Ini Dia 8 Penyebab Uban diusia Muda

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Ini-Dia-8-Penyebab-Uban-Di-Usia-Muda[1]
Daftar Topik

Uban yang tumbuh pada rambut memang menjadi salah satu proses alami dalam makhluk hidup. Uban ini akan muncul jika seseorang telah memiliki usia lanjut atau tua. Namun, sering kali kita melihat orang yang masih memiliki usia muda namun rambutnya sudah beruban. Pastinya Anda akan bertanya- tanya, mengapa bisa demikian dan apakah kondisi yang seperti itu adalah wajar.

Umumnya, banyak orang yang malu jika rambut sudah tumbuh uban. Apalagi untuk wanita, karena dengan uban yang telah muncul ini pastinya akan mengganggu penampilan sehingga seorang wanita pun tidak akan percaya diri tampil di depan umum. Maka dari itu, banyak sekali orang yang akan mengecat rambut mereka agar bisa menutupi uban yang sudah muncul pada rambut tersebut. Nah, pastinya Anda sangat penasaran dengan apa saja penyebab uban di usia muda. Maka dari itu, simak penjelasan berikut ini:

Memiliki Kebiasaan Merokok

Merokok memang memiliki dampak negative bagi kesehatan seperti impoten, penyakit jantung bahkan juga mengakibatkan kanker. Selain itu, ternyata memiliki kebiasaan merokok juga memberikan dampak negative pada rambut. Dimana rambut akan muncul uban walaupun seseorang tersebut masih berusia muda. Mengapa demikian?, Karena pada saat merokok sama saja dengan Anda memasukkan racun radikal bebas ke dalam tubuh secara sengaja. Racun- racun yang masuk ke dalam tubuh inilah yang akhirnya menurunkan produksi melanin yang menjadikan uban tumbuh lebih cepat dari umumnya. Bahkan, perokok pasif pun bisa mendapatkan dampak tersebut.

Hormon yang Tidak Seimbang

Penyebab yang kedua adalah karena hormon yang tidak seimbang. Dengan ketidakseimbangan hormon ini bisa di sebabkan berbagai macam hal, misalnya saja dari gangguan tiroid, hamil dan berbagai hal lainnya. Adanya beberapa penyebab itu, bisa menjadikan produksi hormone jadi tidak menentu serta mengalami hal yang tidak seimbang. Mengakibatkan, produk melanin akan terganggu dan uban pun lebih cepat tumbuh.

Menopause Dini

Menopause merupakan gejala yang mana menstruasi berhenti yang akan terjadi pada wanita. Apabila menopause ini terjadi pada usia yang dini pastinya akan membuat hormone tidak seimbang dan uban lebih cepat tumbuh pada rambut. Ini terjadi karena produksi melanin semakin menurun dan uban pun bisa tumbuh.

Diet yang Salah

Untuk Anda yang ingin memiliki tubuh ideal sehingga melakukan berbagai macam diet hingga diet yang ekstrim, maka lebih baik Anda harus memikirkan dan mempertimbangkan kembali matang-matang. Karena diet yang tak seimbang juga bisa menjadikan uban tumbuh lebih cepat. saat tubuh kekurangan suplai vitamin dan juga mineral maka menjadikan fungsi tubuh pun tidak bisa berjalan dengan baik dan memicu tumbuhnya uban sejak dini.

Adanya Pengaruh Genetik

Penyebab uban di usia muda selanjutnya adalah adanya pengaruh genetic. Umumnya dengan adanya factor genetic ini bisa menjadikan uban tumbuh pada usia sekitar 20 tahunan. Apabila Anda sudah mengetahui hal ini sejak dini, maka sangat di anjurkan sekali untuk melakukan berbagai macam perawatan rambut agar rambut tetap sehat serta sebagai pencegahan agar uban tidak tumbuh pada usia 20 tahunan.

Faktor Psikologis

Selanjutnya adalah adanya factor psikologis, dimana factor psikologis ini umumnya akan sangat berhubungan dengan rasa stress, sedih, khawatir, rasa gelisah, marah yang di alami oleh seseorang. Karena bagaimanapun segala hal yang mengguncang batin dapat menjadikan kurang jumlah sel- sel dari melanin.

Pemakaian Hair Dryer dan Catok Rambut secara Berlebihan

Untuk Anda yang sangat menyukai memakai alat- akal seperti catok dan juga hair dryer maka mulai saat ini jangan terlalu sering untuk menggunakan kedua alat ini. Karena jika terlalu sering bisa menjadikan batang rambut akan lemah, serta pasangan yang di hasilkan dari hair dryer dan catok dapat mempengaruhi produksi melanin rambut dan uban bisa tumbuh dengan cepat.

Kurangnya Kebersihan Rambut dan Kulit Kepala

Penyebab yang terakhir adalah karena kurang kebersihan rambut serta kulit kepala. Rambut dan kulit kelapa yang sering kotor dan jarang untuk di cuci akan menjadikan banyak bakteri dan kuman yang berkembang. Mengakibatkan rambut menjadi sarang dari berbagai organisme dan membuat rambut tak sehat. Hal inilah yang menjadikan produksi melanin tidak berjalan dengan baik sehingga rambut cepat sekali ditumbuhi uban.

Nah, demikianlah sekilas info mengenai apa saja penyebab uban di usia muda. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP