Ini Dia Cara Downgrade Firmware tanpa Root

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Cara-Downgrade-Firmware-tanpa-Root[1]
Daftar Topik

Apa sih downgrade firmware itu? Downgrade merupakan proses penurunan level. Sedangkan firmware adalah sebuah perangkat lunak yang terpasang pada memory mini perangkat keras yang mana isinya adalah identitas serta fungsional perangkat tersebut. Downgrade firmware biasanya digunakan untuk melakukan penurunan level pada smartphone jenis ios maupun android.

Karena kemajuan teknologi, beberapa smartphone mampu melakukan upgrade secara otomatis ketika tersambung dengan internet. Namun tidak semua pengguna cocok dengan perangkat yang telah terupdate tersebut. Nah, untuk melakukan downgrade, berikut ini adalah cara downgrade firmware tanpa root yang bisa kamu terapkan di smartphone tercinta.

Downgrade Firmware tanpa Root

Melakukan downgrade memang sedikit lebih rumit daripada melakukan upgrade. Beberapa smartphone harus menggunakan root untuk melakukan downgrade. Root adalah sebuah akun sistem yang memiliki kekuasaan absolut atau permanen dalam melakukan akses file, command, system, maupun SO berbasis linux pada komputer. Ya, downgrade juga biasa digunakan untuk menurunkan level windows pada PC.

Nah, lalu bagaimana jika downgrade dilakukan dengan tanpa menggunakan root? Cara downgrade firmware tanpa root adalah dengan melakukan hack sistem handphone agar pengguna memiliki akses tanpa harus meminta izin kepada pemilik sistem yang asli. Apabila menggunakan root, pengguna bisa mengubah dan memiliki hak penuh untuk masuk ke sistem Android smartphone.

Nah, fungsi root yang sebenarnya adalah untuk memberikan hak penuh secara administratif kepada pengguna. Lalu apa saja sih manfaat yang bisa diperoleh dengan melakukan root pada sistem Android itu? Adapun kegunaan yang bisa didapatkan apabila melakukan root adalah dapat mengakses tanpa batas kepada sistem android, melakukan backup Aplikasi dan sistem, instalasi ROM custom, dan overclock processor.

Selain itu, melakukan peretasan melalui root juga bisa mengakses file sistem yang ada di android secara penuh dan juga melakukan instalasi aplikasi-aplikasi yang ada pada bawaan vendor maupun instalasi aplikasi yang butuh root.

Hal yang Harus Disiapkan ketika Downgrade OS Android

Sebelum membahas tentang cara downgrade firmware tanpa root, berikut ini adalah beberapa hal yang harus disiapkan sebelum melakukan downgrade android.

  1. Menyiapkan baterai smartphone 100% karena untuk menghindari mati ketika downgrade sedang berjalan. Kesalahan fatal yang biasa dilakukan masyarakat ketika sedang melakukan downgrade smartphone adalah tidak memperhitungkan daya baterai yang digunakan. Sistem akan sulit hidup kembali apabila proses downgrade berhenti di tengah jalan.
  2. Mengaktifkan fitur USB Debugging pada pengaturan smartphone. Untuk mengaktifkan mode debugging, kamu bisa langsung pergi ke menu pengaturan smartphone.
  3. Melakukan backup file agar tidak hilang. Backup file yang ada di smartphone hukumnya sangat wajib karena file-file di dalamnya akan hilang otomatis setelah proses flash berhasil.
  4. Melakukan pengecekan terhadap driver yang sudah terinstall di PC atau laptop
  5. Menyiapkan laptop atau komputer
  6. Menyiapkan kabel USB
  7. Menyiapkan Vcom USB driver
  8. Menyiapkan SP flash tool
  9. Menyiapkan stock rom

Cara Downgrade Firmware tanpa Root

Setelah 9 hal di atas sudah di siapkan, kamu bisa melakukan downgrade firmware tanpa root sendiri di rumah tanpa harus membawanya ke counter handphone. Untuk melakukan downgrade firmware tanpa root, langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan penginstalan Vcom USB driver dan SP Flash Tool terlebih dahulu.

Setelah kedua aplikasi tersebut terinstall, selanjutnya adalah cari menu Scatter Loading dan ubah ke dalam mode download only ke firmware update. Setelah itu, kamu bisa mematikan handphone dan klik download pada PC. Setelah handphone dalam kondisi mati, hubungkan port smartphone dengan port komputer.

Setelah keduanya tersambung, tekan tombol power dan volume secara bersamaan hingga proses download pada SP Flash tool berjalan. Setelah proses flashing selesai, kamu bisa mencabut handphone dari USB dan menyalakannya seperti semula. Apabila sudah menyala, langsung cek ####6020# di menu panggilan. Setelah berhasil terbuka, kamu bisa mengubahnya ke pengaturan country Indonesia.

Smartphone akan melakukan reboot secara otomatis dan melakukan reset factory mode sehingga proses downgrade firmware telah selesai. Sangat mudah bukan melakukan downgrade firmware sendiri tanpa harus membayar mahal.

Begitulah penjelasan singkat mengenai cara downgrade firmware tanpa root yang bisa kamu coba di rumah. Diperlukan tingkat waspada yang tinggi untuk melakukan downgrade firmware tanpa root. Karena kamu sedang melakukan peretasan terhadap sistem orang lain.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP