Ini Dia Cara Memindahkan Aplikasi ke Sd Card Tanpa Root Xiaomi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Cara-Memindahkan-Aplikasi-ke-Sd-Card-Tanpa-Root-Xiaomi[1]
Daftar Topik

Kecanggihan tekhnologi saat ini yang semakin merajalela dan terus berkembang mau tak mau mengharuskan kita untuk selalu bisa memahaminya. Bahkan dalam melakukan aktivitas sehari-hari pun kita seolah tidak pernah bisa terlepas dari namanya tehnologi, terkhususnya dalam penggunaan telephon genggam atau smartphone.

Saat penggunaan smartphone pula, diharuskan juga kita memahami berbagai aplikasi yang tersedia di dalamnya. Saat pembelian atau penggunaan pertama kali, smartphone umumnya dibekali aplikasi bawaan pabrik. Namun guna kepentingan lain smartphone pun menyuport penambahan aplikasi baru.

Penambahan aplikasi ini umumnya sangat mudah dilakukan. Caranya sederhana cukup melakukan pengunduhan aplikasi yang dibutuhkan melalui Playstore maupun Appstore yang tersedia di smartphone Anda. Mengunduh aplikasi pun kebanyakan gratis namun tetap harus mengeluarkan biaya data internet.

Aplikasi Memakan Kapasitas Penyimpanan

Dimudahkan untuk mengunduh berbagai aplikasi yang diinginkan sayang nya tidak didukung oleh kapasitas penyimpanan yang cukup. Masing-masing smartphone jelas memiliki kapasitas penyimpanan internal masing-masing, seperti halnya XIAOMI. Karena keterbatasan ruang penyimpanan internal, Anda pun tidak bisa mengunduh banyak banyak aplikasi. Penting memprioritaskan aplikasi yang benar-benar kita butuhkan.

Kendati demikian, tak jarang ruang penyimpanan internal smartphone tetap penuh. Dan dampaknya smartphone tidak bekerja dengan baik, bahkan tak jarang lemot dan panas akibat penggunaan yang lama. Maka dari itu dibutuhkan yang namanya penyimpanan eksternal atau SD card untuk memindahkan sebagian memorinya.

Memindahkan aplikasi ke SD card yang banyak diketahui haruslah terlebih dahulu melakukan rooting. Bagi yang mengetahui caranya tentu akan sangat ,mudah. Namun, bagaimana dengan yang tidak tahu atau bahka tidak bisa melakukan rooting. Adakah cara memindahkan aplikasi ke SD Card tanpa root xiaomi terlebih dahulu? Ada dan pemaparannya adalah sebagai berikut:

Cara Mudah Memindahkan Aplikasi ke SD Card

Percobaan ini akan menggunakan HP Xiaomi yang cukup populer di masyarakat. Eits, namun tenang saja cara ini juga dapat digunakan untuk penggunaan smartphone merk lainnya. Singkatnya terdapat dua cara untuk memindahkan aplikasi di smartphone Anda dari internal ke SD Card tanpa harus melakukan rooting. Simak ulasannya berikut khususnya cara memindah aplikasi ke SD Card tanpa root Xiaomi:

Baca Juga: 6 PERBEDAAN XIAOMI REDMI NOTE 3 DAN REDMI NOTE 3 PRO

Langkah Pertama Memformat SD Card atau Kartu Memori

Langkah ini sebenarnya tidak terlalu dianjurkan, karena Google telah menyediakan fitur sistem internal yang dapat memudahkan Anda memindahkan berbagai aplikasi ke SD Card. Kendati demikian, fitur ini hanya berlaku bagi smartphone dengan Android versi Marshmallow ke atas. Jad, bagi Anda dengan Android lama langkah ini merupakan caranya.

  1. Masuk menu pengaturan atau setting

Pertama Anda harus masuk ke menu setting kemudian pilih penyimpanan. Penting! Pastikan SD Card di smartphone terbaca, kemudian pilih SD card Anda. Klik tanda atau logo garis tiga di bagian kanan atas menu kartu SD Anda dan pilih setelan. Selanjutnya Anda siap memformat SD card Anda.

  1. Pilih menu Format SD Card atau Kartu SD

Pilih format sebagai internal dan tunggu prosesnya hingga selesai. Kemudian pilih pindahkan konten nanti, guna memilih aplikasi yang akan Anda pindahkan. Selesai.

Langkah Kedua Memindahkan Aplikasi dari Internal ke SD Card

Nah, setelah melakukan format pada SD card langkah berikutnya adalah memindah aplikasi yang tersimpan di internal ke SD Card. Dalam pengaplikasiannya, ada beberapa aplikasi bawaan yang tidak dapat dipindahkan dari penyimpanan internal ke SD Card. Biasanya akan muncul menu pilihan aplikasi yang dapat dipindah. Jadi, Anda bisa dengan mudah memilihnya. Berikut langkah-langkah memindah aplikasi ke SD Card:

  1. Memilih Aplikasi yang akan dipindahkan ke SD Card

Setelah proses format dan memilih menu pindahkan konten nanti, untuk selanjutnya Anda diharuskan masuk ke menu Settings. Berikutnya pilih menu Apps atau Aplikasi yang tersedia di sub menu. Setelah muncul daftar aplikasi, pilih aplikasi yang Anda inginkan untuk dipindah. Lalu klik ganti dan pilih ganti penyimpanan di SD Card.

  1. Menunggu prosesnya hingga selesai

Tunggu beberapa saat untuk kemudian pilih menu pindahkan yang muncul. Tunggu sebentar hingga proses pemindahan datanya selesai. Penting untuk tidak keluar atau pun mereset smartphone Anda secara tiba-tiba karena akan menggagalkan pemindahan. Proses selesai dan aplikasi Anda sudah berganti tempat penyimpanannya.

Sekian ulasan singkat mengenai cara memindah aplikasi ke SD Card tanpa root Xiaomi. Cara ini pun juga bisa dilakukan untuk merk lainnya dengan mudah. Jangan lupa share dan semoga bermanfaat!

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA