Ini Dia Perbedaan Boeing dan Airbus yang Perlu Kamu Tahu

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Ini-Dia-Perbedaan-Boeing-dan-Airbus-yang-Perlu-Kamu-Tahu[1]
Daftar Topik

Anda yang suka melakukan suatu perjalanan dari satu tempat ke tempat yang lain tentu sudah mengetahui istilah Boeing dan Airbus. Namun, untuk tipe penumpang yang katakanlah masih awam seringkali merasa kebingungan mengenai pesawat apa yang sesungguhnya mereka naiki. Ada orang yang memiliki pendapat bahwa jenis Airbus lebih cenderung kepada yang besar, lebih nyaman dan stabil. Padahal sebenarnya baik itu Boeing ataupun Airbus, keduanya sama-sama mempunyai bentuk yang kecil dan tidak terlalu besar. Nah, untuk memudahkan Anda supaya tidak bingung, berikut ini akan diulas mengenai perbedaan Boeing dan Airbus sebagai bahan pengetahuan dan perbandingan.

Perbedaan Boeing dan Airbus dari Berbagai Sisi

Boeing dan Airbus sendiri mempunyai perbedaan dari beberapa sisi. Dengan beberapa perbedaan yang akan disebutkan berikut ini, Anda menjadi tidak bingung lagi membedakan antara keduanya. Berikut ulasannya.

Berbeda dari Sisi Moncongnya

Perbedaan yang pertama antara Boeing dengan Airbus adalah dari segi moncongnya. Ini adalah cara mudah dan praktis yang bisa Anda lakukan secara langsung dan kasat mata. Karena ternyata, kedua tipe pesawat ini mempunyai ciri khas masing-masing yang jika diamati sangat berbeda. Untuk jenis Boeing memiliki bentuk hidung yang relatif runcing. Selain itu, pada bagian sudut jendelanya memiliki sudut yang cukup tajam. Karena bentuk tersebut, pesawat dengan jenis ini memiliki bentuk yang lebih agresif. Sementara untuk Airbus sendiri bentuk hidungnya lebih kepada bulat dan tidak memiliki sudut. Selain itu, bentuk kaca jendelanya juga sangat bersahabat. Sederhananya adalah, untuk Airbus mempunyai bentuk keseluruhan yang lumayan gendut. Sementara untuk Boeing lebih terlihat langsing.

Berbeda dari Asalnya

Selanjunya, Boeing dan juga Airbus memiliki perbedaan dari negara asalnya. Boeing merupakan produk yang dibuat oleh Amerika Serikat. Untuk pabriknya sendiri ada di Seattle, Amerika Serikat. Salah satu jenis maskapai Indonesia yang bernama Lion Air adalah pemakai yang paling banyak dari jenis Boeing ini. Sementara untuk Airbus sendiri terbuat dari Prancis. Untuk merk di Indonesia sendiri yang menggunakan tipe ini adalah Batik Air, Citilink, Air Asia dan sebagainya.

Berbeda dari Ujung Sayapnya

Perbedaan Boeing dan Airbus selanjutnya adalah dari sisi ujung sayap. Boeing cenderung mempunyai ujung sayap yang dilengkungkan ke bagian atas. Sementara untuk sayap tipe Airbus sendiri lebih runcing. Namun, dalam beberapa tahun yang terakhir, Airbus banyak mengubah bentuk sayapnya sehingga menjadi cenderung melengkung naik ke atas dan mirip seperti yang terdapat pada Boeing. Alasan perubahan ini lebih kepada upaya untuk meningkatkan efisiensi dari pesawat itu sendiri.

Berbeda dari Sisi Kokpit

Selain beberapa yang telah disebutkan di atas, antara Boeing dengan Airbus juga memiliki perbedaan dari sisi Kokpit. Untuk perbedaan yang satu ini memang lebih privat dan tidak bisa dilihat secara kasat mata. Di samping itu juga karena penumpang sipil dari pesawat yang bersangkutan tidak diperkenankan untuk masuk kepada area kokpit. Namun sebagai tambahan pengetahuan Anda bahwa keduanya berbeda dari sisi alat kemudi pesawatnya. Boeing sendiri memakai Yoke yang bentuknya sangat mirip dengan stir. Untuk letaknya sendiri berada tepat di hadapan sang pilot. Sementara pada Airbus sendiri, alat kemudi pesawatnya ada pada sisi kiri dan juga sisi kanan dari pilot. Untuk bentuknya lebih mirip dengan joystick game.

Berbeda dari Sisi Lampu Strobo

Perbedaan lain dari kedua jenis pesawat di atas adalah dari sisi lampu strobe nya. Yang dimaksud dengan lampu strobe adalah jenis lampu berwarna putih yang terletak di bagian ekor pesawat. Lampu ini akan menyala saat hendak masuk ke runway. Pada pesawat jenis Boeing, lampu akan menyala satu kali pada setiap satu detik. Sementara yang terdapat pada Airbus, lampu akan menyala sebanyak dua kali di dalam satu detik. Sehingga, saat Anda menyaksikan pesawat di malam hari, untuk membedakan apakah ia Boeing atau Airbus adalah dengan melihat dan mengamati lampu strobonya.

Beberapa yang telah disebutkan di atas merupakan perbedaan yang mendasar antara Boeing dengan Airbus. Selain itu, tentu masih ada banyak perbedaan-perbedaan yang ada pada keduanya. Dan antara satu dengan yang lain memiliki keunggulan tersendiri.

Itulah uraian mengenai perbedaan Boeing dan Airbus yang bisa menjadi pengetahuan tersendiri untuk Anda. Dengan mengetahui perbedaan antara kedua nya, tentu Anda menjadi tidak bingung lagi sedang naik pesawat apa. Semoga bermanfaat.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA