Ini Dia 6 Perbedaan iPhone 5 dan iPhone 5S

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
maxresdefault (2)
Daftar Topik

iPhone 5 dan iPhone 5S merupakan model yang lumayan popular di kalangan para pecinta iPhone. Banyak dari calon pembeli smartphone mempertimbangkan kedua versi dari iPhone tersebut untuk dibeli. Meskipun sekilas terlihat mirip bahkan hampir sama persis, ternyata terdapat perbedaan di antara keduanya. Apa saja perbedaannya?

Mungkin jika dilihat sekilas, kamu tidak akan melihat perbedaan dari kedua versi smartphone yang menargetkan pengguna smartphone dari kalangan menengah ke atas ini. Namun sebagai dua produk yang berbeda, tentu sama Apple telah memberikan perbedaan di antara keduanya. Mulai dari luaran hingga dalam kedua produk tersebut ada perbedaannya.

Sebagai produk yang muncul belakangan, iPhone 5S jelas punya keunggulan dan kelebihan dibanding dengan iPhone 5 yang berusia lebih tua. Lalu apa saja perbedaan secara mendetail dari iPhone 5 dan iPhone 5S ini? Perbedaan ini tentu harus diketahui terutama bagi kamu yang berniat untuk membeli salah satu dari kedua smartphone ini. Ayo simak perbedaannya di bawah ini:

Prosesor

Prosesor dalam produk terbaru dari Apple memang selalu berbeda dibandingkan dengan produk sebelumnya. Untuk itu tidak heran jika iPhone 5 dan iPhone 5S memiliki prosesor yang berbeda. Untuk iPhone 5 menggunakan chip Apple A6 sementara iPhone 5S menggunakan Apple A7. Apa perbedaan di antara keduanya?

Dari angkanya saja kita sudah bisa menebak jika Apple A7 lebih unggul dibanding Apple A6. Apple A7 memiliki fitur yang membuat kinerjanya lebih cepat dibanding Apple A6. Apple A7 telah didukung dnegan 64-bit, sementara A6 hanya punya dukungan 32-bit saja.

Tak sampai di situ, A7 juga telah dilengkapi dengan co-prosesor M7 yang memiliki fungsi khusus untuk menangani beragam fungsi sensor yang ada di iPhone. Untuk itu, tugas prosesor A7 dan co-prosesor M7 akan saling bahu membahu guna mendukung kinerja maksimal iPhone 5S. Dari penjelasan di atas sudah jelas jika 5S lebih unggul bukan?

Dukungan iOS

Sepertinya iPhone 5 telah mendekati akhir. Hal ini karena Apple mengumumkan bahwa iOS 11 terbaru tak akan support lagi ke iPhone 5. Nah, varian iPhone paling rendah yang tetap bisa mendukung system operasi iOS 11 terbar ini adalah iPhone 5S.

Hal ini kemungkinan besar karena Apple sengaja meningkatkan standar minimal di tiap software supaya sudah mendukung arsitektur 64-bit semua. Untuk menjalankan software 64-bit diperlukan system operasi 64-bit dan tentunya prosesor 64-bit, di mana tidak memiliki iPhone 5.

Touch ID

Fitur teranyar dari Apple dan diaplikasikan pertama kali di iPhone 5S adalah Touch ID. Fitur ini dapat memanfaatkan hardware pemindai sidik jari secar khusus yang tentu saja tak ada di iPhone 5. Fitur yang satu ini tentu memberikan poin plus tersendiri untuk iPhone 5S dibanding iPhone 5.

Touch ID sendiri merupakan fitur yang memanfaatkan sensor sidik jari sebagai identitas pemiliknya. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan sidik jari kamu untuk berbagai keperluan seperti membuka iPhone, otentifikasi pembelian App Store dan iTune, serta keperluan lainnya. Cara ini memang dinilai sangat praktis dan menghemat waktu. Selain itu, cara ini pun dinilai lebih aman dibanding dengan menggunakan sandi atau pola yang biasanya digunakan.

Kamera

Kamera iPhone 5 dan iPhone 5S punya perbedaan yang cukup signifikan. Mungkin bila kamu melihatnya secara sekilas tidak akan terlihat perbeaannya. Hal ini karena kamera iPhone 5 dan iPhone 5S tak memiliki perbedaan resolusi, tapi di dalamnya terdapat sejumlah perubahan dan peningkatan yang tentu harus kamu ketahui.

iPhone 5S punya sensor yang lebih besar dibanding iPhone 5. Hal ini membuat iPhone 5S menghasilkan gambar yang lebih baik di tempat dengan cahaya minim. Serta kameranya pun telah didukung HDR yang lebih baik dibanding iPhone 5.

Tak hanya itu, kamera iPhone 5S pun punya fitur yang tidak dimiliki oleh iPhone 5, seperti Slo-Mo atau Slow Motion, Timelapse, dan lain sebagainya. Hal ini butuh dukungan hardware seperti prosesor yang lebih cepat dan chip pengelolaan gambar atau pun video yang jauh lebih baik.

Warna

iPhone 5 mengusung tampilan elegan dengan warna Space Gray dan juga Silver. Sementara itu iPhone 5S hadir dengan mengusung tiga warna yang berbeda, yaitu Space Grey, Silver, dan juga Gold. Dari ketiga warna tersebut, warna Gold merupakan yang paling dicari saat iPhone 5S saat pertama kali dirilis.

Harga

Harga iPhone 5 dan iPhone 5S pun berbeda. Semua pasti tahu jika harga iPhone 5S lebih mahal karena iPhone 5S merupakan produk yang muncul setelah iPhone 5.

Perbedaan yang lain adalah saat ini produk iPhone 5 sudah tak ada lagi di jajaran produk yang dijual di beragam took seller authorized Apple yang ada di Indonesia. Berbeda dengan iPhone 5S yang bisa ditemukan dengan mudah dan dengan kondisi yang masih baru, tentunya dengan garansi resmi dari Apple.

Bagaimana, apakah kamu sudah menyadari perbedaan yang cukup signifikan di antara keduanya? Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA