Ini Dia Resep Tempe Mendoan Krispi Terlengkap

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Ini-Dia-Resep-Tempe-Mendoan-Krispi[1]
Daftar Topik

Kemampuan untuk bisa memasak berbagai menu memang menjadi hal yang harus dilatih sejak dini, khususnya bagi perempuan. Ada banyak menu masakan terbaru yang enak dan recommended untuk dieksekusi di rumah. Jangan sampai Anda ketinggalan informasi mengenai berbagai resep menarik tersebut. Tidak hanya menu kue atau minuman, namun juga menu masakan khusus yang kekinian.

Salah satu menu yang cukup banyak dilirik dan digemari oleh masyarakat adalah tempe mendoan krispi. Menu ini tergolong menu yang masih baru dan belum banyak dikuasai oleh orang-orang. Namun biasanya, tempe mendoan hanya digoreng dan dimakan. Namun, hasilnya terasa lembek dan basah. Ini tentunya masih kurang menarik untuk menjadi hidangan. Sehingga dibutuhkan kreatifitas supaya olahan tempe mendoan menjadi lebih menarik.

Tempe mendoan krispi sangat recommended untuk dijadikan alternatif karena hasilnya dijamin akan renyah dan enak. Penasaran dengan menu yang satu ini? Berikut ulasan selengkapnya mengenai resep tempe mendoan krispi yang bisa dijadikan sebagai bahan tutorial.

Resep Tempe Mendoan Krispi

Bahan Membuat Tempe Mendoan Krispi

Ada beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat tempe mendoan krispi. Nah, untuk lebih memudahkan Anda dalam mengolah, pastikan bahan-bahan yang diperlukan terpenuhi semua terlebih dahulu. Dan jangan lupa untuk lebih mengutamakan bahan yang berkualitas supaya hasilnya menjadi lebih maksimal. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat tempe mendoan krispi.

  • 1 batang atau 1 papan tempe yang masih segar dan sehat
  • 2 sendok makan tepung terigu
  • 2 sendok makan tepung beras
  • 1 sendok makan tepung tapioka
  • Daun bawang sebanyak dua batang, kemudian diiris tipis-tipis
  • Daun jeruk sebanyak dua lembar, buanglah bagian punggung daunnya dan kemudian iris tipis-tipis

Bumbu Halus Untuk Tempe Mendoan Krispi

Selain membutuhkan bahan utama untuk membuat tempe mendoan krispi, Anda juga membutuhkan bumbu halus untuk meningkatkan cita rasa dari olahannya. Ada beberapa bumbu halus yang harus Anda persiapkan, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Air bersih secukupnya
  • Bawang putih sebanyak tiga siung
  • Bawang merah satu siung
  • Kunyit sepanjang 1 cm
  • Ketumbar sebanyak 1 sendok teh
  • Merica bubuk sebanyak ¼ sendok teh
  • Garam secukupnya

Langkah Untuk Membuat Tempe Mendoan Krispi

Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk membuat tempe mendoan krispi. Pastikan Anda nantinya mengikuti langkah yang ditetapkan dengan baik dan sesuai supaya menghasilkan olahan yang sesuai harapan dengan cita rasa yang sempurna. Namun, penting diperhatikan sebelum memulai memasak, Anda harus memastikan terlebih dahulu berbagai peralatan yang akan digunakan untuk memasak. Mulai dari kompor, pisau, loyang, piring, dan lain sebagainya. Siapkan semua alat tersebut di sekitar Anda supaya tidak kebingungan mencari saat proses memasak. Nah, jika sudah siap Anda harus mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

  • Siapkan wadah terlebih dahulu, kemudian encerkan bumbu halus yang telah ditentukan di atas. Pada langkah ini, Anda harus benar-benar menakar sesuai dengan takaran yang sudah ditetapkan.
  • Setelah bumbu halus di atas berhasil diencerkan, kemudian Anda harus mencampurkan bumbu tersebut dengan semua tepung, daun bawang, dan juga daun jeruk hingga merata. Usahakan mengaduk dengan baik sehingga ia menjadi adonan pelapis yang kental untuk membuat tempe mendoan krispinya.
  • Setelah adonan benar-benar kental dan bercampur secara merata, selanjutnya Anda harus memotong tempe menjadi agak tipis-tipis atau sesuai dengan selera. Usahakan untuk tidak memotong tempe terlalu tebal supaya tidak terlalu lembek dan benar-benar berasa krispi nantinya.
  • Langkah selanjutnya adalah dengan mencelupkan tempe satu per satu ke dalam hasil adonan yang telah disiapkan.
  • Jika sudah, Anda siapkan wajan dan masukkan minyak ke dalamnya. Tunggu hingga minyaknya benar-benar panas. Jika sudah selanjutnya Anda masukkan tempe yang sudah dilumuri adonan ke dalam minyak goreng hingga tenggelam seluruhnya tanpa tersisa. Saat penggorengan, usahakan Anda menggunakan api yang sedang saja. Jangan terlalu besar karena itu bisa membuat tempe mendoannya menjadi gosong.
  • Diamkan hingga tempe mendoan yang diolah menjadi kecoklatan dan menarik. Dan jangan lupa pastikan Anda mengangkat tempenya dalam keadaan sudah kaku dan krispi. Sesudah itu, tiriskan pada wadah khusus.
  • Setelah itu, tempe mendoan krispi siap untuk dikonsumsi dan menemani hari santai Anda.
  • Dan akan lebih nikmat rasanya jika ditambah dengan saos atau sambal spesial.

Tempe mendoan krispi di atas lebih cocoknya dihidangkan dalam keadaan hangat atau panas supaya nuansa krispinya semakin terlihat dan terasa.

Demikianlah ulasan mengenai resep tempe mendoan krispi yang bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan menu yang recommended untuk dicoba. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

3 Resep Sayur Asem

sayur asem adalah salah satu makanan local yang banyak digemari banyak orang. Sayur yang memiliki

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP