplikasi yang untuk internetan. Jika dibandingkan dengan memakai krom yang memiliki kapasitas yang berat maka akan jauh lebih baik jika memakai Opera karena memang sudah terbukti lebih ringan. Pastinya dengan cara yang seperti ini pun kamu bisa internetan dengan lancar sehingga tidak perlu takut lagi laptop lelet.

Dan itu kamu pun juga mengganti aplikasi aplikasi lain yang cukup berat seperti halnya Adobe Photoshop yang diganti dengan gimp, dan masih banyak lagi.

Laptop yang sering kali lelet pada saat digunakan karena memang memang tidak pernah dipindah dengan antivirus. Pastinya kamu sering mengalami hal tersebut ketika mengetik dokumen membuka aplikasi ataupun tengah browsing. Cara yang paling tepat ialah kamu harus sering kali memindai laptop dengan menggunakan antivirus sehingga bisa mendeteksi virus yang ada di laptop. Dan hal tersebut secara otomatis pun kamu bisa menghapus virus yang menyebabkan laptop lemot.

Itulah sekilas info yang pernah diberikan kepada kamu mengenai teknik-teknik dalam mengatasi laptop yang lemot. Semoga saja dengan adanya informasi diatas dapat bermanfaat serta menambah wawasan untuk kamu yang sering kali mengalami lemot pada laptop.

BACA JUGA! PENGERTIAN SWITCH DAN FUNGSI SWITCH PADA JARINGAN KOMPUTER

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP