Ini Dia Pengertian Promosi Kesehatan Beserta Tujuannya

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Anda mungkin merasa cukup asing dengan istilah promosi kesehatan. Namun, istilah ini nyata adanya dan digunakan untuk program serius yang orientasinya adalah kepada pemerintah. Promosi kesehatan sendiri memiliki cakupan yang cukup luas. Sehingga penting bagi Anda untuk mengetahui cakupannya. Nah, pada kesempatan ini akan dibahas secara lebih terperinci mengenai pengertian promosi kesehatan dan berbagai tujuan darinya.

Pengertian Promosi Kesehatan

Promosi kesehatan menjadi salah satu bagian dari UKM atau Upaya Kesehatan Masyarakat Esensial yang terdapat di Puskesmas. Program ini menjadi salah satu program prioritas yang mengusung tujuan menciptakan keluarga serta masyarakat segar sejahtera.

Adapun pengertian dari promosi kesehatan sendiri adalah suatu usaha untuk dapat meningkatkan kemampuan dari masyarakat lewat program pembelajaran dari, oleh dan juga untuk serta bersama dengan masyarakat dengan tujuan mereka mampu menolong diri masing-masing dan kemudian mengembangkan suatu kegiatan yang isinya adalah bentuk sumber daya masyarakat itu sendiri. Tentu saja dengan disesuaikan dengan budaya serta kondisi setempat. Selain itu, juga didukung oleh sebuah kebijakan publik yang memiliki wawasan kesehatan memadai.

Sedangkan definisi dari Promosi Kesehatan Puskesmas sendiri adalah suatu bentuk upaya yang dilakukan oleh pihak Puskesmas dalam rangka menjalankan suatu bentuk pemberdayaan kepada kalangan masyarakat agar mereka bisa melakukan pencegahan atas suatu jenis penyakit. Intinya adalah bagaimana seorang individu menjadi sehat beserta keluarga mereka masing-masing. Selain itu juga mengembangkan suatu bentuk upaya kesehatan yang sumbernya dari masyarakat itu sendiri. Intinya adalah promosi kesehatan ini memiliki konsentrasi kepada masyarakat untuk kebaikan dan kesejahteraan mereka.

Tujuan-Tujuan dari Promosi Kesehatan

Pengertian promosi kesehatan sendiri memiliki beberapa tujuan tertentu. Tujuannya ada yang sifatnya sangat umum dan ada pula yang sifatnya khusus. Karena berbagai tujuan berikut inilah promosi kesehatan menjadi penting dan harus senantiasa dilakukan.

Tujuan Umum Promosi Kesehatan

Tujuan umum dari promosi kesehatan itu sendiri adalah untuk meningkatkan PHBS individu masyarakat, serta keluarga masing-masing. Selain itu juga berperan secara aktif dalam tiap gerakan untuk kesehatan masyarakat lewat upaya promosi kesehatan yang telah melalui proses integrasi dengan berbagai program lain, lintas sektor baik itu dari pihak swasta ataupun dari pihak masyarakat.

Tujuan Khusus Promosi Kesehatan

Selain tujuan umum yang telah disebutkan di atas, promosi kesehatan sesungguhnya juga memiliki tujuan khusus yang mana ia sangat penting untuk dilakukan dan dijalankan. Berikut adalah beberapa tujuan khusus dari promosi kesehatan itu sendiri.

  • Membantu meningkatkan komitmen dalam pembangunan masyarakat yang berwawasan kesehatan dari berbagai pengambil kebijakan dari banyak pihak.
  • Membantu meningkatkan kerja sama di antara masyarakat, kelompok, antar lembaga dengan tujuan untuk membantu pembangunan yang memiliki wawasan kesehatan.
  • Membantu meningkatkan peran dari masyarakat itu sendiri yang di dalamnya juga mencakup pihak swasta untuk suatu subjek atau penyelenggaraan dalam usaha memberdayakan masyarakat itu sendiri dan juga promosi kesehatan.
  • Meningkatkan taraf promosi kesehatan serta upaya pemberdayaan masyarakat yang efektif disertai dengan usaha mempertahankan serta melestarikan kearifan lokal.
  • Mengupayakan adanya keterpaduan di antara pelaksanaan usaha promosi kesehatan dan juga upaya memberdayakan masyarakat itu sendiri di berbagai wilayah mulai dari pusat, provinsi, kabupaten, dan jajaran di bawahnya yang berdasar kepada rencana strategis dari kementerian kesehatan.

Promosi kesehatan sendiri ada jenis-jenis dan perencanaan yang sudah tertata rapi dan terperinci supaya bisa memaksimalkan pelaksanaannya. Di antara jenis-jenis perencanaan promosi kesehatan adalah promosi kesehatan yang berdasar pada alokasi waktu, selain itu juga promosi kesehatan yang berdasar pada suatu program prioritas, ada juga jenis promosi kesehatan yang berdasarkan pada tatanan promosi dari kesehatan itu sendiri, perencanaan kesehatan yang berdasarkan pada kegiatan promosi di masing-masing jenjang administrasi.

Selain itu, ada juga jenis promosi kesehatan yang didasarkan pada pencapaian dari indikator kinerja. Anda juga akan mendapati jenis perencanaan promosi kesehatan berdasarkan pada ruang lingkup program, kemudian ada juga perencanaan promosi kesehatan yang didasarkan pada fungsi secara operasional. Bahkan selain itu masih banyak lagi jenis promosi kesehatan yang ada saat ini dan semuanya sangat penting untuk dipahami serta dipelajari.

Itulah uraian tentang pengertian promosi kesehatan disertai dengan berbagai tujuan dan hal-hal yang berkaitan dengannya. Dengan membaca artikel di atas, setidaknya Anda akan mengetahui berbagai hal tentang promosi kesehatan dan pentingnya hal ini dilaksanakan. Semoga bermanfaat!

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA