Ini Dia Perbedaan Tumor Dan Kanker yang Belum Diketahui

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Ini-Dia-Perbedaan-Tumor-Dan-Kanker-yang-Belum-Diketahui[1]
Daftar Topik

Pastinya kita semua sudah sering mendengar istilah kanker dan juga tumor. Namun, ternyata banyak sekali orang yang tak bisa membedakan pada kanker dan mana yang tumor sehingga banyak yang salam paham dengan kanker dan tumor.

Nah, dengan adanya artikel ini bisa menjawab pertanyaan Anda mengenai apa saja perbedaan dari kanker dan tumor…

Definisi Tumor dan Perbedaannya dengan Kanker

Tumor sendiri merupakan pembengkakan yang mana dikarenakan dengan adanya inflamasi maupun adanya peradangan serta pertumbuhan pada jaringan yang abnormal di dalam tubuh. Tumor juga memiliki tipe yang mana berdasarkan dengan pertumbuhannya yang mana bisa di bedakan sebagai tumor ganas atau malignant tumor dan juga tumor jinak atau benign tumor.

Untuk tumor ganas memang kerap kali di sebut dengan tumor yang berifat kanker, namun perlu Anda tahu jika kemungkinan tumor jinak bisa mejadi ganas memang bisa tapi sangat jarang terjadi dan umumnya tumor memiliki ukuran yang sudah besar dan sudah lama.

Contohnya saja Fam atau Fibroadenoma mamma yang merupakan tumor jinak pada payudara yang jika di biarkan sekian tahun tanpa pengobatan maka bisa menjadikan tumor menjadi ganas. Dan hal ini lebih dikenal sebagai progress yang mana presentase kemungkinan sekitar 0,5% sampai 1% saja.

Pada saat seseorang bertambah usianya maka mereka pun akan mengakumulasi berbagai macam mutasi yang ada d dalam DNA seseorang tersebut. Dengan hal ini berarti prevalensi yang terjadi pada tumor kian meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Pada sebuah kasus orang yang memiliki umur tua dan menderita tumor maka besar kemungkinan jika tumor tersebut adalah tumor ganas. Contohnya saja, apabila seorang perempuan memiliki umur 20 tahun dan mempunyai tumor pada payudara, maka mungkin saja jika tumor tersebut adalah tumor jinak. Akan tetapi, apabila seorang perempuan dengan usia sudah 70 tahunan dan mempunyai penyakit tumor payudara maka bisa saja jika tumor tersebut merupakan tumor ganas.

Penyakit tumor sendiri di sebabkan dengan adanya mutasi DNA yang ada di dalam sel. Akumulasi dari mutasi- mutasi tersebut bisa mengakibatkan munculnya tumor. Sebetulnya sel kita ini mempunyai mekanisme perbaikan pada DNA atau sering di sebut dengan DNA repair. Dan mekanisme lainnya bisa bisa membuat sel rusak dengan apoptosis apabila kerusakan DNA telah terlalu parah. Apoptosis ialah proses yang aktif untuk kematian sel yang di tandai dengan adanya pembelahan DNA kromosom, kondensasi kromatin dan juga fregmentasi nucleus serta sel tersebut. Mutasi ini juga meneka gen agar mekanisme bisa memicu terjadinya kanker.

Definisi Kanker dan Perbedaannya dengan Tumor

Kanker sendiri itu adalah sebuah istilah untuk golongan penyakit yang mana di tandai dengan adanya pembelahan dari sel yang tidak bisa di kendalikan serta kemampuan sel-sel tersebut untuk menyerang semua jaringan biologis lainnya. Mulai dari pertumbuhan langsung pada jaringan yang bersebelahan atau invasi maupun dengan migrasi sel menuju tempat yang jauh atau metastasis.

Dengan adanya pertumbuhan yang tidak bisa di kendalikan inilah yang menjadikan DNA rusak, bahkan dapat menyebabkan mutasi pada gen vital yang bisa mengontrol pembelahan sel. Beberapa buah dari mutasi bisa saja di butuhkan agar bisa mengubah sel normal menjadi sel kanker. Dengan adanya mutasi- mutasi inilah bisa kerap kali mengakibatkan agen kimia dan fisik akan di sebut dengan karsinogen. Mutasi ini bisa terjadi kapan saja secara spontan maupun di wariskan.

Tentu saja hal ini menjadi perbedaan tumor dan kanker, karena tumor itu tidak menyerang jaringan yang ada di sekitar dan tidak akan membentuk metastase dan secara lokal bisa tumbuh berkembang semakin besar. Umumnya bagian tumor ini tidak akan muncul sesudah dilakukan operasi pengangkatan tumor.

Yang wajib untuk di perhatikan jika saja tidak di rawat karena penderita kanker akan kebanyakan berakhir kematian. Kanker itu merupakan nomor satu penyakit yang menyebabkan kematian pada Negara berkembang. Selain itu, kebanyakan orang yang sudah terkena kanker akan sangat sulit untuk di sembuhkan apalagi jika perawatan tak di lakukan sejak awal. Sebenarnya factor dari kanker memang cukup banyak dan salah satunya adalah pola hidup tak sehat dan suka merokok dan pastinya Anda harus menjahui hal tersebut jika tak ingin kanker menyerang Anda.

Nah, itulah sekilas info yang dapat di berikan kepada Anda mengenai perbedaan tumor dan kanker. Semoga artikel ini bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA