Ini Dia Cara Format Flashdisk Yang Benar Di Windows 7

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Ini-Dia-Cara-Format-Flashdisk-Yang-Benar-Di-Windows-7[1]
Daftar Topik

Di jaman yang serba modern ini, flashdisk seolah menjadi tempat penyimpanan yang pokok. Selain itu, juga kerap dijadikan sebagai sarana untuk memindah file dari satu tempat ke tempat yang lain. Nah, salah satu hal yang cukup dikeluhkan oleh pengguna flashdisk adalah tentang cara memformat flashdisk secara baik dan juga benar.

Sesungguhnya, memformat flashdisk pada windows adalah hal yang sangat mudah dan simple. Bahkan saking mudahnya Anda pun tidak perlu memakai aplikasi tertentu. Sudah cukup hanya dengan memakai format disk yang ada pada windows. Selain mudah, cara ini ternyata juga bisa menjadi alternatif untuk memperbaiki windows secara tidak langsung.

Format Flashdisk Jangan Terlalu Sering

Nah, kaitannya dengan format flashdisk, Anda sebaiknya tidak perlu terlalu sering memformatnya. Hal itu bisa menjadikan flashdisk Anda error bahkan bisa rusak total. Proses memformat file yang terdapat pada flashdisk adalah seperti Anda sedang menghapus papan tulis yang ada tulisannya. Proses menghapus agar cepat bersih adalah dengan memberikan tekanan tinggi pada penghapusnya. Akan tetapi ini bisa membuatĀ  papan tulis menjadi tergores, begitu juga flashdisk.

Nah, untuk itu Anda yang sekiranya membutuhkan proses format flashdisk sebaiknya gunakanlah cara yang aman supaya ia tidak mudah error dan rusak. Karena itu, Anda pastinya membutuhkan tips tersendiri untuk memformat flashdisk pada windows yang mudah dan benar. Untuk lebih jelasnya, simak uraian di bawah ini.

Cara Format Flashdisk Via Windows

Ada beberapa langkah yang harus ditempuh untuk memformat flashdisk pada windows. Sebaiknya Anda memperhatikan setiap perintahnya supaya saat praktik tidak salah.

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk memformat flashdisk pada windows adalah dengan masuk terlebih dahulu ke Eksplorer di windows Anda masing-masing. Nah, hampir semua windows memiliki format yang sama sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai jenisnya.
  2. Jika sudah masuk ke Eksplorer, selanjutnya Anda perlu mengklik kanan pada bagian disk yang akan Anda format. Sesudah itu, pilihlah langsung menu format.
  3. Sesudah itu, akan muncul suatu jendela baru untuk dapat memulai langkah format disk. Nah, nanti di dalamnya untuk jenis Windows XP akan tersedia beberapa menu:
  • Menu pilihan yang meliputi: capacity, file system, dan allocation unit size. Nah, biarkan saja ketika menu ini apa adanya (default) dan tidak perlu dihiraukan dalam hal ini
  • Menu volume label, nah teks pada kotak ini akan menjadi nama dari label flashdisk Anda. Untuk itu, sebaiknya Anda mengganti nama sesuai dengan yang diinginkan
  • Menu pilihan yang meliputi: quick format, enable compression dan create an MS-DOS startup disk

Dalam hal ini Anda perlu menandai pada bagian quick format untuk melakukan proses format secara lebih ringan. Dan biarkan saja enable compression serta create an MS-DOS startup disk apa adanya

  • Setelah Anda menekan quick format, klik start untuk dapat memulai proses pemformatan
  • Nah, selanjutnya akan muncul jendela sebagai bentuk peringatan dan konfirmasi atas perintah dari format yang ada tersebut. Sesudah itu, Anda hanya perlu mengklik OK untuk kemudian melanjutkan
  • Jika proses-proses yang telah disebutkan di atas sudah dilakukan dengan benar, maka selanjutnya adalah proses format yang berjalan. Pada saat ini, tunggulah hingga selesai dan selesainya proses kebetulan ditandai dengan adanya pemberitahuan format complete
  • Sesudah itu, Anda hanya perlu mengklik OK pada jendela format complete tersebut
  • Proses format selesai dan dijamin aman
  • Setiap langkah memformat sebaiknya dilakukan dengan baik dan tepat supaya tidak terjadi kesalahan yang justru akan merusak flashdisk Anda.

Perlu menjadi perhatian kepada Anda semua bahwa untuk proses format, quick format memang lumayan baik dan maksimal dibandingkan dengan lainnya. Selain itu, quick format menawarkan berbagai kelebihan dan keunggulan tersendiri. Salah satu bentuk keunggulannya adalah bisa membuat umur flashdisk Anda lebih panjang dari lainnya.

Sekalipun Anda tidak dianjurkan untuk terlalu sering memformat flashdisk, namun proses format sangat penting terlebih di saat file-file sampah menumpuk. Semakin banyak file yang menumpuk, potensi virusnya juga akan semakin tinggi dan besar. Ini bisa membahayakan laptop atau PC Anda jika kebetulan flashdisknya dihubungkan. Maka dari itu, Anda sebaiknya melakukan format flashdisk secara rutin namun tidak terlalu sering supaya ia tetap aman dan awet. Dan pastikan juga Anda hanya menyimpan berkas-berkas yang penting di flashdisk supaya tidak cepat penuh dan membutuhkan format.

Itu tadi ulasan mengenai cara format flashdisk yang aman dan benar pada windows. Usahakan Anda mengikuti tips di atas dengan benar supaya flashdisk Anda lebih awet, tetap normal dan tidak error. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP