Ini Dia Perbedaan Kualitatif dan Kuantitatif Secara Detail

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Ini-Dia-Perbedaan-Kualitatif-dan-Kuantitatif-Secara-Detail[1]
Daftar Topik

Di dalam suatu penelitian, Anda akan menjumpai istilah kualitatif dan juga kuantitatif. Keduanya merupakan metode penelitian yang antara satu dengan yang lain memiliki perbedaan. Pengambilan langkah antara satu dari keduanya akan mempengaruhi penelitian Anda.

Oleh karena itu, sebelum melangkah lebih jauh untuk proses meneliti, sebaiknya Anda lebih memahami terlebih dahulu mengenai perbedaan kualitatif dan kuantitatif. Nah, supaya tidak semakin bingung, berikut ini adalah ulasan selengkapnya.

Perbedaan Kualitatif dan Kuantitatif

Pengertian Kualitatif dn Kuantitatif

Sebelum membahas lebih jauh mengenai perbedaan antara keduanya, alangkah baiknya diulas terlebih dahulu tentang definisi keduanya. Kualitatif merupakan salah satu metode penelitian yang mencoba mencari, mengumpulkan data yang sifatnya adalah pemahaman. Penelitian jenis ini tidaklah diukur berdasarkan angka. Umumnya dipakai untuk mendapatkan argument, alasan, atau motivasi terhadap suatu permasalahan.

Kemudian dari data yang ada akan dibentuk suatu kesimpulan. Sedangkan kuantitatif adalah metode penelitian yang mencoba mencari serta mengumpulkan data yang bisa diukur dengan bentuk angka atau persentase tertentu. Umumnya, data yang didapatkan akan diteliti lebih lanjut dengan menggunakan teori, model atau bahkan rumus matematika sehingga dari analisis tersebut diharapkan bisa diperoleh suatu kesimpulan tersendiri. Kedua penelitian ini perbedaannya sangatlah mendasar.

Perbedaan Kualitatif dan Kuantitatif

Nah, selanjutnya akan diulas mengenai perbedaan antara kualitatif dan kuantitatif. Ada beberapa letak perbedaan yang sangat mendasar di antara keduanya. Berikut ulasan selengkapnya.

  • Kuantitatif juga dikenal dengan penelitian rasionalistik, positivisme, fungsional, serta jenis penelitian yang mempunyai pola kebenaran dari luarnya. Sedangkan untuk kualitatif sendiri juga dikenal dengan naturalistik, pendekatan fenomenologis, etnografik, serta berbentuk pola pencarian yang berasal dari dalam.
  • Kuantitatif mencoba melakukan isolasi atas variabel-variabel serta berbagai kemungkinan untuk menghubungkan hal tersebut di dalam suatu dugaan sementara atau hipotesis. Setelah itu akan dilakukan pengujian atas hipotesis yang telah ada tersebut sesuai dengan data yang telah dikumpulkan. Sementara kualitatif lebih menitikberatkan kegiatannya kepada berbagai konsep yang amat umum, lalu selama periode penelitian, konsep-konsep yang dianggap umum tadi akan diubah serta direvisi hingga ia memperoleh kesimpulan yang amat kuat. Maknanya adalah di dalam kualitatif, variabelnya akan dirumuskan kembali menjadi hal baru bahkan yang belum pernah ada sebelumnya.
  • Perbedaan kuantitatif dan kualitatif selanjutnya adalah di dalam kuantitatif, variabel dianggap sebagai sesuatu alat ataupun suatu komponen utama untuk melakukan sebuah analisa. Sementara di dalam kualitatif, variabel merupakan suatu produk dari penelitian yang ditemukan di akhir.
  • Penelitian kuantitatif melihat melalui suatu lensa kecil untuk kemudian disaksikan dan dipilih kemudian diperhatikan. Dan ini hanya terdiri dari beberapa jenis variabel saja. Sementara untuk kualitatif lebih memakai kaca mata yang besar dan juga memperlihatkan berbagai pola yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan. Juga menghubungkan berbagai jenis variabel yang sebelumnya memang tidak pernah ditemukan. Dan secara umum, kualitatif memang terkenal memiliki sifat yang holistik dan juga menyeluruh.
  • Instrumen di dalam kuantitatif memang dirumuskan dahulu. Dan instrument di sini tidaklah fleksibel juga tidak reflektif. Sehingga ia tidaklah mengandung interpretasi. Sedangkan untuk kualitatif sendiri lebih menjadikan peneliti sebagai salah satu bagian dari instrument penelitian untuk bisa mengumpulkan data ataupun informasi. Di sini peneliti akan dituntut untuk bersikap luwes dan memiliki pandangan sendiri atas berbagai hal serta kejadian yang mereka lihat.
  • Selanjutnya, letak perbedaan antara kualitatif dan kuantitatif adalah kalau kuantitatif penelitiannya lebih menuntut kepada suatu jawaban pasti, tidak ambigu, jelas. Oleh karena itu, biasanya akan dibuat suatu kuisioner yang cocok untuk dipakai dalam mengumpulkan data. Sedangkan jenis penelitian kualitatif hasil penelitiannya memang tidak bisa diformulasi dengan jelas dan jawaban atas penelitian jenis ini terkenal sangat kompleks. Maka dari itu, umumnya di dalam penelitian jenis ini akan dilakukan suatu wawancara yang sangat mendalam untuk tujuan mengumpulkan data.
  • Kuantitatif lebih memainkan diri pada angka, yakni upaya melakukan otentikasi atas sample terhadap suatu populasi yang ada. Dan menjadikan variabel penelitiannya sebagai bentuk angka. Sementara untuk kualitatif sendiri lebih memusatkan diri pada konsep-konsep tertentu, bukan mengenai jumlah atas sesuatu.

Itu tadi ulasan mengenai perbedaan kualitatif dan kuantitatif yang bisa dijadikan sebagai bahan pengetahuan Anda. Pengetahuan singkat di atas amatlah penting bagi Anda yang memiliki konsentrasi pada bidang penelitian supaya tidak salah di dalam mengambil langkah. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA