Ini Dia Cara Membuat Curriculum Vitae yang Baik

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Ini-Dia-Cara-Membuat-Curriculum-Vitae-yang-Baik-768x475[1]
Daftar Topik

Bagi Anda yang kebetulan akan melamar suatu perusahaan tentu ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Dalam hal ini, curriculum vitae menjadi hal yang niscaya dan wajib ada. Hal itu lantaran curriculum vitae menjadi salah satu basis penilaian perusahaan untuk melihat kelayanan dan kemampuan Anda. Hal ini sangat wajar karena suatu perusahaan tentu menginginkan orang-orang terbaik untuk bekerja di kantornya. Nah, supaya Anda bisa diterima di perusahaan impian, tentu saja membutuhkan tips tersendiri untuk membuat CV. Dan berikut ini akan diulas mengenai cara membuat curriculum vitae yang baik untuk dijadikan sebagai rujukan Anda.

Tuliskan Riwayat Pendidikan Yang Terbaru

Langkah membuat CV yang baik pertama adalah dengan mencoba menuliskan riwayat pendidikan terbaru saja. Riwayat pendidikan memang dimulai sejak TK hingga jenjang perguruan tinggi. Namun sebenarnya itu tidak perlu dicantumkan semuanya. Bahkan untuk lebih simple dan jelasnya Anda bisa mencantumkan jenjang SMA dan juga kuliah. Ini bisa menjadi cara jitu untuk membuat CV Anda simple namun terkesan berkualitas.

Pakailah Rumus KISS

Selanjutnya, jika Anda kebetulan adalah orang yang aktif dalam berorganisasi, maka sebaiknya tidak terlalu muluk di dalam menuliskan riwayat. Hindari menuliskan hal-hal berlebih yang membuat riwayat Anda terkesan wah. Cukup mencantumkan beberapa organisasi terkini yang diikuti dan tidak perlu memberikan penjelasan yang terlalu bertele-tele karena ini bisa membuat reviewer menjadi bosan membaca tulisan Anda.

Hindari Menuliskan Yang Bukan Faktanya

Selain itu, tidak kalah penting untuk dijadikan perhatian adalah dengan tidak menuliskan hal-hal bohong atau yang bukan faktanya. Banyak orang yang niatnya memperindah CV akhirnya menuliskan karangan fiksi padahal ini akibatnya sangat fatal jika diketahui oleh calon perusahaan. Terlebih saat proses wawancara. Pada saat itu Anda akan diverifikasi semuanya dan apa yang bukan fakta akan terbongkar. Ini tentu akan sangat merugikan Anda sehingga lebih baik tuliskan semua apa adanya yang benar-benar real.

Tulis CV dalam Bahasa Inggris Jika Memungkinkan

Sekalipun Anda melamar suatu pekerjaan yang tidak ada hubungannya dengan bahasa Inggris, sebaiknya Anda menuliskan CV dalam bahasa Inggris supaya meningkatkan penilaian terhadap Anda. Hal tersebut disebabkan karena hari ini dunia sudah masuk di era globalisasi dimana bahasa Inggris wajib dikuasai. Karena itulah banyak perusahaan besar yang mengutamakan karyawan yang mumpuni dalam bahasa Inggris. Ini sangat mempengaruhi ekspektasi dalam wawancara Anda. Karena itu, persiapkan CV serapi mungkin, apa adanya dan bisa difahami dengan baik. Selain itu juga perbaiki speaking Anda supaya benar-benar membantu meningkatkan nilai lebih Anda.

Pastikan Nama Perusahaan dan Tempat Mengirim Lamaran Benar

Selain beberapa yang telah disebutkan di atas, Anda juga harus memastikan bahwa tidak salah dalam menuliskan nama perusahaan, gelar, dan lain sebagainya. Dengan menuliskan nama perusahaan dengan benar, itu menunjukkan bahwa sedikit banyak Anda sudah mengetahui tentang perusahaan tersebut. Selain itu juga menunjukkan keseriusan Anda dalam melamar pekerjaan. Kesalahan dalam penulisan nama perusahaan dan sebagainya menunjukkan bahwa orang yang bersangkutan kurang teliti dan ini menjadi penilaian yang negatif. Terlebih untuk alamat tujuan, jangan sampai terjadi kesalahan karena berkas Anda tidak akan sampai ke perusahaan terkait jika terjadi kesalahan alamat. Pastikan Anda meneliti terlebih dahulu kebenarannya sebelum mengirimkan.

Cantumkan Sertifikat Keahlian Anda

Sertifikat keahlian juga sangat penting untuk dicantumkan di dalam CV agar menjadi sempurna dan baik. Ini bisa menjadi poin ples untuk Anda. Dengan demikian, Anda akan benar-benar terbukti memiliki keahlian tertentu yang bisa meningkatkan kualitas perusahaan tujuan. Orang dengan keahlian tersendiri akan diprioritaskan dibandingkan dengan yang tidak memiliki keahlian sama sekali. Karena itu, cantumkan saja sertifikat Anda dan pastikan itu adalah sertifikat yang asli, bukan buatan sendiri.

Pakai Font yang Mudah Dibaca

Terakhir Anda juga harus memperhatikan font tulisan Anda. Pastikan yang bisa terlihat rapi serta mudah untuk dibaca. Ini akan sangat mempengaruhi mood HRD dalam menyeleksi berkas Anda. Dan jangan menggunakan ukuran yang terlalu kecil supaya pembaca tidak kesulitan membacanya. Ini akan menarik minat HRD untuk membaca keseluruhan CV Anda.

Itulah ulasan mengenai cara membuat curriculum vitae yang baik dan recommended untuk dijadikan acuan. Dengan mengetahui beberapa cara jitu di atas, Anda tentu akan semakin percaya diri dan bisa diterima dengan mudah di perusahaan impian. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP