Ini Dia Pengertian dan Contoh Ikatan Ion

0
30720 Ikatan Ion Pinterkelas
Source: Pinterkelas

Ini Dia Pengertian dan Contoh Ikatan Ion – Tahukah Anda apa itu ikatan ion? Mungkin hanya beberapa orang yang mengetahui apa itu ikatan ion. Tetapi banyak juga orang yang belum mengetahui apa itu ikatan ion perlu diketahui bahwa ikatan ion merupakan ikatan yang terjadi karena adanya perpindahan elektron pada satu atom ke atom lainnya. Selain itu masih banyak pengertian lain mengenai ikatan ion, ciri-ciri ikatan ion, syarat terjadinya ikatan ion, bahkan hingga contohnya. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai beberapa hal tersebut, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Ikatan Ion


30720 Ikatan Ion Pinterkelas
Source: Pinterkelas

Ikatan ion merupakan ikatan yang terjadi karena adanya perpindahan elektron dari satu atom ke atom lainnya. Menurut James E Brady, ikatan atom terjadi atau terbentuk antara atom yang melepaskan elektron dengan atom yang menangkap elektron. Nah, untuk mengetahui proses pembentukan ikatan ion bisa dicontohkan pada pembentukan NaCI. Natrium dengan konfigurasi elektron akan lebih stabil jika hal tersebut melepaskan 1 elektron. Sedangkan untuk Klorin yang memiliki konfigurasi, maka akan lebih stabil lagi jika mendapatkan 1 elektron. Dengan hal tersebut, sehingga konfigurasinya berubah.

Pengertian lain mengenai ikatan ion yaitu adanya ikatan yang terjadi pada atom dengan muatan besarnya sama. Tetapi muatan yang dimiliki tersebut muatan yang berlawan tanda. Terbentuknya ikatan ion disebabkan karena adanya gaya tarik menarik ion positif dengan ion negatif. Perlu diketahui bahwa ion positif terjadi karena unsur logam yang melepaskan elektron. Sedangkan ion negatif muncul karena adanya unsur nonlogam yang menerima elektron.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan menurut Wibowo dalam materi ikatan kimia. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya kesalahan konsep dalam materi ikatan kimia. Seperti halnya contoh berikut ini:

  • Diantara kation dan anion sederhana inilah ikatan ionic terbentuk.
  • Terbentuknya senyawa ionik
  • Senyawa ion itu tidak ada sebagai molekul hal tersebut berlaku pada formula atau rumus ionik. Sehingga kita tidak akan bisa mengetahui mengenai rumus molekul dari senyawa ion, sebagai gantinya rumus ionik suatu senyawa adalah rumus empiris senyawa seperti natrium klorida rumusnya NaCl.

Sedangkan Saunders (2007) berpendapat bahwa ada beberapa jumlah ion yang sama dalam kisi ioniknya. Nah, berikut ini contohnya:

  • Rumus MgO terdiri dari Magnesium Oksida
  • Rumus CaCl2 yaitu terdiri dari Kalsium Klorida berisi Ca2+ dan cl2- ion
  • Rumus Al203 yaitu terdiri dari Alumunium Oksida berisi Al3+ dan O2- ion.

Ciri-ciri Ikatan Ion


30720 Ikatan Ion Materi Kimia
Source: Materikimia

Adanya ikatan ion sangat berpengaruh terhadap sifat fisik dan kimia dari senyawa yang dihasilkan. Ikatan ion memiliki beberapa ciri ciri atau karakteristik yang sangat menonjol sebagaimana berikut ini ciri-cirinya:

  • Logam cenderung kehilangan elektron dan non logam, karena pada kenyataannya hal tersebut untuk mendapatkan elektron. Pada umumnya ikatan ion terjadi antara logam dan non logam, sehingga ikatan ion bisa terbentuk dari logam dan non logam.
  • Nama logam selalu datang pertama dan non logam selalu datang kedua, hal tersebut berlaku untuk setiap penamaan senyawa ion. Seperti halnya yang telah dijelaskan sebelumnya¬† bahwa natrium klorida adalah natrium termasuk logam sedangkan klorin termasuk non-logam.
  • Ciri-ciri sifat ikatan ion yang selanjutnya yaitu senyawa yang mengandung ikatan ion tidak mudah larut dalam air. Begitupun hal tersebut juga berlaku untuk beberapa pelarut polar lainnya. Sehingga ikatan ion memiliki efek pada senyawa larut yang dihasilkan.
  • Ikatan ion memiliki efek pada titik leleh senyawa, hal ini dikarenakan senyawa memiliki titik leleh yang lebih tinggi. Dengan akta lain, ikatan ion akan tetap stabil jika memiliki rentang suhu yang lebih besar.
  • Terjadinya gaya tarik menarik antara ion yang bermuatan positif dan ion yang bermuatan negatif, maka ikatan ion bisa terbentuk dengan sempurna

Contoh Ikatan Ion


30720 Ikatan Ion IdSCHOOL
Source: idSCHOOL

Setelah mengetahui pengertian dan segala apapun yang berhubungan dengan ikatan ion, kini saatnya mengetahui contoh ikatan ion itu sendiri. Mengingat banyak orang yang sulit memahami sebuah materi yang tidak dilengkapi dengan contohnya. Adapun berikut ini contoh ikatan ion.

Dari sekian banyak contoh ikatan ion. Pembentukan natrium klorida terjadi [ada sebuah atom natrium yang bergabung dengan atom klorin. Adapun berikut ini konfigurasi elektron:

Natrium (Na): 2,8,1 dan Klorin (Cl): 2, 8, 7

Dari konfigurasi ini bisa dilihat bahwa untuk mencapai konfigurasi terdekat membutuhkan satu elektron yakni gas mulia Argon (2,8,8). Sedangkan untuk menyingkirkan elektron tunggal di kulit terluar, maka dibutuhkan sebuah atom natrium dan hal tersebut juga bertujuan untuk mendapatkan konfigurasi terdekat mulia yaitu gas Neon (2,8).

Dari pengertian hingga contoh ikatan ion tersebut, apakah Anda sudah memahaminya? Secara garis besar, ikatan ion merupakan adanya ikatan yang terjadi pada atom dengan muatan besarnya sama. Semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa memberikan pengetahuan baru.

BACA JUGA!

Pengertian Countable dan Uncountable Noun