Ini Dia Perbedaan Internet Dan Intranet

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Ini-Dia-Perbedaan-Internet-Dan-Intranet[1]
Daftar Topik

Perkembangan teknologi pada saat ini memang tidak pernah bisa di ragukan lagi, karena kian hari makin pesat. Di dalam internet sendiri terdapat banyak fasilitas yang banyak orang yang sudah mengenalnya dengan baik. Tanpa ada batasan usia, pada saat ini internet bisa di nikmati oleh siapa saja yang bahkan sangat memanjakan kehidupan manusia modern pada saat ini bahkan untuk orang baru saja mengenal internet bisa dengan leluasa dan mudah untuk menggunakan internet.

Namun, di dalam sebuah perkembangan dari teknologi jaringan virtual nyatanya terdapat satu teknologi yang mungkin saja akan sangat jarang untuk di temui oleh banyak orang. Teknologi tersebut adalah intranet. Beberapa orang pasti bertanya apa itu sebenarnya intranet dan apa perbedaan internet dan intranet.

Pengertian internet dan intranet

Beberapa ahli juga mengungkapkan pendapatnya mengenai internet dan juga intranet ini dari sudut pandang dari masing- masing jaringan tersebut. Akan tetapi, secara umum pengertian dari internet dan intranet bisa Anda simak penjelasan berikut ini:

  • Pengertian internet

Akan tetapi, secara umum pengertian keduanya adalah sebagai berikut: Internet adalah sebuah teknologi yang mampu menghubungkan semua jaringan komputer di dunia untuk melakukan pertukaran dan akses data. Pengertian internet ialah suatu jaringan komputer yang dari satu dengan yang lainnya saling berhubungan agar bisa memperlancar masalah komunikasi dan juga komunikasi. Komputer yang berada dalam satu jaringan internet bisa terhubung kemana saja dan dimana saja bahkan di seluruh Indonesia. Kerap kali di suatu jaringan juga di artikan sebagai sebuah jaringan komputer yang ada di seluruh dunia yang memiliki isi berupa informasi serta sebagai sarana untuk komunikasi data seperti video, suara, garmbar dan juga teks. Informasi umumnya di buat oleh penyelenggara maupun dari pemilik jaringan komputer maupun dibuat pemilik informasi yang menitipkan sebuah info kepada semua penyedia layanan internet.

  • Pengertian intranet

Intranet merupakan jaringan komputer satu dengan komputer yang semuanya saling terhubung dan bisa di gunakan suatu sistem organisasi. Contohnya, jaringan komputer- komputer yang berada di PT. Telkom yang ada di seluruh Negara Indonesia. Jadi dapat di katakana jika intranet untuk khusus. Fungsi dari intranet ini adalah untuk mengomunikasikan satu komputer dari komputer yang lainnya, memang hampir sama dengan internet namun layanannya lebih terbatas dan tidak seluas jaringan internet. Intranet merupakan sebuah teknologi yang bisa menghubungkan jaringan komputer ke dalam suatu wilayah tertentu misalnya di dalam ruangan, rumah, perpustakaan, kantor dan masih banyak lagi.

Dari beberapa kedua pengertian di atas, pastinya ada beberapa info yang bisa kita identifikasi mengenai apa saja perbedaan internet dan intranet. Berikut ini ulasannya:

  • Perbedaan dari jangkauannya

Perbedaan yang pertama dari internet dan intranet yang paling spesifik yang terletak di wilayah yang bisa di jangkau oleh internet. Internet itu bisa menjangkau wilayah yang amat sangat luas. Semua orang yang ada di seluruh dunia bisa menikmati setiap data yang ada di internet tanpa ada batasan waktu maupun ruang. Perihal ini pastinya jauh berbeda dengan jaringan intranet, intranet sekedar menjangkau dari suatu kawasan lokal yang sempit. Karena setiap orang yang akan menjangkau wajib mempunyai akses khusus.

  • Perbedaan perkembangan

Perkembangan serta inovasi di antara internet serta intranet juga berbeda. Teknologi yang ada di internet memiliki perkembangan yang pesat, jangkau serta akses yang gampang agar mudah untuk para penggunanya yang dapat memungkinkan semua orang menuangkan kreasi di dalam jaringan ini. Sedangkan perkembangan dari intranet yang sangat lambat dan terbatas. Lingkup jangkauannya memang cukup sempit yang menjadikan penambahan serta pebaruan dari tiap-tiap konten dan fiturnya juga terbatas dan tidak bisa menyaingi internet.

  • Perbedaan aksesibilitas

Aksesibilitas maupun kemampuan agar bisa mengakses pada tiap konten yang ada di internet yang bisa di miliki oleh semua orang yang ada di dunia. Tentu saja hal ini berbeda dengan intranet yang hanya bisa di gunakan ole orang- orang tertentu saja yang memang sudah di berikan hal serta wewenang.

  • Perbedaan tingkat keamanan

Intranet biasanya memang memiliki keamanan yang jauh hebat jika di bandingkan dengan internet. Kenapa lebih baik?, karena terbatasnya akses pada jaringan intranet. Sehingga peretas mengalami kesulitan.

Demikianlah sekilas info yang dapat di berikan kepada Anda mengenai perbedaan internet dan intranet. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP